Cara Membuat Blog WordPress

Image: [Edi Susilo] canva.com

Cara Membuat Blog WordPress Dari Nol Sampai Menghasilkan Uang

Memiliki blog untuk sebagian orang merupakan impian. Kita bisa mencurahkan isi hati maupun pikiran dengan ngeblog. Namun untuk memilikinya terkadang nggak gampang. Kita harus memiliki pengetahuan yang baik terhadap teknologi yang baik. Untuk membantu Kamu memudahkan memiliki blog, aku akan memberikan panduan lengkap cara membuat blog WordPress.

Kenapa membuat blog menggunakan WordPress? Sebenarnya ada 2 platform yang bisa digunakan untuk membuat sebuah blog, yaitu Blogger dan WordPress. Namun, WordPress khususnya yang selfhosting yang aku rekomendasikan. Untuk penjelasannya mengenai ini bisa dibaca di Blogger vs Blogger. WordPress memiliki hal yang spesial, ini akan sangat membantu kita dalam ngeblog.

Aku beberapa bulan yang lalu telah membuat tutorial lengkap cara membuat blog WordPress. Namun masih belum aku rangkum dalam satu artikel. Pada kesempatan ini aku akan memberikan tutorial lengkapnya. Tutorial ini lengkap banget, mulai dari Nol sampai bisa menghasilkan uang. Langsung saja tanpa banyak basa-basi, berikut tutorialnya untuk Kamu.

Baca Juga :  Kenapa Aku Buat Blog Di Wordpress Self Hosting? Nih 7 Alasannya!

Langkah 1: Memulai Blog Baru WordPress

Sebelum membuat blog, kita harus mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan. Mulai dari topik bahasan yang akan kita isikan. Penamaan domain dan juga pemilihan hosting. Kamu harus benar-benar memikirkannya. Selengkapnya mengenai langkah pertama ini Kamu bisa mengklik tombol dibawah ini.

Langkah 1 →

Langkah 2: Membuat Blog Baru WordPress

Selanjutnya pada langkah ini akan ada tutorial lengkap membuat blognya. Pada langkah ini akan dijelaskan proses pembelian domain dan hosting. Selain itu juga proses pemasangan CMS WordPress. Hasilnya, tampilan awal blog sudah dapat dilihat. Selengkapnya mengenai langkah ke dua ini Kamu bisa mengklik tombol dibawah ini.

Langkah 2 →

Langkah 3: Pengaturan Blog Baru WordPress

Pada langkah ketiga ini akan ada panduan mengenai pengaturan yang dilakukan pada WordPress pertama kali. Kamu bisa ikuti cara tersebut secara menyeluruh. Mudah banget kok caranya nggak susah. Selengkapnya mengenai langkah ke tiga ini Kamu bisa mengklik tombol dibawah ini.

Baca Juga :  Kenapa Kamu Harus Punya Blog? Nih 5 Alasannya!

Langkah 3 →

Langkah 4: Perlengkapan Blog Baru WordPress

Pada langkah ini akan dijelaskan bagaimana pemilihan dan pemasangan theme. Ada juga pemilihan plugin yang sesuai. Terakhir penambahan menu navigasi. Saran-saran yang ada pada langkah ini bisa Kamu ikuti. Selengkapnya mengenai langkah ke empat ini Kamu bisa mengklik tombol dibawah ini.

Langkah 4 →

Langkah 5: Konten Blog Baru WordPress

Pada langkah ini dijelaskan mengenai cara yang tepat untuk menuliskan konten. Ada juga sedikit panduan mengenai penulisan artikel yang SEO friendly. Disitu dibawah secara lengkap. Selengkapnya mengenai langkah ke lima ini Kamu bisa mengklik tombol dibawah ini.

Langkah 5 →

Langkah 6: Promosi Blog Baru WordPress

Baca Juga :  Langkah 1: Memulai Blog Baru WordPress [Khusus Untuk Pemula]

Pada langkah ini dijelaskan bagaimana cara promosi yang tepat. Promosi merupakan cara yang tepat untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Pada langkah ini juga sudah dijelaskan secara lengkap. Selengkapnya mengenai langkah ke enam ini Kamu bisa mengklik tombol dibawah ini.

Langkah 6 →

Langkah 7: Monetize Blog Baru WordPress

Terakhir merupakan langkah memonetisasi blog. Blog yang sudah Kamu buat bisa menghasilkan sesuatu lho. Pada langkah ini sudah dibahas secara lengkap bagaimana cara monetisati blog. Selengkapnya mengenai langkah ketiga ini Kamu bisa mengklik tombol dibawah ini.

Langkah 7 →

Panduan lengkap cara membuat blog WordPress ini bisa membantumu dalam memiliki sebuah blog. Kalau Kamu sudah mengikuti semua panduan ini, Kamu pasti akan tau jika membuat blog itu mudah. Semoga panduan ini bermanfaat dan selamat mencoba semoga sukses.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *