Membuat Server Web Lokal

Image: canva.com

XAMPP: Software Untuk Membuat Server Web Lokal Untuk WordPress

Apa itu XAMPP? XAMPP merupakan software yang berguna untuk membuat server web lokal. Umumnya XAMPP ini berguna untuk membantu dalam proses pembuatan web dengan PHP dan database. XAMPP ini berfungsi agar tampilan web bisa muncul di browser layaknya online.

XAMPP ini berguna banget bagi Kamu yang ingin membuat blog WordPress self hosting. Selain Kamu bisa menginstall otomatis WordPress pada saat beli hosting, Kamu juga bisa install WordPress terlebih dahulu di XAMPP. Ini akan sangat berguna untuk mempersiapkan web berbasis WordPress yang kita buat.

XAMPP ini open source. Jadi Kamu bisa bebas menggunakannya tanpa perlu membeli lisensi. Dan sesuai dengan pengalamanku, XAMPP ini sudah cukup bagus untuk memenuhi kebutuhan dalam membantu pembuatan blog WordPress. Walaupun gratis tapi tetap mantap.

Baca Juga :  Mendeley: Aplikasi Untuk Membuat Daftar Pustaka Otomatis

Dimana XAMPP bisa didapat? Kamu bisa download aplikasi ini disini. Kamu tinggal pilih mana yang menurutmu cocok untuk komputermu. Ada untuk Windows, Linux dan OS X. Versi terbaru pada artikel ini dibuat adalah versi 7.0.33 / PHP 7.0.33.

Jika sudah mendownload maka tinggal Kamu install saja di komputermu. Cara installnya seperti layaknya aplikasi kebanyakan. Nggak sulit kok, tinggal klik next saja.

Cara pengaturan awal gimana untuk membuat server web lokal? Jika sudah Kamu install aplikasi XAMPP ini, maka tinggal buka saja aplikasi ini di komputermu. Biasanya ada 3 pilihan, buka yang XAMPP Control Panel. Agar fungsi server dan database bisa digunakan, maka klik tombol Start pada bagian Apache dan MySQL. Contohnya seperti gambar dibawah ini.

Membuat Server Web Lokal Control Panel

edisusilo.com

Pada bagian Apache dan MySQL akan berubah berwarna hijau. Ini menandakan bahwa Apache dan MySQL sudah aktif. Kamu sudah bisa menggunakan server lokal ini. Setiap mau menggunakan server lokal, pastikan selalu pada bagian Apache dan MySQL di XAMPP Control Panel sudah aktif.

Baca Juga :  Cara Menggunakan WinSCP Untuk Transfer Dan Edit File Pada Hosting

Menggunakan XAMPP ini Kamu bisa membuat database layaknya di hosting. Caranya tinggal masuk ke http://localhost/phpmyadmin/ di browsermu. Nanti akan muncul halaman phpMyAdmin. Kamu sudah bisa leluasa membuat database yang Kamu inginkan.

Untuk data-data web seperti wordpress itu berada di komputermu, yaitu C:\xampp\htdocs. Kamu tinggal taruh semua data web Kamu layaknya file yang Kamu taruh di File Manager di hosting menggunakan folder. Lalu kamu bisa membuka hasil webmu di browsermu dengan alamat http://localhost/NamaFolder/ contohnya http://localhost/edisusilo/. Setiap web local dibuka berdasarkan nama foldernya.

Untuk eksperimen awal web lebih mudah memang di servel local. Nggak perlu online, kita bisa dengan mudah mengeditnya. Bagaimana cara menginstall WordPress di XAMPP atau server web locak? Artikel ini akan kita lanjut di postingan berikutnya ya.

Baca Juga :  LightShot: Aplikasi ScreenShot Terbaik Untuk Komputer Atau PC

Semoga artikel kali ini tentang XAMPP untuk membuat server web lokal bermanfaat buat Kamu. Oh iya, untuk XAMPP ini fil downloadnya memiliki ukuran lebih dari 200 Mb. Jadi siap-siap dengan kuota atau cari wifi ya. Selamat mencoba membuat server web lokal dan semoga sukses dengan XAMPP nya.




About Edi Susilo

Aku Edi Susilo, Blogger & Fotografer Foto 360 Derajat yang saat ini tinggal di Riau. Suka ngeblog mulai tahun 2010 dan keterusan sampai sekarang dan mencoba peruntungan menjadi fotografer foto 360 derajat sejak tahun 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *