Kesalahan Blogger Pemula

Image: pixabay.com

7 Kesalahan Blogger Pemula Yang Biasa Dilakukan, Kamu Harus Tau!

Selamat sore guys, hari ini ceritanya aku baru bangun tidur. Nggak tau kenapa langsung kepikiran mau nulis ini tentang kesalahan blogger pemula. Padahal niatnya hari ini mau nulis tentang liburan awal minggu ini. Tapi nggak papa, mungkin nulis tentang ini dulu kali ya, biar nggak lupa.

Tulisan kali ini aku tulis pakai netbook kecil. Nggak tau hasil tulisannya sama atau enggak seperti pada biasanya. Seharusnya sama aja hasilnya, apapun alatnya yang penting kan orangnya sama hehe. Jadi tulisan kali ini bukan untuk menyindir siapapun, atau menyalah-nyalahkan siapapun. Semua yang ditulis disini merupakan pengalaman dan opini pribadi.

Sebelumnya mungkin perlu kita samakan pemahaman kita. Blogger pemula itu kalau disini ya blogger yang mau mulai ngeblog atau yang baru ngeblog. Misalnya ada yang merasa dari tulisan ini bahwasannya Kamu masih blogger pemula, mungkin itu hanya kebetulan semata. Semua kembali dari pengalaman dan opini aku.

So langsung aja, jadi profesi blogger akhir-akhir mulai jadi primadona. Sebenarnya blogger itu udah lumayan lama, tapi kalau dulu ya ngeblog ya nulis. Sekarang ngeblog bisa ngasilin duit sampai ada yang menjadi pekerjaan tetapnya. Mungkin ingin fokus didunia perbloggingan.

Salah satunya yang membuat profesi blogger mulai ramai ya karena ada duitnya. Sesuai dengan pepatah lama, “ada gula ada semut”. Ya disitu ada duit maka disitu bakal ada keramaian. Ya termasuk diblogger ini yang sudah mulai ramai atau malah udah ramai.

Yang baru-baru pun mulai bermunculan, pingin jadi blogger katanya. Cari tutorial sana-sini, cari info sana-sini ya yang berhubungan dengan gimana sih cara ngeblog itu. Tapi mereka ada yang lupa, apasih pengertian dari blog itu?

Dulu blog itu isinya curhatan, lebih tepatnya catatan pribadi atau diary. Isinya ya begitulah kira-kira atau mungkin cerita tentang kegiatan pribadi. Sekarang blog sepertinya fungsinya meluas nggak sekedar tulisan pribadi, namun berkembang malah seperti web berita.

Oke kembali ketopiknya tentang kesalahan blogger pemula ya. Apasih yang salah dari blogger pemula? Nggak ada yang salah sebenarnya, hanya mungkin tersesat dengan cerita-cerita dari para blogger sukses maka jadi salah. Disini aku bakalan tulis semua yang pernah aku alami sendiri tentang kesalahan blogger pemula.

Berikut 7 kesalahan blogger pemula yang biasa dilakukan:

1. Lupa Kalau Ngeblog Itu Nulis

Ngeblog itu nulis beda dengan ngevlog atau dengan yang lainnya. Jadi mau nggak mau Kamu harus nulis. Kalau nggak mau nulis ngapain ngeblog? Banyak nih yang lupa bahwa ngeblog itu nulis yang dibanyakin. Hal teknis sih nggak terlalu difikirkan. Kemampuan nulis blog mungkin persentasenya bisa 70% dan sisanya pengetahuan teknis.

Baca Juga :  Memilih Platform Blog Yang Tepat, Blogger Vs WordPress!

Sebenarnya dunia blog ini lebih enak kalau orang IT yang pegang. Kenapa? Ya karena mainnannya ya koding dan macamnya ini seperti ngeblog. Sebagain teman-teman IT ya termasuk aku dulu, banyak yang lupa bahwa ngeblog itu nulis. So banyak yang gagal mungkin akibat salah persepsi diawal.

Aku ceritain sedikit bahwa aku bisa nulis diblog itu baru tahun kemarin. Nulis sih bisa, tapi kalau nggak ada rujukannya itu kok kayaknya susah. Pinginnya sih punya blog dengan banyak visitor. Tapi nggak mau nulis kan susah juga. Padahal aku sendiri mulai kenal blog itu udah dari 2010 kalau nggak salah.

Sekitar 5 tahun baru sadar bahwa ngeblog itu nulis pemirsa. Ya mungkin ini yang banyak terjadi pada blogger pemula. Visitor itu datang karena tulisan kita. Karena umumnya sumber visitor itu yang mesin pencari. Oleh sebab itu, pastikan dulu diingatan kita bahwa ngeblog itu nulis.

2. Copy Paste Artikel Orang lain

Kesalahan blogger pemula selanjutnya adalah efek dari yang diatas kalau lupa bahwa ngeblog itu nulis adalah jadi tukang copy paste artikel orang lain. Aku juga udah pernah nih jadi yang ini. Nggak ada manfaatnya, bukan visitor yang datang tapi kebosanan malah yang datang. Kenapa? karena yang membuat kita senang ngeblog itu ya nulisnya. Mencurahkan semua isi hati dan fikiran seperti pada tulisan ini hehe.

Alasan melakukan copy paste atau copas dari blog lain biasanya karena malas nulis. Atau ada yang punya alasan nggak bisa nulis. Padahal kita udah diajarin nulis itu mulai dari sekolah dasar dan mosok masih nggak bisa nulis? Ini juga jadi pertanyaan pada diriku yang masih susah dijawab.

Untuk memperbaiki ini ya mulai sekarang nggak perlulah copy paste artikel blog lain. Kenapa? Dari segi apapun artikel copy paste nggak ada manfaatnya, yang ada hanya menuhin blog aja. Dari sisi pembaca juga pasti kurang tertarik dan dari sisi SEO juga pasti tenggelam. Google udah pinter bedain mana artikel copas sama original.

3. Terlalu Fokus Pada Hal Teknis

Kembali seperti yang diawal bahwa ngeblog itu utamanya nulis. Kesalaman pemula kebanyakan terjebak pada hal-hal teknis. Mereka terlalu fokus dengan hal teknis seperti ngurusin theme terus-menerus, page speed, dan hal-hal teknis lainnya.

Baca Juga :  6 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Melalui Blog

Ada masanya dimana kita harus mengurusi hal-hal yang sifatnya teknis banget. Misalnya blog mulai lambat karena hosting kurang mumpuni, maka kita fokus kesitu atau hal-hal lainnya. Kalau nggak ada urusan penting, nulis harus jadi prioritas utama.

Ya memang susah ya, kita pinginnya pasti blog kita keren dilihat. Termasuk aku dulu dan mungkin sekarang. Kenapa? Karena nggak ada standar kerennya blog kita itu seperti apa. Apakah yang keren itu yang warna-warni atau seperti blog-blog orang lain atau masih abu-abu.

Tujuan utama dari blog adalah visitor banyak. Nggak semua visitor peduli denga tampilan blog kita. Mungkin bagi yang sering berkunjung tampilan itu perlu. Namun bagi yang sekali-sekali datang ya tampilan nggak penting aman, bisanya mereka fokus pada tulisan kita.

4. Fokus Hanya Ingin Dapat Uang Dari Blog

Blog saat ini sudah bisa jadi penghasilan. Dan semuanya pasti mau dong dapat penghasilan dari ngeblog. Dan hal inilah yang membuat banyak orang terjun ke dunia blog. Karena terlalu fokus pada hasil, mereka lupa bahwa ngeblog itu ngapain.

Ngeblog itu butuh proses dan waktu yang nggak sebentar. Mereka yang fokusnya hanya pada hasil, sering menggunakan banyak jalan pintas. Ada yang salah jalan misal dengan copy paste punya blog lain, padahal ini salah arah.

Hasil itu akan datang sendiri setelah apa yang kita buat memang layak untuk mendapatkan apresiasi. Untuk pemula, fokuslah menulis dan menulis. Kalau visitor dan artikel udah banyak maka hasil seperti uang akan datang dengan sendirinya.

5. Nggak Fokus Ngeblog Karena Hasil Tak Kunjung Datang

Pagi blogger yang emang fokusnya hanya hasil, maka ngblog itu bakal membosankan kalau tujuannya tidak kunjung datang. Ngeblog itu seperti yang udah aku bilang diatas, butuh kesabaran guys. Dan dasarnya ngeblog itu harus dari hati atau keinginan untuk mencurahkan apa yang kita punya memakai media ini. Atau lebih tepatnya ngeblog itu harus hobi. Kalau nggak jadi hobi, paling sebulan dua bulan udah malah lagi ngeblog.

Kalau emang benar-benar pingin ngeblog maka lupakan hasil akhirnya seperti apa. Fokuslah dengan mengisi konten yang banyak dicari dan bermanfaat bagi orang lain. Uang nanti dululah, yang penting ramai dulu baru uang akan datang. Dan buatlah ngeblog itu sebagai hobi.

6. Lupa Tulisan Itu Untuk Siapa

Disini kadang ada 2 persepsi yang berbeda, antara menulis agar dibaca orang lain dan menulis untuk mencurahkan isi hati nggak peduli mau dibaca atau nggak. Pastilah Kamu adalah bagian dari menulis agar dibaca orang lain. Oleh karena itu tulisan Kamu harus benar-benar yang ingin dibaca orang.

Baca Juga :  Kenapa Aku Buat Blog Di Wordpress Self Hosting? Nih 7 Alasannya!

Target visitor kita biasanya dari search engine. Search engine itu skemanya orang punya masalah dan dicari dan kita sebagai yang punya blog harus memberikan solusi menyelesaikan permasalahan tersebut. Apapun bentuk masalahnya mungkin hanya informasi atau bentuk tutorial bisa kita buat.

Kesalahan blogger pemula adalah kita asal buat tulisan dan lupa target pembacanya siapa. Alhasil blognya nggak ada yang ngunjungi selain dia sendiri dan mungkin teman-teman yang pingin tau blognya. Untuk itu sebelum menulis, pastikan apa yang Kamu tulis menarik dan ada pembacanya.

Cara agar tau gimana sih nulis yang bakal dicari oleh pembaca? Kamu bisa manfaatin software-software yang memberikan informasi seputar artikel dengan tema seperti apasih yang banyak dicari. Misalnya Kamu dapat menggunakan google keyword planner. Software yang membantu kita untuk mengetahui kira-kira keyword apa yang banyak dicari di google.

7. Nggak Mau Belajar Dan Pinginnya Instan

Saat ngeblog Kamu harus mau belajar hal-hal baru. Dan semuanya harus Kamu lalui satu-persatu. Proses ngeblog itu nggak sekarang pingin besok jadi. Semuannya butuh proses yang nggak instan dan butuh waktu.

Banyak hal-hal baru yang harus Kamu pelajari, seperti bagaimana nulis yang enak dibaca, mendesain themenya, SEO, ngurusin backlink, buat konten yang menarik banyak pembaca dan lain sebagainya. Semua itu harus Kamu pelajari satu demi satu. Nggak ada cara instan untuk bisa cepat berhasil.

Itu aja sih 7 kesalahan blogger pemula yang biasa dilakukan. Menjadi seorang blogger harus benar-benar menyukai profesi ini. Apapun profesinya sebenarnya membutuhkan kesukaan. Kalau udah jadi hobi melakukan sesuatu hal akan menyenangkan dan sebaliknya.

Pastikan dulu Kamu ngeblog buat apa. Jangan karena ikut-ikutan jadinya tersesat dikemudian. Lihat orang ngeblog dapat pengahasilan itu pasti pingin, tapi lihatlah bagaimana perjuangannya. Apakah kita akan bisa melalui itu semua? Pastikan itu menjadi hobi dan kesukaan.

Sebenarnya tulisan ini mau diposting tadi sore, berhubung tadi pakai netbook kecil jadi susah mau edit foto dan artikelnya masih kurang. So jadinya update malam dan semoga bermanfaat buat Kamu agar tidak tersesat. Ingat ngeblog itu kesenangan, kalau dapat bisa jadi sumber penghasilan itu bonus dari hobimu ini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *