Domain TLD

Image: edisusilo.com

Apa Itu Domain TLD? Kenapa Harus Menggunakan Domain TLD?

Bagi Kamu blogger pemula pasti pernah dengar tentang domain TLD. Apa itu domain TLD? TLD sendiri singkatan dari Top Level Domain. TLD berada dibelakang nama domain yang dipisahkan dengan tanda titik(.) atau biasa dibaca “dot”. Contoh domain TLD seperti pada blog ini, yaitu “edisusilo.com“.

Ada banyak domai TLD yang ada saat ini. Dari sekian banyak domain, beberapa yang menururt aku populer dan sering digunakan sekaligus penjelasannya sebagai berikut:

.com

Domain .com biasanya digunakan untuk tujuan komersial. Namun banyak juga yang digunakan dalam hal lain. Kelebihan domain .com ini adalah penyebutannya yang sudah diketahui banyak orang.

Biasanya kalau orang awam, domain website itu ya taunya .com. Misal kalau kita menyebutkan blog edisusilo, maka orang akan mengira nama domainnya edisusilo.com. Padahal bisa edisusilo.com atau lainnya.

Saran aku kalau mau cari domain TLD, prioritaskan beli yang .com. Kalau sudah tidak ada dan ingin tetap menggunakan nama domain yang sama, barulah mulai cari domain TLD lainnya seperti .net.

.net

Domain .net ini singkatan dari network. Biasanya domain ini digunakan untuk website yang berhubungan dengan jaringan, IT atau teknologi .  Domain .net kalau menurutku untuk ketenaran masih dibawah domain .com namun masih diatas yang lainnya.

Baca Juga :  WinSCP: Software Wajib Untuk Blogger [WordPress Self Hosting]

.org

Domain ini biasanya digunakan untuk kepentingan organisasi. Jarang sekali aku melihat domain ini digunakan untuk blog pribadi. Jika Kamu ingin membuat website organisasi, paling pas menggunakan domain .org.

Selain 3 domain diatas, masih ada lagi domain TLD lainnya, seperti : .info, .biz, .website, .asia, .space, .tv, .name, .me, dan masih banyak lagi dengan berbagai jenis yang unik-unik.  Untuk indonesia sendiri memiliki domain tingkat atas yang sudah banyak dipakai seperti:

.id

Domain tingkat atas yang satu ini belum lama dikeluarkan oleh PANDI. Penggunaan domain ini bebas untuk keperluan apa saja. Berbeda dengan pembelian domain yang diatas tadi, pembelian domain .id harus memberikan data berupa verifikasi KTP. Domain ini cocok jika domain .com dan .net sudah tidak tersedia lagi.

.co.id

Domain ini di khususkan untuk perusahaan yang berbadan hukum. Syarat untum memilikinya juga selain melampirkan KTP, data-data pendirian perusahaan juga diminta. Kalau untuk blog pribadi sudah pasti kita tidak akan menggunakan domain yang ini.

.web.id

Domain ini bisa digunakan untuk pribadi maupun perusahaan. Sayangnya banyak orang awam mengira bahwa domain ini gratis, padahal untuk mendapatkannya harus bayar. Dan sama seperti domain .id lainnya, pendaftaran harus melampirkan KTP.

Baca Juga :  Langkah 2: Membuat Blog Baru WordPress [Khusus Untuk Pemula]

Masih banyak lagi domain tingkat atas yang ada di Indonesia, seperti .go.id, .sch.id, or.id, .ac.id, dan .net.id. Pengunaan domain Indonesia ada hanya sedikit yang bisa digunakan untuk pribadi. Kebanyakan domain tingkat atas indonesia dipergunaan untuk organisasi atau lembaga.

Dari berbagai macam domain diatas, bagaimana dengan domain seperti .blogspot.com dan .wordpress.com? Ya jika Kamu mendaftar blog di blogger.com dan wordpress.com yang gratis, maka akan mendapatkan domain seperti “blogmu.blogspot.com” atau “blogmu.wordpress.com. Perlu diketahui baik .blogspot.com maupun ,wordpress.com bukanlah domain tinggkat atas atau TLD. Kedua domain tersebut merupakan subdomain dari nama domain blogspot.com atau wordpress.com.

Selain kedua subdomain tersebut, ada juga domain Idonesia yang kalau tidak salah masuk dalam subdomain juga, yaitu .my.id. Atau misal subdomain dari blog ini, seperti “blogmu.edisusilo.com bisa saja dibuat. subdomai banyak macamnya termasuk subdomain yang bisa kita buat sendiri.

Dari banyaknya domain diatas, jika akan digunakan keperluan pribadi misalnya blog pribadi atau blog lain, Kamu bisa memilih domain seperti:

Kenapa harus menggunakan domain TLD?

Jika Kamu berniat untuk serius ngeblog yang tujuan akhirnya bisa mendapatkan uang, mau tidak mau Kamu diharuskan menggunakan domain TLD. Kenapa? Jika Kamu menargetkan mendapatkan uang dari job review, beberapa perusahaan atau agensi tidak menerima blog menggunakan subdomain. Syarat yang paling umum harus menggunakan domain tingkat atas.

Baca Juga :  Perbedaan Domain WWW Dan Tanpa WWW, Apa Pengaruhnya?

Selain itu, biasanya perusahaan atau agensi yang menawari job review mensyaratkan skor DA/PA. Biasanya skor DA/PA yang diminta mulai dari 10 dan terkadang ada yang minta minimal 20.

Skor DA/PA tidak berlaku untuk subdomain. Kenapa? karena skor DA/PA pada subdomain mengacu pada domain induk. Misalnya subdomain .blogspot.com saat ini DA/PA sama rata antara satu blog dengan lainnya. Jadi jangan bangga dengan DA/PA tinggi jika masih menggunakan subdomain.

Selain masalah untuk mendapatkan job review, menggunakan domain level atas ini juga bisa terlihat lebih profesional. Misalnya agak kurang pas jika da penyedia jasa pembuatan blog atau website masih menggunakan subdomain macam .blogspot.com atau .wordpress.com. Jika menggunakan domain level atas akan membuat calon klien lebi percaya.

Penggunaan domain TLD juga dapat membuat url blog kita menjadi lebih pendek. Kamu bisa bandingan antara “edisusilo.com” dengan edisusilo.blogspot.com, lebih mudah mana dan lebih pendek mana? Jadi tanpa pikir panjang, jika Kamu mau membuat blog, pakailah domain tinggkat atas.

Beli Domain Murah Terpercaya →



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *