Cara Install WordPress Di Localhost XAMPP

Image: canva.com

Cara Install WordPress Di Localhost XAMPP Atau Web Server Lokal

Pada artikel sebelumnya aku udah memberikan sedikit informasi mengenai XAMPP. Pada artikel ini bisa dibilang sebagai kelanjutan dari artikel itu. Pada kesepmatan ini aku akan memberikan informasi mengenai cara install WordPress di localhost XAMPP atau juga disebut di werver lokal.

Proses pemasangan WordPress dan pada hosting berbeda. Kalau di hosting itu cara mudahnya dengan menggunakan fungsi otomatis install yang disediakan pihak penyedia jasa hosting. Kita tinggal terima beres, blog WordPress sudah langsung jadi.

Kalau pemasangan WordPress local ini biasanya digunakan untuk membuat blog secara mandiri. Jadi blog dibuat di komputer dulu, kalau sudah selesai baru diupload ke hosting. Cara ini aku lakukan pada semua blogku. Jadi buat dulu di PC kemudian baru di upload di hosting.

Caranya gimana? Langkah sebelum melanjutkan tutorial artikel ini, pastikan bahwa XAMPP sudah terintall di PC mu. Caranya bisa baca pada artikel XAMPP. Disitu sudah lengkap dibawah mengenai XAMPP dan pemasangannya.

Kalau XAMPP sudah terinstall di PC mu, selanjutnya ikuti beberapa langkah berikut. Kalau bisa tutorialnya diikuti secara urut ya dari no 1 sampai selesai.

Baca Juga :  Kenapa Kamu Harus Punya Blog? Nih 5 Alasannya!

1. Download File WordPress

Langkah awal yang dilakukan untuk cara install WordPress di localhost XAMPP adalah dengan mendownload file CMS WordPress. Download file WordPress disini. Format filenya adalah WordPress.ZIP. Untuk ukuran masih kecil, dibawah belasan Mb.

2. Extract File WordPress Dan Taruh Di HTDOCS

Langkah kedua yaitu mengextract file sudah di download tadi. Didalamnya ada folder wordpress tanpa embel-embel versi. Copy paste folder wordpress tadi ke htdocs di C:\xampp\htdocs. Pastikan bahwa folder yang dicopy tadi adalah folder terakhir sebelum isi file. Jadi kalau folder wordpress dibuka isinya langsung file utama, yaitu wp-admin, wp-content dan lain-lain.

3. Buat Database

Sebelum proses install, buat database terlebih dahulu di halaman phpMyAdmin. Kalau sudah baca artikel XAMPP pasti tau caranya. Kalau lupa, caranya dengan masuk ke browser Kamu dan masukkan alamat http://localhost/phpmyadmin/ atau http://127.0.1.1/phpmyadmin/ sama aja keduanya.

Kemudian masuk ke menu Databases. Selanjutnya masukkan nama database di form Database name lalu klik tombol Create. Secara otomatis akan ada database baru seperti yang Kamu buat. Untuk nama database bebas terserah Kamu.

Cara Install WordPress Di Localhost XAMPP Database

edisusilo.com

4. Install WordPress

Baca Juga :  7 Kesalahan Blogger Pemula Yang Biasa Dilakukan, Kamu Harus Tau!

Selanjutnya proses installasi WordPress. Caranya buka browser Kamu dan masukkan alamat http://127.0.1.1/wordpress/ atau http://localhost/wordpress/. Kemudian akan muncul tampilan pemilihan bahasa. Pilih salah satu bahasa yang mudah Kamu pahami saja, kemudian klik tombol Continue.

Akan muncul pesan seperti ini:

Welcome to WordPress. Before getting started, we need some information on the database. You will ……………………….. masih panjang lagi.

Klik langsung tombol Let’s go! dibawah.

Akan muncul form pengaturan database seperti dibawah ini.

Cara Install WordPress Di Localhost XAMPP

edisusilo.com

Untuk pengisiannya ikuti langkah berikut atau gambar diatas ya.

  • Database Name : (Isikan dengan nama databaseyang Kamu buat pada poin 3)
  • Username : (Isikan dengan “root“)
  • Password : (Harus di kosongkan)
  • Database Host : (Isikan dengan “localhost“)
  • Table Prefix : (Isi default “wp_” boleh diganti sesukamu)

Kalau sudah diisi, tinggal klik tombol Submit dibawah.

Kemudian akan muncul pesan seperti ini:

All right, sparky! You’ve made it through ……..…

Kemudian klik tombol Run the installation.

Akan muncul halaman informasi, Kamu diharuskan mengisis form tersebut.

Cara Install WordPress Di Localhost XAMPP Data

edisusilo.com

Berikut rincian isian yang harus Kamu isi:

  • Site Title : (Isikan dengan nama blog Kamu)
  • Username : Isikan dengan username login WordPressmu)
  • Password : (Isikan dengan password login WordPressmu)
  • Confirm Password : (Klik centangnya)
  • Your Email : (Masukkan email Kamu yang aktif)
  • Search Engine Visibility : (Jangan dicentang!)

Kemudian klik tombol Install WordPress.

Baca Juga :  Memilih Platform Blog Yang Tepat, Blogger Vs WordPress!

Tunggu sampai selesai, dana setelah itu WordPress sudah bisa digunakan. Kamu hanya tinggal login dengan username dan pasword yang barusan Kamu buat tadi. Caranya masuk ke alamat http://127.0.1.1/wordpress/wp-login.php  atau http://localhost/wordpress/wp-login.php. wordpress  diganti sesuai dengan foldermu di htdocs.

5. Proses Selesai.

Cara melihat blogmu dalah dengan masuk ke alamat http://127.0.1.1/wordpress atau http://localhost/wordpress/. Untuk wordpress diganti sesuai dengan folder file WordPressmu di htdocs. Proses cara install WordPress di localhost XAMPP sudah selesai.

Untuk artikel tentang cara install WordPress di localhost XAMPP sepertinya sudah cukup ya. Untuk tutorial wordpress selanjutnya sama seperti versi onlinenya, bisa Kamu baca disini. Disitu sudah lengkap semuanya.

Semoga artikel kali ini bermanfaat dan semoga sukses dengan blognya. Jangan lupa kunjungi blog ini untuk tutorial lengkap lainnya.




About Edi Susilo

Aku Edi Susilo, Blogger & Fotografer Foto 360 Derajat yang saat ini tinggal di Riau. Suka ngeblog mulai tahun 2010 dan keterusan sampai sekarang dan mencoba peruntungan menjadi fotografer foto 360 derajat sejak tahun 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *