DA dan PA

Image: edisusilo.com

Apa Itu DA dan PA? Kenapa Blog Harus Punya Skor Tinggi?

Pernah dengar istilah DA dan PA untuk blog? Yang mulai menggeluti dunia blog khususny mencari job-job review pastilah tidak asing lagi dengan yang satu ini. Karena beberapa job review mewajibkan blog harus memiliki skor DA dan PA tertentu.

Sebenarnya DA dan PA itu apasih? Kenapa blog harus memiliki skor tertentu untuk mendapatkan job review? Yuk kita bahas dari mulai apa itu DA singkatan dari Domain Autority dan PA singkatan dari Page Autority.

Domain Autority (DA) adalah sitem peringkat search engine yang dikembangkan oleh Moz. Fungsinya untuk memprediksi seberapa baik sebuah blog berada pada hasil pencarian search engine. Skor dari DA ini mulai dari 1 sampai dengan 100. Biasanya untuk blog baru skor DA hanya 1.

Baca Juga :  Apa itu SEO? Kenapa Blog Membutuhkan SEO? Jawabnya SEO Adalah ...

Sedangkan Page Autority (PA) sama dengan DA, yaitu sistem peringkat search engine yang dikembangkan oleh Moz. Fungsinya untuk memprediksi seberapa baik halaman blog tertentu berada pada hasil pencarian search engine. Skor dari PA ini mulai dari 1 sampai dengan 100. Masih sama dengan DA, biasanya untuk blog baru skor PA hanya 1.

Kalau tidak salah semenjak Google PageRank tidak diberlakukan lagi, penentuan skor sebuah blog berubah menggunakan DA dan PA ini. Dimana Kamu bisa mengecek DA dan PA blog kita, Kamu bisa mengunjungi website Moz disini. Atau lebih mudah Kamu bisa mengunakan ekstensi pada google chrome disini.

DA dan PA ini penting bagi Kamu yang senang mencari job review. Beberapa tawaran biasanya mengharuskan blog memiliki skor DA dan PA diatas 20. Jadi bagi Kamu yang masih dibawah itu, berusahalah agar skornya naik.

Baca Juga :  Langkah 6: Promosi Blog Baru WordPress [Khusus Untuk Pemula]

Untuk update skor ada yang bilang 3 bulan sekali, 2 bulan sekali, dan 1 bulan sekali. Aku nggak tau tepatnya, tapi biasanya aku sering liat update skor pada blog ini berubah-ubah. Mungkin sebulan sekali, atau untuk lebih jelasnya Kamu bisa tanya mbah google ya hehe.

Untuk menaikkan skor DA dan PA salah satunya dengan banyakin backlink berkualitas. Apa itu backlink? akan kita bahas selanjutnya ya. Yang paling mudahnya, setiap postingan blogmu sebaiknya Kamu share dimedia sosial. Boleh facebook, twitter, google+ dan lain-lainnya.

Selain itu apalagi ya, emm untuk ningkatin DA dan PA dibawah 20 itu masih mudah lho. Contohnya aku punya blog yang kosong tanpas postingan, tapi skornya DA bisa-bisa udah 7 aja. Nggak tau juga aturan pasti bagaimana menaikkan skor. Yang pasti Kamu harus rajin-rajin nulis postingan dan banyakin backlink.



One thought on “Apa Itu DA dan PA? Kenapa Blog Harus Punya Skor Tinggi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *