Membuat Blog

Image: edisusilo.com

Langkah 2: Membuat Blog Baru WordPress [Khusus Untuk Pemula]

Kalau langkah satu pada artikel: Langkah 1: Memulai Blog kita sudah membahas pemilihan platform, menentukan nama domain dan pemilihan hosting, pada langkah dua kita akan membuat blog dari mulai pembelian domain sampai proses instalasi WordPress selesai.

Untuk tempat penyedia domain dan hosting, aku belinya di DomaiNesia. Kenapa disitu? Untuk urusan performa hosting dan pelayanannya bagus kalau menurutku. Dan yang terpenting harganya juga murah dan terjangkau. Apalagi biasanya ada promo diskon sampai 20% berlaku selamanya lho. Mumpung sekarang ada promo, Kamu bisa manfaatkan dengan kode promo berikut: DIS20P.

Beli Domain dan Hosting →

Dengan mengeklik tombol diatas Kamu sudah langsung diarahkan ke website DomaiNesia. Diwebnya Kamu masuk ke menu domain. Dan Kamu akan menjumpai ada tampilan seperti gambar berikut ini:

Lalu ketikkan nama domain yang Kamu inginkan. Ingat ya hanya nama domainnya saja, contohnya “edisusilo”. Tidak perlu ada tambahan domain TLD apapun. Kemudian Kamu akan diberikan banyak pilihan domain yang masih tersedia. Setelah Kamu ketikkan nama domain, lalu klik tombol Cari.

Membuat Blog Cari Domain

domainesia.com

Akan banyak pilihan domain yang bisa Kamu pilih. Kamu bebas memilih yang mana saja. Kalau bingung, Kamu bisa baca artikel: Apa Itu Domain TLD terlebih dahulu. Disana aku bahas lengkap untuk domain yang cocok buat blog Kamu. Jika sudah ada yang sesuai, langsung saja kli tombol Pesan paket hemat dimana domain yang Kamu pilih. Kalau untuk contoh kali ini aku pilih yang “edisusilo.xyz.

Membuat Blog Pilihan Domain

domainesia.com

Kamu akan diarahkan ke halaman Pemesanan. Disini Kamu akan memilih paket-paket yang sesuai, seperti: paket hosting, paket domain, aplikasi web. Yuk langsung aja kita mulai langkah-langkah membuat blog nya:

Baca Juga :  4 Langkah Mudah Membuat Child Theme WordPres, Penting Nih!

1. Hosting

Membuat Blog Paket Hosting

domainesia.com

Paket Hosting

Pertama pilih paket hosting, ada pilihan paket lite, extra, super,monster dan lainnya. Kamu bebas mau pilih yang mana. Pilih yang sesuai dengan keperluanmuu, kira-kira butuh banyak space untuk menyimpan file atau tidak. Kalau untuk keperluan pribadi, pilih bagian yang di paket hosting SSD saja.

Lokasi Server

Kemudian pilih lokasi server, ini ada 4 pilihan, yaitu: Singapore, Dallas, Jakarta, dan Tokyo. Disini Kamu pilih yang kiranya pengunjung blogmu dari mana. Apakah hanya dari Indonesia saja atau dari luar negeri. Kalau kira-kira hanya untuk Indonesia saja, Kamu bisa pilih lokasi server di Jakarta atau Singapure. Jika kiranya untuk luar negeri maka Kamu bisa pilih Dallas atau Tokyo.

Siklus

Kemudian dilanjutkan dengan memilih siklus hosting. Ada 5 pilihan, yaitu: 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, dua tahun. Kamu bebas pilih yang mana, kalau tidak mau repot ya pilih yang 1 tahun atau 2 tahun. Kamu bisa sesuaikan dengan dana yang ada saat ini.

Baca Juga :  Apa Itu Domain TLD? Kenapa Harus Menggunakan Domain TLD?

2. Domain

Membuat Blog Paket Domain

domainesia.com

Disini Kamu hanya memilih durasi domain Kamu. Kamu bisa beli domain mulai dari 1 sampai 10 tahun. Jika kira-kira akan dipakai lama dan ada biaya, lebih baik domainnya memakai durasi yang lama. Kembali lagi sesuaikan dengan dana Kamu yang ada ya.

3. Aplikasi Web

Membuat Blog Install WordPress

domainesia.com

Pada Aplikasi web, kli centang pada “Instalasi Otomatis (Web Apps )” kamudian akan muncul banyak pilihan. Disini kita akan menggunakan WordPress. Kamu hanya perlu memasukkan “username” dan “password” yang akan Kamu butuhkan untuk masuk akun blog WordPress. Dengan cara ini membuat blog semakin mudah.

Masukkan username bebas menggunakan huruf kecil. Kemudian masukkan password dengan jumlah minimal 8 karakter. Kombinasikan antara huruf dan angka. Dan ingat username dan password ini akan Kamu gunakan untuk login ke blogmu nantinya.

Setelah semua terisi, selanjutnya klik tombol Masukkan Troli.

Dihalaman troli Kamu akan diberikan informasi apa saja yang telah dipesan. Disini Kamu bisa memasukkan kode promo diatas tadi, yaitu DIS20P untuk mendapatkan diskon 20%.

Membuat Blog Troli

domainesia.com

Selanjutnya Kamu harus Sign In dengan akun jika sudah mendaftar atau klik daftar untuk membuat akun terlebih dahulu.

Baca Juga :  Apa Itu DA dan PA? Kenapa Blog Harus Punya Skor Tinggi?

Setelah itu klik tombol Selesaikan Pembayaran.

Selanjutnya Kamu akan mendapatkan invoice tagihan yang harus dibayar.

Membuat Blog Invoice

domainesia.com

Ada banyak pilihan pembayaran, mulai dari transfer bank, paypal, smapai virtual account. Kamu bebas memilih yang mana saja. Setelah Kamu bayar, Kamu bisa langsung melakukan konfirmasi pembayaran dengan klik disini. Atau bisa juga langsung chat dengan CSnya melalui fitur chat yang ada di pojok kanan bawah.

Sekarang saatnya Kamu menunggu sampai ada email balasan dari DomaiNesia.

Kamu akan dapat banyak email salah satunya Informasi Account Hosting. Kamu masuk ke email dengan subject “Informasi Account Hosting – nama domainmu”. Didalamnya ada informasi mengenai Detail Login cPanel. Apa itu cPanel? cPanel itu dashboard yang bisa Kamu gunakan untuk mengelola server hostingmu.

Membuat Blog Info Cpanel

domainesia.com

Untuk langkah kedua membuat blog sudah selesai. Blogmu sudah bisa dibuka sesuai dengan domain yang Kamu pesan tadi. Jika belum bisa, Kamu bisa clear history & cache pada browser terlebih dahulu dan coba restart modem atau router dahulu. Jika masih belum bisa lagi, maka langsung chat dengan CSnya melalui fitur chat yang ada di pojok kanan bawah.

Langkah Berikutnya: Pengaturan Blog WordPress →



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *