Pengaturan Blog

Image: edisusilo.com

Langkah 3: Pengaturan Blog Baru WordPress [Khusus Untuk Pemula]

Melanjutkan dari langkah kedua, langkah ketiga ini kita akan melakukan pengaturan blog. Pengaturan ini adalah pengaturan dasar tanpa harus menambahkan apapun. Jika blogmu yang sudah Kamu buat tadi sudah bisa dibuka, kita bisa langsung memulai langkah ini. Jika Kamu belum memiliki blog dan ingin membuat blog, Kamu bisa memulainya dari artiket: Langkah 1: Memulai Blog.

1. Login Ke Blog

Untuk dapat melakukan pengaturan blog, Kamu terlebeih dahulu masuk ke dashboard blogmu. Cara masuk ke dashboard dengan login terlebih dahulu. Untuk login, Kamu bisa langsung membuka halaman web dengan alamat:
namadomainblogmu/wp-admin/”. “namadomainblogmu” diganti sesuai dengan nama domain yang telah Kamu beli pada langkah pertama pada aplikasi web. Atau jika masih bingung, Kamu akan dapat email dengan subject “Instalasi WordPress – Instant Deploy”. Di dalam email itu ada semua detail mengenai blog WordPress Kamu.

Pengaturan Blog Login

edisusilo.com

Pada halaman login, Kamu harus memasukkan username dan password. Setelah memasukkan semua yang diminta, Kamu tinggal mengklik tombol Log In. Selanjutnya Kamu akan berada dihalaman dashboard.

Baca Juga :  7 Kesalahan Blogger Pemula Yang Biasa Dilakukan, Kamu Harus Tau!

2. Mengatur Judul Blog

Setelah masuk dashboard, yang paling pertama harus kita lakukan adalah mengatur judul blog. Caranya Kamu klik menu Settings > General. Tunggu sampai halama pengaturan general muncul.

Pengaturan Blog Judul Blog

edisusilo.com

Yang perlu Kamu ganti adalah Site Title dan Tagline. Kamu bebas untuk memberi judul dan tagline blogmu. Selain Site Title dan Tagline, pada halam pengaturan general ini Kamu juga perlu mengganti Timezone yang ada dibagian bawah dengan pilihan “Jakarta“. Kalau sudah, jangan lupa klik tombol Save Changes untuk menyimpan hasil pengaturan.

3. Mengatur Jumlah Postingan Pada Beranda Blog

Selanjutnya Kamu perlu ke pengaturan penulisan di menu Settings > Writing. Disitu cari “Blog pages show at most” dan isikan dengan jumlah postingan yang akan Kamu tampilkan dihalaman depan blogmu. Dan jangan lupa klik tombol Save Changes untuk menyimpan hasil pengaturan.

Baca Juga :  5 Strategi Membuat Blog Baru Yang Harus Diketahui Pemula

4. Mengatur URL Blog

Membuat blog menggunakan WordPress banyak memiliki kelebihan. Salah satunya yang bagus adalah kita bisa mengatur url ingin seperti apa. Untuk kemudahan pembaca dan SEO url blog harus dioptimalkan dengan baik. Untuk itu Kamu langsung saja ke menu Settings > Permalinks.

Pengaturan Blog Permalinks

edisusilo.com

Pada pengaturan permalinks ada 5 pilihan, Kamu pilih yang Post name lalu jangan lupa klik tombol Save Changes untuk menyimpan hasil pengaturan. Kenapa menggunakan Post name? Menggunakan mode permalink ini lebih bagus untuk SEO. Apa itu SEO? Kamu bisa seputar SEO di artikel: Apa itu SEO?.

5. Mengatur Profil Blog

Langkah terakhir pada pengaturan blog, yaitu melengkapi data profilmu. Langsung saja Kamu bisa mengaturnya di menu Users > Your Profile. Lengkapi Semua data dirimu disana ya. Sebebisa mungkin semua form yang ada disitu diisi secara lengkap.

Baca Juga :  6 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Melalui Blog

Khusus untuk Profile Picture, Kamu tidak bisa menambahkan disitu. Kenapa? Karena wordpress memberlakukan cara lain untuk foto profil kita. Agar ada foto profil, Kamu harus mendaftarkan akun Gravatar dengan mengunjungi webnya disini.

Apa itu Gravatar? Gravatar itu “avatar” yang mewakili kita jika sedang berinteraksi dengan web berbasis WordPress. Secara otomatis jika Kamu mendaftar disana dan mengisi data secara lengkap, akun atau profilemu akan ada foto profilenya. Dengan syarat, email yang Kamu pakai di blogmu sama dengan alamat email yang Kamu daftarkan pada Gravatar.

Untuk pengaturan blog sepertinya untuk saat ini sudah cukup lengkap. Selanjutnya Kamu tinggal melengkapi perlengkapan blog saja. Langsung saja Kamu bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah Berikutnya: Perlengkapan Blog WordPress →



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *