Perbedaan Domain WWW Dan Tanpa WWW

Image: [Edi Susilo] canva.com

Perbedaan Domain WWW Dan Tanpa WWW, Apa Pengaruhnya?

Kalau aku sebelumnya udah membuat artikel tentang tips memilih domain dan penentuan nama domain, kali ini masih sama namun ada sedikit beda. Pada kesempatan kali ini akan membahas tentang perbedaan Domain WWW dan tanpa WWW. Apasih bedanya keduanya?

Pengaruh ke SEO

Secara SEO udah aku cari-cari ternyata tidak ada. Ya benar nggak ada pengaruhnya kalau menurutku. Dari sekian banyak artikel yang aku baca juga katanya nggak ada pengaruhnya. Benarkah?

Tapi ada hal yang menarik sih, aku punya blog baru yang belum lama. Ada beberapa keyword yang bertengger di halaman no 1. Sedangkan DA masih kepala 1 bahkan basil kepala 1 yang awal-awal. Secara isi kata hanya 400 smapai 500 an kata saja. Untuk pesaing juga berat-berat dan banyak website besar juga. Apakah ini ada pengaruhnya dari setinggan sempurna menggunakan HTTPS dan WWW atau gimana juga nggak tau.

Baca Juga :  Perbedaan SSL Gratis dan SSL Berbayar Menurut Kacamatku

Mungkin perlu ada riset mendalam mengenai ini. Dari pihal Google yang aku baca dari beberapa penjelasan juga mengutarakan tidak ada pengaruhnya terhadap SEO dari pemakaian WWW di domain. Jadi keputusan ada ditangan Kamu ya. Boleh pakai WWW boleh tidak pakai WWW.

Kenapa Pakai WWW?

Kalau tidak ada perbedaan Domain WWW dan tanpa WWW terus kenapa aku Pakai WWW? Alasannya simpel sih. Lihat saja website yang besar-besar rata-rata pakai WWW. Dan ini bisa mengindikasikan bahwa WWW ada pengaruhnya juga. Kalau tidak pada SEO ya pengaruhnya buat tampilan.

Secara tampilan memang domain yang memakai WWW terlihat lebih cakep. Atau bisa dikatakan lebih wah. Walaupun secara tampilan jadi lebih panjang.

Baca Juga :  Cara Menggunakan WinSCP Untuk Transfer Dan Edit File Pada Hosting

Kalau menurutku mending dikasih WWW. Kenapa? Adanya WWW tentu buka tanpa alasan. Untuk sekarang sih mungkin belum terasa ya dari sisi SEO, namun mana tau suatu saat ada pengaruhnya. Ya belajar dari masalah HTTP ke HTTPS.

Cara Pakai WWW Gimana?

Cara menambahkan WWW di WordPress gampang banget. Kamu hanya perlu masuk ke menu Settings > General. Ganti atau tambahkan WWW didepan domain pada form WordPress Address (URL)
dan Site Address (URL). Contohnya:

WordPress Address (URL) : https://www.edisusilo.com
Site Address (URL) : https://www.edisusilo.com

Gampang ya? Ya memang gampang banget. Untuk bahasan mengenai perbedaan Domain WWW dan tanpa WWW aku rasa cukup ya. Kalu bebas mau pakai WWW atau tidak di domain Kamu. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *