Memilih Domain Dan Penentuan Nama Domain

Image: canva.com

5 Tips Memilih Domain Dan Penentuan Nama Domain Untuk Blog

Memilih domain dan penentuan nama domain pada saat membuat blog gampang-gampang susah. Kenapa? Terkadang nama yang kita inginkan yang sudah ditentukan namun untuk nama domainnya ternyata sudah tidak tersedia. Maka dari itu perlu kesabaran saat menentukan domain yang terbaik.

Kalau aku biasanya memilih domain dan penentuan nama domain itu bersamaan. Malah biasanya menemukan nama domain lebih dulu di penyedia domain. Apapun caranya sah-sah saja yang penting bisa dapat domain yang kita inginkan.

Pada kesempatan kali ini aku mau memberikan tips saat memilih sebuah domain dan menentukan nama domainnya. Mudah-mudahan dengan tips ini bisa memudahkanmu dalam mencari domain. Berikut tips yang bisa Kamu ikuti.

1. Pilih Domain TLD

Apa itu domain TLD? Kalau lebih tau lebih dalam mengenai TLD ini bisa dicaba pada artikel yang pernah aku tulis sebelumnya di domain TLD. Penting bagi mu untuk memilih domain yang TLD. Bagaimanapun caranya yang terbaik adalah domain TLD.

Baca Juga :  Cara Upload WordPress Ke Hosting Lengkap Sampai Bisa Di Akses

Kekurangan domain TLD sudah pasti nggak gratis. Namun akan banyak keuntungan yang Kamu dapat dikemudian hari. Kamu bisa lebih leluasa mengatur blogmu. Secara nama, menggunakan domain TLD juga lebih singkat.

2. Pilih Ektensi Domain Populer

Prioritas dalam mencari domain TLD bagiku yang pertama adalah ekstensi .com. Kenapa? sudah umum dimasyarakat bahwa website itu ya yang pakai .com. Pernah sekali pakai domain .web.id eh malah dikira gratisan.

Sebisa mungkin pilih domain .com untuk blogmu. Kalau memang terpaksa nggak ada lagi ya .net masih boleh lah. Kalau masih terpaksa lagi karena .com dan .net udah nggak ada, ya bisa ambil .id. Tapi perhatikan dulu bahwa .com dan .net tidak bisa dibeli karena dijual dengan harga tinggi ya bukan sudah dipakai.

Dengan nama domain yang sama dengan web lain yang hanya beda ekstensi domain saja itu akan membingungkan pembaca. Malah bisa jadi mereka akan pergi ke situs lainnya yang namanaya sama dengan domainmu. Jadi saranku, kalau memang nggak ada .com, mendi cari nama lain aja hehe.

Baca Juga :  5 Hal Yang Perlu Kamu Pertimbangkan Saat Memilih Hosting WordPress

3. Pilih Pejual Domain Terpercaya

Saat membeli domain pastikan dipenjual terpercaya. Kalau aku biasanya beli disini. Menurutku sudah cukup bagus dan terpercaya.

Jangan terlalu tergiur dengana harga murah, umunya dimana-mana harga domain itu nggak beda jauh. Jadi pastikan beli di tempat yang memang benar-benar terpercaya dan sudah lama menjalani bisnis domain dan hosting.

4. Buat Nama Yang Singkat

Penentuan nama sebuah domain juga perlu memikirkan jumlah karakter. Yang umum biasanya jumlah karekter domain minimal 5 huruf. Sebisa mungkin Kamu memilih nama sebuah domain yang 5 huruf saja. Paling tidak maksimaljumlah karakter 10 huruf. Hal ini bertujuan memudahkan orang-orang mengingat dan menyebutkan nama sebuah domain.

Baca Juga :  Perbedaan Domain WWW Dan Tanpa WWW, Apa Pengaruhnya?

Selain itu sebisa mungkin berjumlah satu kata saja. Kalau nama domainku ini kenapa dua kata karena untuk domain dengan nama edi itu tidak bisa karena minimal 5 huruf. Jadi ya langsungs aja semua huruf dinamaku dimasukin semua dinama domain.

5. Buat Nama Yang Mudah Di Ingat Dan Menarik

Selain dengan nama domainnya yang singkat, nama sebuah domain haruslah unik, menarik dan mudah diingat. Ini bisa sesuai dengan nama bisnismu atau apapun. Nama yang unik, menarik akan mudah dikenal masyarakat. Selain mengandalkan SEO untuk meningkatkan pengunjung, jika domain banyak dikenal orang sudah pasti akan memiliki banyak keuntungan.

Itu aja sih 5 tips untuk memilih domain dan penentuan nama pada domain untuk blogmu. Kamu bisa memilih domain yang Kamu inginkan. Khusu untuk domain .id masih banyak pilihan nama domainnya, tapi itu harganya lumayan tinggi. Ok semoga artikel kali ini bermanfaat dan semoga sukses ngeblog ya.




About Edi Susilo

Aku Edi Susilo, Blogger & Fotografer Foto 360 Derajat yang saat ini tinggal di Riau. Suka ngeblog mulai tahun 2010 dan keterusan sampai sekarang dan mencoba peruntungan menjadi fotografer foto 360 derajat sejak tahun 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *