SEO Adalah

Image: edisusilo.com

Apa itu SEO? Kenapa Blog Membutuhkan SEO? Jawabnya SEO Adalah …

SEO itu singkatan, kalau kepanjangannya adalah Search Engine Optimization atau artinya pengoptimalan mesin pencari macam google dan bing gitu. Kalau Kamu cari di google, apa itu SEO? SEO adalah …. dan hasilnya pasti banyak banget. Sebenarnya apa itu sih SEO dan kenapa blog membutuhkan ini? akan kita bahas pada postingan kali ini. Lanjut.

SEO adalah tindakan pengoptimalan blog atau website agar berada di pencarian pertama pada mesin pencari. Atau mudahnya, dengan SEO blog atau website diusahakan agar berada di halaman depan saat kata kunci tertentu dimasukkan.
Kata kunci apa lagi? Kata kunci atau keyword adalah tulisan yang biasa kita ketikkan di kotak pencarian google itu lho. Misalnya Kamu mengetikkan “Jomblo adalah” pada pencarian Google.

Udah tau dong ya SEO itu apa? SEO itu sebenarnya sama dengan yang ada didunia nyata. Bagaimana kita membuat orang merekomendasikan toko atau usaha kita ke temannya pada rekomendasi pertama. Misal Kamu tanya ke teman “dimana sih jual mie ayam paling enak?”. Temen Kamu pasti merekomendasikan tempat yang dia tau. La tugas kita agar mie ayam kita gimana caranya direkomendasikan oleh teman tersebut. Seperti itulah kira-kira gambaran dari SEO.

Baca Juga :  Langkah 2: Membuat Blog Baru WordPress [Khusus Untuk Pemula]

Selanjutnya kenapa blog membutuhkan SEO? ini jawabannya agak panjang. Menurut analisa ku, pengunjung blog itu ada 3 jalur yang bisa ditempuh, yaitu langsung datang dengan mengunjungi lewat domain kita, datang ewat apa yang kita share dimedia sosial dan terakhir dari hasil tanya Google. Kalau dari aku sih itu, Kalau dari Kamu? hehe

Kita bahas satu persatu ya, kalau blogmu sudah melekat kuat dengan kontek menarik bisa jadi orang akan datang langsung tanpa perantara. Tapi ini biasanya blog dengan konten yang memiliki niche tertentu, misal hanya otomotif, tekno, traveling dan lainnya. Tapi kalau blog gado-gado sulit dengan cara ini.

Pengunjung dtang lewat share media sosial ini bisa dengan mudah Kamu lakukan dengan membuat konten-konten viral macam ini haha. Nggak ini postingan tidak mengandung viral, tapi mengangung unsur KEPO yang kuat. Buktinya Kamu baca artikel sampai kata ke 320 haha. Serius lagi, Jadi biasanya postingan-postingan judul menarik bisa mendatangkan pengunjung dari media sosial. Tapi biasanya ini nggak banyak.

Baca Juga :  4 Langkah Mudah Membuat Child Theme WordPres, Penting Nih!

Yang terakhir ini alasan kenapa SEO ini perlu. Pengunjung datang dari saran Google ini adalah jalan terakhir mendapatkan banyak pengunjung. Kalau blogmu kontennya nggak kuat mendatangkan pengunjung secara langsung dan juga kurang viral, maka jalan inilah yang bisa Kamu tempuh. Kalau SEO blogmu bagus, pengunjung ribuan bahkan jutaan nggak mustahil.

Udah tau dong kenapa blog perlu SEO? masih belum? mudahnya agar blog yang Kamu punya ada pengunjungnya. Capek-capek nulis nggak ada yang baca kan nggak seru. Maka dari itu mulailah dengan SEO yang bagus. Karena SEO adalah langkah yang tepat untuk meramaikan blog. Tapi kalau merasa nggak butuh SEO ya mboten nopo-nopo.

Baca Juga :  Apa Itu Domain TLD? Kenapa Harus Menggunakan Domain TLD?

Untuk pembahasan SEO adalah … ini kita cukupkan sampai disini dulu. Kamu juga bisa membuat konten SEO sederhana seperti pada Langkah 5: Konten Blog. Disitu dijelasin sedikit tentang SEO sederhana. Untuk lebih jelasnya tentang SEO, Google juga udah jelasi disini. Semoga artikel ngawur ini bermanfaat, terima kasih.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *