Membuat Artikel Viral Atau Artikel SEO

Image: theodysseyonline.com

Pilih Membuat Artikel Viral Atau Artikel SEO? Kalau Aku Pilih Yang …

Secara umum, saat ini aku melihat ada 2 golongan konten artikel yang bisa mendominasi untuk mendapatkan banyak pengunjung atau trafik. Dua golongan konten ini artikel viral dan artikel SEO. Keduanya memiliki kekuatan dan kelebihan masing-masing. Dan keduanya sama-sama dapat banyak pengunjung blog berdatangan.

Apa itu artikel viral? Artikel viral adalah artikel dengan konten menarik atau kekinian yang bisa menjadi populer dalam waktu singkat. Artikel ini dibuat sesuai dengan kondisi si pembaca atau istilahnya “gue banget atau aku banget nih”. Topik yang ditulis biasanya seputar kehidupan pribadi atau hal-hal yang membuat pembaca penasaran. Udah banyak contohnya diluar sana dan oh iya, viral ini bukan yang artikel menimbulkan kebencian, sara atau apapun yang bisa menimbulkan masalah ya. Konten viral berisikan artikel yang bermanfaat bagi pembacanya.

Apa itu artikel SEO? Artikel SEO (Search Engine Optimization) adalah artikel yang dibuat dengan tujuan mendapatkan banyak trafik dari searh engine berdasarkan keyword atau kata kunci tertentu. Udah pernah juga aku bahas sekilas di Strategi Membuat Blog, mungkin bisa Kamu baca dulu. Pada artikel ini tujuannya sama dengan artikel viral namun sumber trafiknya dari mesin pencari seperti google misalnya.

Kedua jenis artikel ini memiliki kelebihan masing-masing. Jika optimal, keduanya bisa mendatangkan ribuan pengunjung. Judul diatas mungkin masih kurang, soalnya ada … jadi bisa buat penasaran ya? Oke, sebelum aku lengkapi jawabannya, Kamu juga harus tau dulu pertimbangan lebih pilih artikel yang viral atau seo.

Berikut 5 pertimbangan lebih memilih membuat artikel viral dan artikel seo:

1. Sumber Pengunjung

Artikel Viral biasanya sumber pengunjungnya media sosial, seperti facebook dan twitter. Mengandalkan judul dan artikel yang mengena pada pembacanya, berharap banyak yang menyukai. Kalau udah suka bisanya pembaca dengan senang hati akan mengeshare artikel tersebut.

Kenapa dengan mengeshare artikel tersebut konten bisa menjadi viral? Kita bisa lihat, misalnya 1 orang memiliki teman 1000 paling nggak. Dengan 1 kali share tentu bisa dilihat paling tidak 20 % teman, kemudian dishare lagi dan seterusnya. Ya bisa dibilang mirip-mirip dengan skema MLM.

Semakin banyak yang ngeshare tentu makin banyak pengunjung yang berdatangan. Dan biasanya orang ngeshare sesuatu pasti membaca terlebih dahulu apakah artikel yang dibuat menarik atau tidak. Selain itu juga memanfaatkan iklan di media sosial, cara ini terbilang efektif dan sudah banyak yang menggunakannya.

Artikel SEO bersumber dari hasil pencarian mesin pencari. Mesin pencari banyak, ada google, bing, yahoo dan lainnya. Untuk di Indonesia sendiri kebanyak melakukan optimasi di google. Alasannya jelas, google search paling banyak digunakan oleh penggunanya.

Pengunjung datang ke blog atau website dari mesin pencari berdasarkan kata kunci yang mereka tuliskan. Biasanya kebanyakan konten dikunjungi dengan kata kunci tertentu yang berada di halaman satu search engine. Untuk berada dihalaman satu tentu butuh proses salah satunya dengan membuat konten yang memiliki SEO yang bagus.

Antara konten seo dan viral dapat mendatang pengunjung yang banyak tergantung bagaimana mengemas konten tersebut yang optimal. Kedua cara memiliki sumber pengunjung yang berbeda namun hasilnya bisa luar biasa. Kamu pilih yang mana guys?

Baca Juga :  Apa Itu DA dan PA? Kenapa Blog Harus Punya Skor Tinggi?

2. Isi Artikel

Artikel Viral memiliki konten yang mengena hati para pembacanya dan lebih kekinian. Biasanya judul artikelnya ada angkanya, seperti 7 “9 Alasan Kenapa Wanita Ngebet Nikah” dan masih banyak lagi. Dan artikel bertabur gambag-gambar yang menarik banyak pembaca.

Artikel yang langsung menampilkan poin seperti angka dapat menggugah pembaca untuk membacanya. Selain itu, konten-konten kekinian bisa dimanfaatkan untuk membuat viral sebuah postingan. Yang ekstrim ya berisi seputas kebencian atau apapun yang tidak membuat pembaca senang, yang akhirnya dengan kebencian tersebut juga bakalan dishare juga nih artikel namun dengan respon negatif. Tentu yang bukan hal yang baik jika hanya sekedar untuk mendapatkan trafik tinggi.

Penulis adalah salah salah satu pekerjaan yang dapat mempengaruhi para pembacanya. Tentu dibutuhkan artikel yang dapat menggugah sipembaca untuk melakukan kebaikan. Kalau aku sendiri sih asal nggak ada urusan politik, apapun aku tulis asal bermanfaat.

Artikel SEO ini biasanya ditulis ala kadarnya, karena memang fokusnya di SEOnya. Namun ada juga yang artikelnya bagus dan memiliki isi yang berbobot. Namun biasanya kalau dibandingkan dengan konten viral tentu menarik yang viral. Itu wajar karena konten viral memang ditujukan agar menarik bayak pembaca yang membuat artikel menjadi ramai diperbincangkan.

Dalam isi artikel seo biasanya mengandung keyword yang berjumlah tertentu tergantung persentasi dengan jumlah kata pada artikel. Hal ini biasanya kalau penulisnya hanya mengincar trafik, kata-kata yang digunakan jadi wagu atau apa ya, ya ambigu gitulah. Kadang ada yang terkesan dipaksakan.

Dari awal memang berbeda, yang satu murni karena pengaruh terhadap manusia, dan satu lagi untuk menarik si mesin pencari. Artikel yang baik tentu yang enak dibaca oleh pembaca, bukan seperti bahasa mesin yang memang untuk menarik artikel dihalaman satu search engine. Buatlah artikel diblog semenarik mungkin, karena pembaca utama blog adalah the real human buka mesin.

3. Efek Kunjungan

Artikel Viral memeiliki keunikan tersendiri. Efek kunjungannya berdampak bagus untuk sebuah blog. Kamu tau istilah Bounce Rate? ya penilaian seberapa lama user berada disebuah blog. Semakain lama pembaca membuka blog tentu lebih biak dibanding dengan sekali buka terus beberapa detik langsung di tutup.

Artikel model viral ini menarik untuk dibaca terus menerus. Jika semua artikelmu menarik, tentu pengunjung bakalan senang berlama-lama disitu. Mereka akan dengan senang hati berlama-lama menelusuri artikel demi artikel untuk membaca konten atau informasi yang menarik. Dan ini bisa mempengaruhi SEO juga lho.

Selain itu, biasanya artikel viral ini bisa memberikan dampak yang bagus buat user. Misalnya kita menyisipkan sebuah link produk, tanpa dipaksa jika mereka mengena dengan artikel yang kita tulis, mereka bisa membeli produk yang kita rekomendasikan. Oleh sebab itu banyak saat ini iklan-iklan lebih mengarah ke artikel yang dapat mempengaruhi para pembacanya.

Baca Juga :  Kenapa Aku Buat Blog Di Wordpress Self Hosting? Nih 7 Alasannya!

Artikel SEO memiliki efek berbeda jika konten-konten yang ada kurnag menarik. Karena target mereka hanya mencari, jika sudah menemukan solusinya tentu mereka akan tutup. Agar mereka bisa bertahan lama di blog, tentu harus ada artikel yang menarik yang membuat mereka tetap berada di blog.

Masalah yang biasanya terjadi adalah pembaca melupakan apa yang telah mereka kunjungi. Disini tentu kita tidak mau dong ya pengunjung hanya datang sekejap lalu pergi. Kalau istilahnya dirumah makan, kalau bisa para pembeli datang, duduk, makan, minum, lalu pergi. Tidak hanya datang, beli dibungkus dan lalu pergi.

Satau lagi, biasanya konten yang bersumber search engine tidak memiliki pembaca yang loyal dibandingkan dengan konten-konten viral. Mereka akan mengingat dan berkunjung karena ingin membaca, tidak hanya ingin mencari sebuah jawaban dari pertanyaan. So, apakah viral lebih baik dari SEO?

4. Manfaat Kedepan

Artikel Viral memiliki manfaat jauh kedepan karena sumber pengunjungnya adalah artikelnya yang banyak disukai. Jika sebuah blog memiliki konten semua viral, tentu bakalan mendapatkan sesuatu yang luar biasa. Salah satunya media online anak muda yang menyajikan konten-konten viral dihargai puluhan miliar rupiah lho hanya selang beberapa tahun saja dari didirikan.

Blog dengan konten viral bisa dibilang memiliki masa depan yang bagus. Karena biasanya memiliki basis pembaca yang sudah pelanggan tetap. Kalau udah pelanggan tetap nih pasti enak. Dalam satu harus dia bisa datang untuk berkunjung bisa berkalai-kali, itu baru satu orang bagaimana jika pelanggannya banyak.

Kalau memang niat memiliki blog yang akan digunakan dalam waktu lama, memiliki konten-konten viral yang bermanfaat bakalan bisa mendatang banyak keuntungan. Apalagi dengan memiliki banyak pengunjung, bisa dijual sampe miliaran rupaih nih. Ya itu kalau tujuannya soal uang sih.

Artikel SEO sebenarnya sama dengan artikel viral. Bisa memiliki masa depan yang cerah, namun kita tau sendiri bahwa mesin pencari itu memiliki algoritma yang berubah-ubah. Sekarang bisa berada dihalaman pertaman, namun suatu saat akan tergantikan dengan artikel yang memiliki kekuatan SEO yang lebih baik lagi.

Dan biasanya artikel-artikel dengan optimasi pada seo jarang memiliki pelangan tetap. Mereka hanya datang karena butuh dan mencari sesuatu yang mereka ketikkan di mesin pencari. Setelah itu kalau beruntung ya meeka kembali lagi, jika nggak ya mungkin kembalinya suatu saat nanti.

Hal itu bisa kita lihat dari persentasi antara pengunjung baru dengan pengunjung lama. Bisa dipastikan blog dengan konten seo biasanya kebayakan datangnya pengunjung baru dari pada pengunjung lama. Kecuali konten yang dibuat memang menarik dan suatu saat akan dikunjungi lagi.

5. Tujuan Web Dibuat

Artikel Viral dibuat untuk mendapatkan banyak pengunjung dari konten yang mereka buat. Biasanya blog model ini lebih mengarah ke web berita yang mengandalkan pembacanya kembali dan kembali. Satu harinya bisa mempublish artikel lebih dari 5 misalnya.

Mereka ada yang bermain sendiri atau bahkan sudah berbentuk perusahaan perseroan. Web semacam ini memang dibuat sebagai bisnis yang suatu saat mendatangkan banyak pundi-pundi uang. Jangan heran suatu saat web dengan konten viral dijual dengan harga fantastis.

Baca Juga :  6 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Melalui Blog

Sekarang banyak bermunculan blog-blog dengan konten viral. Ada yang memang isinya bermanfaat, ada yang hanya berisikan gambar-gambar yang menghibur (mungkin pusing kalau banyak nulis) dan yang salah seperti yang aku sebutin diatas tadi adalah konten dengan mengandung sesuatu yang negatif untuk mendapatkan trafik. Sebagai blogger yang baik tentu ingin artikel yang dibuat bermanfaat bagi pembacanya.

Artikel SEO biasanya memiliki tujuan-tujuan tertentu. Ada yang murni sebuah bacaan, ada yang isinya memang iklan jualan atau produk. Namun baiknya di artikel yang SEO ini adalah pembacanya tertarget. Hanya orang-orang tertentu yang butuh yang membacanya.

Artikel SEO ini cocok jika ingin mendapatkan user atau pembaca tertentu misalnya jualan. Dengan masuknya pengunjun yang tertarget tentu peluang untuk user membeli produk yang kita buat semakin besar. Ya bisa dibilang paling pasti jika digunakan untuk marketing.

Selain itu biasanya jika artikel-artikel yang buat sekedar tips dan tutorial, artikel SEO cocok digunakan untuk mengisi blog. Karena memang sesuai dengan tujuan pengunjung, mencari solusi dan kita memberikan solusi. Ya semua pasti tergantung kemampuan kita dimana, bisa menulis SEO atau jago mmebuat kontel viral.

Itu tadi 5 pertimbangan lebih memilih membuat artikel viral dan artikel seo. Kalau aku sendiri kalau ditanya atau menjawab judul diatas “Pilih Membuat Artikel Viral Atau Artikel SEO?”, untuk blog ini aku mengabungkan keduanya. Menggabungkan artikel SEO dengan artikel yang bisa menjadi viral itu memiliki kelebihan. Kita bisa mendapatkan pengunjung dari media sosial dan search engine. Paling enggak jika artikel kita nongol di mesin pencari, judul yang menarik tentu bakalan dipilih si calon pengunjung.

Membuat konten viral dengan bertabur gambar-gambar tentu untuk sebuah blog pribadi seperti blog ini bayak pertimbangan. Yang paling dipikirkan adalah resource kapasitas penyimpanannya. Bayangin aja, bakalan berapa space yang akan dihabiskan untuk sebuah artikel. Kalau artikelnya banyak tentu kapasitas penyimpananya besar.

Kalau Kamu memang ingin membuat blog yang ingin banyak dikunjugi dengan bisa besar dikemudian hari, membuat konten konten viral bisa jadi solusinya. Tapi ingat ya, artikel boleh viral tapi jangan copy paste. Bisanya penyakit yang banyak muncul adalah copas sana-sini karena membuat artikel yang bisa viral itu nggak mudah.

So kesimpulannya adalah Pilih Membuat Artikel Viral Atau Artikel SEO? Kalau Aku Pilih Yang Keduanya digabungin. Selain datang dari search engine, user juga betah berlama-lama diblog kita. Nggak perlu yang terlalu gimana gitu, paling nggak yang menarik untuk dibaca. Salah satunya artikel ini, Kamu tanpa sadar udah membaca artikel ini 1750 kata. Yang kalau di masukin ke word udah berapa lembah aja tuh hehe. Semoga bermanfaat, dan masih banyak bacaan menarik lainnya di related post dibawah ini. So, jangan lupa dishare kalau bermanfaat ya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *