Monetize Blog

Image: edisusilo.com

Langkah 7: Monetize Blog Baru WordPress [Khusus Untuk Pemula]

Saat ini rezeki bisa datang dari mana saja. Termasuk ngeblok, sekarang bisa menghasilkan. Kenapa kita harus melakukan monetize blog? Apa pentingnya?Sebenarnya nggak harus, Kamu bebas menentukan apakah perlu dimonetize atau tidak. Bagi Kamu yang belum punya blog, Kamu bisa ikuti dari mulai langkah 1: Memulai Blog.

Kalau aku pribadi perlu melakukan monetize blog untuk membantu menghidupi blog yang aku punya ini. Blog juga butuh biaya seperti bayar hosting dan domain. Intinya sih disitu, kalau ada sisa berarti itu bonus dari ngeblog. Beberapa cara yang bisa Kamu lakukan untuk monetize blog, sebagai berikut:

1. Daftar Adsense

Yang satu ini bisa mendatangkan banyak rupiah. Salah satu yang paling populer dan disukai banyak blogger. Kamu bisa nih manfaatkan blogmu dengan mendaftarkan Adsense. Langsung saja Kamu bisa daftar dengan mengklik disini.

Ada beberapa syarat yang harus Kamu penuhi untuk diterima Adsense. Untuk lebih jelasnya Kamu bisa baca disini. Pastikan Kamu sudah memahami terlebih dahulu baru mendaftar.

Baca Juga :  Pixabay: Penyedia Gambar Gratis Untuk Blog Yang Lengkap Banget!

2. Job Review & Content Placement

Beberapa tahun belakangan ini, monetize jenis ini mulai meriah. Kamu bisa dapat rupiah secara langsung dengan cara ini. Banyak perusahaan-perusahaan yang mulai bekerjasama dengan para blogger. Syaratnya lumayan mudah, dan sekarang jadi banyak peminatnya.

Syarat yang harus Kamu penuhi agar bisa mendapatkan monetize jenis ini, yaitu: DA dan PA blogmu harus memiliki minimal skor 15 dan terkadang ada juga yang mensyaratkan skor 20. Apa itu DA dan PA bisa Kamu baca di artikel: Apa itu DA dan PA?. Syarat tergantung dengan pemberi job masing-masing.

Untuk mendapatkan job ini bagaimana? Beberapa hal yang ada dibawah ini perlu Kamu lakukan:

Perbanyak Teman Blogger

Biasanya job-job review ini datang dari mulut ke mulut. Jadi usahakan perbanyak teman blogger. Atau gabung ke komunitas blog yang ada dikotamu. Makin banyak teman makin banyak rezeki.

Gabung Group Facebook

Cara lain Kamu juga bisa gabung ke grup facebook yang berisi kumpulan-kumpulan blogger pencari job review. Salah satu grup yang bisa Kamu ikut adalah Job untuk Blogger, untuk masuk Kamu bisa klik disini. Disana banyak yang menawarkan job-job review. Kamu bisa coba disitu dan biasanya saingannya banyak.

Baca Juga :  Langkah 2: Membuat Blog Baru WordPress [Khusus Untuk Pemula]

Daftar Digital Agensi

Untuk mendapatkan job review, Kamu juga bisa mendaftarkan melalui digital agensi. Yang aku rekomendasiin, Kamu daftar di iblogmarket. Disana mudah banget caranya, Kamu hanya perlu masukkan blogmu. Nanti jika ada penawaran Kamu tinggal ambil aja penawaran tersebut. Aku udah beberapa kali dapat disitu.

Menambahkan Halaman Job Review

Terkadang pemberi job review bisa datang langsung diblog kita. Maka dari itu buat halaman khusus yang membawah mengenai job review yang kita tawarkan, mudah-mudahan ada yang berminat dengan tawaran kita. Apapun caranya asal halal boleh dong dicoba.

3. Daftar Affiliate Program

Selain cara diatas, ada lagi cara monetize lainnya seperti mengikuti Affiliate Program. Program ini biasanya ditawarkan oleh ecommerce yang ingin menawarkan produknya melalui blog Kamu. Kamu bisa ikutan nih melalui cara ini.

Baca Juga :  5 Strategi Membuat Blog Baru Yang Harus Diketahui Pemula

Biasanya blogger akan mendapatkan komisi dari hasil transaksi terjual. Jummlah komisi tergantung barang jenis apa. Dan untuk mendaptkan Affiliate Program ini Kamu bisa langsung kunjungi website ecommerca, seperti: blibli, lazada, dan mataharimall. Dibagian bawah ada link Affiliate Program, dan klik link tersebut.

Cara Affiliate Program masing-masing ecommerce berbeda-beda. Kamu bisa pilih salah satu ecommerce saja atau pilih sebua agar peluang mendapatkan rupiah semakin besar.

Yang perlu diingat adalah monetize blog itu tidak bisa dilakukan langsung saat blogmu sudah jadi. Butuh waktu sampai blogmu memiliki pengunjung atau pembaca. Setelah ramai pengunjung maka peluang monetize blog semakin besar.

Ngeblog juga tidak semata-mata hanya soal menghasilkan uang. Uang itu akan datang sendiri jika Kamu serius dalam ngeblog. Sebelum memonetize blog, fokuslah untuk mendatangkan banyak pengunjung.

Dan ini adalah langkah terakhir dalam seri “Memulai Blog”. Mudah-mudahan ada seri lainnya yang bisa Aku tulis. Dan langkah-langkah ini bisa terus update sesuai dengan perkembangan. Selalu ikuti update terbarunya ya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *