Konten Blog

Image: edisusilo.com

Langkah 5: Konten Blog Baru WordPress [Khusus Untuk Pemula]

Setelah kita melakukan langkah ke 1 sampai dengan ke 4, tibalah saatnya sekarang langkah yang menurutku paling penting. Pembaca akan datang karena blog memiliki konten blog. Tidak ada gunanya blog dengan desain bagus dan perlengkapannya yang menarik namun tidak ada kontennya.

Pada langkah yang ke 5 ini kita akan belajar bagaimana cara mengisi konten blog secara optimal. Cara masing-masing blogger pastilah berbeda. Cara yang aku share kali ini merupakan cara yang biasanya aku pakai. Yuk langsung saja tanpa panjang lebar.

1. Menambahkan Kategori Blog

Sebelum menulis artikel, kita harus tau masuk kategori manakah artikel ini. Oleh sebab itu pertama kita harus menambahkan kategori-kategori tulisan apa saja yang akan ada diblog. Menambahkannya mudah, Kamu hanya perlu masuk ke menu Post > Categories.

Pada halaman categories ini akan ada form isian sebelah kiri. Kamu hanya perlu mengisi name kategori saja. Setelah itu jangan lupa klik tombol Add New Category. Jika Kamu ingin memiliki banyak kategroi, Kamu hanya perlu mengisi form kembali,

2. Menambahkan Tag Blog

Sama halnya seperti menambahkan kategori, menambahkan tag tidaklah sulit. Kamu hanya perlu masuk ke menu Post > Tags. Pada halaman Tags, Kamu hanya perlu memasukkan pada isian name saja. Kemudian jangan lupa mengklik tombol Add New Tags. Ulangi cara ini jika ingin menambkah tags lagi.

Baca Juga :  Langkah 7: Monetize Blog Baru WordPress [Khusus Untuk Pemula]

3. Menulis Postingan Blog

Untuk menulis postingan blog, caranya mudah sekali seperti pada langkah 4 pada saat menambah halaman. Kamu hanya perlu masuk ke meni Post > Add New. Disana Kamu akan disuguhkan halaman isian postingan dari mulain form judul, isian artikel, format, kategori, tags, featured image, dan yoast SEO.

Konten Blog Posting

edisusilo.com

Langkah pertama adalah Kamu menuliskan judul postingan terlebih dahulu. Kamudian pilih kategorinya dan tagsnya. Atau Kamu bisa juga menulis isi artikel terlebih dahulu. Untuk menambahkah gambar didalam postingan Kamu klik tombol Add Media. Jika Kamu ingin memasukkan gambap di atas artikel atau gambar depan, Kamu perlu menambahkannya pada Featured Image.

4. Mengatur SEO Sederhana

Setelah artikel Kamu tulis jagan buru-buru di publis. Optimalkan dulu dengan melengkapi saran dari plugin yoast SEO. Ini salah satu cara mengtimalkan SEO pada artikel secara sederhana.

Konten Blog SEO

edisusilo.com

Aturan yang ada pada plugins Yoast SEO terkadang sering diupdate, jadi beberap aturan bisa berubah tergantung search engine. Plugin ini berada dibawah tempat Kamu mengisi artikel. Dan apa yang perlu Kamu lakukan dengan plugin ini, berikut beberapa rinciannya:

1) Isi Focus keyword yang ingin Kamu buat.
2) Isi Meta Description.
3) Pastikan fokus keyword ada di judul dan slug(url) artikel Kamu.
4) Terdapat link minimal 1 ke halaman blogmu dan link ke website lain.
5) Jumlah keyword yang ada di artikel tidak lebih dari 2% jumlah artikel.
6) Jumlah kata pada artikel minimal 300 kata.
7) keyword harus ada pada paragraf pertama.
8) Judul dan deskripsi tidak terlalu panjang.
9) Harus ada gambar minimal 1.
10) Pastikan semua Analysis di plugins Yoast SEO semua hijau.

Baca Juga :  4 Langkah Mudah Membuat Child Theme WordPres, Penting Nih!

Sepertinya itu saja beberapa aturan penulisan. Yang perlu Kamu pahami, pastikan semua hasil analysis dibagian bawah plugin Yoast SEO ini hijau semua. Jika masih ada tanda merah atau orange, biasanya ada penjelasan mengapa hal itu bisa terjadi. Jika ada permasalahan pada bagain ini, Kamu bisa tanyakan melalui kolom komentar dibawah ya.

5.Menambah Gambar

Selain artikel, kita juga perlu mengatur gambar yang akan kita masukkan. Gambar juga masuk salah satu penilaian Yoast SEO. Gambar harus memiliki atribut teks. Kamu bisa lihat contohnya pada gambar berikut ya.

Konten Blog Gambar

edisusilo.com

Untuk menambahkan gambar Kamu klik link Set featured image. Kemudian pilih yang Upload image. Masukkan gambar yang Kamu ingin tampilkan pada blog. Jika sudah selesai jangan lupa klik tombol Set featured image.

Baca Juga :  6 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Melalui Blog

Untuk gambar Kamu bisa buat sendiri atau mencari ke tempat penyedia gambar gratis. Untuk rinciannya apa saja yang perlu diatur pada gambar, Kamu bisa bisa lihat list berikut:

1) Buat nama gambar sesuai dengan fokus keyword, ada penambahan nama juga tidak apa-apa.
2) Pastikan ukurannyan sesuai dengan theme blogmu.
3) Ukuran file gambar jangan terlalu besar.
4) Masukkan sumber gambar di caption.
5) Masukkan fokus keyword di Alt Text.

Setelah semua terisi dan sudah mendapatkan poin SEO: Good, Kamu sudah bisa mempublish atikelmu dengan cara mengklik tombol Publish. Artikel yang Kamu buat sudah tampil dihalaman blogmu. Kamu bisa lakukan cara ini disetiap ingin membuat postingan baru.

Perlu Kamu tau, jika mengisi konten blog jangan sekali-sekali melakukan tindakan terlarang, yaitu copy paste artikel dari blog atau website lain. Sebisa mungkin buat sendiri artikelmu walaupun Kamu merasa tulisanmu masih berantakan. Mengcopy paste milik orang lain tidak akan membuahkan hasil pad blogmu dikemudian hari.

Jika sudah mengisi konten blog apakah sudah selesai? Belum, Kamu perlu mempromosikan blogmu. Pada langkah berikutnya kita akan membahas cara dan dimana kita bisa mempromosikan blog. Yuk lanjut lagi kelangkah berikutnya.

Langkah Berikutnya: Promosi Blog WordPress →



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *