Strategi Membuat Blog

Image: avng.ge

5 Strategi Membuat Blog Baru Yang Harus Diketahui Pemula

Membuat blog baru yang kedepannya ingin menguntungkan memerlukan strategi yang pas. Strategi membuat blog mungkin setiap orang berbeda-beda. Ada yang memerlukan strategi khusus atau malah tanpa strategi langsung eksekusi. Namun normalnya pasti setiap orang membutuhkan strategi dalam membangun blog.

Berikut 5 strategi membuat blog baru yang harus diketahui pemula:

1. Tentukan Tujuan Buat Blog

Sebelum membuat blog tentu kita harus tau tujuan dari membuat blog ini untuk apa. Tujuan itu penting jangan sampai nantinya blog menjadi tanpa arah dan tujuan. Isinya nggak jelas dan jadinya gado-gado nggak karuan.

Tujuan orang membuat blog biasanya macam-macam. Ada yang digunakan untuk mencurahkan isi hati atau mungkin untuk mencari uang. Yang perlu diingat bahwa ngeblog itu butuh waktu dan pemiliknya harus senang. Kalau tujuannya hanya uang, bisa-bisa blogmu gagal nantinya.

2. Tentukan Tema Yang Akan Dibahas Di Blog

Setelah tujuannya jelas maka sekarang memilih tema yang akan dibahas diblog apa aja. Ini perlu supaya blogmu menjadi fokus dalam kontennya. Misalnya membahas soal bisnis, otomotif, blog, resep makaan atau pun lainnya. Atau mungkin temanya personal jadi intinya sesuai dengan gaya Kamu sendiri.

Baca Juga :  Langkah 4: Perlengkapan Blog Baru WordPress [Khusus Untuk Pemula]

Tema ini penting karena akan berhubungan dengan proses membuat blog selanjutnya. Oleh sebab itu pastikan tema yang dipilih sesuai dan materinya memang dikuasai. Biasanya kalau materi tema blognya dikuasai kita senang untum menuliskan artikel.

3. Pilih Media Blog

Media blog sekarang banyak namun yang populer adalah blogspot atau blogger dan wordpress. Keduanya sama saja, sama-sama bisa digunakan untuk membuat blog. Untuk mendapatkan uang? oh tentu pasti bisa saja.

Blogspot tentu gratis dan kalau mau ditambah menggunakan domain TLD tentu harus bayar lagi. Sama juga dengan wordpress juga gratis namun juga ada tambahan biasa kalau menggunakan wordpress premium. WordPress CMS juga ada, namun Kamu harus menyediakan domain dan hosting sendiri.

Dari sini Kamu bisa memilih media blog mana yang akan dipakai. Jangan sampai salah pilih karena blog bangunnya nggak mudah dan jangan sampai menyesal dikemudian hari. Pertimbangan baik-baik dalam memilih media blognya.

Baca Juga :  Kenapa Kamu Harus Punya Blog? Nih 5 Alasannya!

4. Tentukan Domain & Hosting

Kalau Kamu memilih menggunakan CMS wordpress tentu sesuai dengan penjelasan diatas memerlukan domain dan hosting. Disini Kamu harus memilih domain dan hosting yang tepat. Disni Kamu sudah harus mengeluarkan modal berupa uang untuk mendapatkan domain dan hostingnya.

Nama domain ibarat nama sebuah toko, maka pemilihannya harus dipertimbangkan matang-matang. Kamu bisa juga menyesuaikan dengan tema yang akan dibahas pada blog. Atau juga bisa memilih domain dengan nama-nama yang unik atau malah namamu sendiri.

Selanjutnya hosting juga perlu dipilih dengan baik. Penyedia jasa hosting banyak banget dan Kamu harus bisa memilih yang terbaik dari yang yang terbaik. Karena nantinya kalau pengunjung blogmu banyak, Kamu bakal membutuhkan hosting yang mumpuni. So, Domain dan hosting ini perlu kamu pikirkan masak-masak.

5. Buat Konten Dengan Keyword Yang Banyak Dicari

Setelah blog jadi maka saatya membuat konten yang menarik. Konten yang menarik tidak hanya yang disukai pembaca namun juga yang mudah ditemukan. Maksudnya? Ya Kamu tau google dong? Jadi sebisa mungkin membuat artikel yang mudah ditemukan di google atau istilahnya atikel yang SEO (Search Engine Optimization).

Baca Juga :  Ada Twenty Seventeen, Twenty Eleven Di Blog Ini Akan Tergantikan?

Biasanya untuk mendapatkan artikel yang mudah ditemukan perlu menentukan kata kunci yang tepat. Kamu bisa menggunakan Google Analytics untuk menemukan keyword yang pas buat artikel-artikelmu. Dan berharap banyak pengunjung menemukan artikelmu di mesin pencari.

Itu tadi 5 strategi membuat blog baru yang harus diketahui pemula. Membuat blog itu sama halnya membangun bisnis. Kita harus memilih strategi-strategi yang tepat dalam menjalankannya. Seperti halnya dalam bisnis retail, kita memerlukan strategi bisnis retail yang pas. Contoh strategi dalam bisnis retail mungkin Kamu bisa lihat di websitenya BKPM.

Dalam membuat blog baru Kamu terlebih dahulu harus memikirkan strategi-strategi yang tepat. Lihat pesaing-pesaing yang akan jadi ancaman blogmu. Ya selayaknya dalam berbisnis konvensional Kamu harus bisa melakukan itu semua. Semangat ngeblog!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *