Pengaruh Outbound Links Pada SEO

Image: [Edi Susilo] canva.com

Apakah Pengaruh Outbound Links Pada SEO? Apakah Jadi Backlink?

Halo mas-mas dan mbak-mbak pembaca setia blog ini. Pada kesempatan kali ini aku akan berbagi sedikit mengenai pengaruh outbound links pada SEO. Apakah jadi backlink gratis? Terus mau diapakan outbound link ini? Akan kita bahas pada artikel kali ini ya.

Pernahkah Kamu melihat di notifikasi pada plugin Yoast SEO di Analysis results seperti ini?

No outbound links appear in this page, consider adding some as appropriate.

atau kalau diterjemahkan jadi seperti ini?

Tidak ada tautan keluar yang muncul di halaman ini, pertimbangkan untuk menambahkan beberapa yang sesuai.

Ya masuksud dari notifikasi ini adalah memberitahukan bahwa artikel yang kita tulis tidak ada link keluar dari blog kita. Link keluar seperti apa? Yuk kita bahas dari awal dulu.

Baca Juga :  Apakah Pengaruh Page Speed Pada SEO? Bagaimana Mengeceknya?

Jadi link itu terbagi atas dua, link internal dan link eksternal. Link internal itu link yang mengarah ke artikel lain di blog kita atau url blog kita. Link eksternal adalah link yang keluar dari blog kita atau mengarah ke website lain.

Manfaat adanya link ini sudah jelas adalah memberikan rekomendasi ke pembaca untuk mengunjungi tautan itu. Bagaimana kalau linknya keluar? Rugikah kita memberikan link keluar yang bisa mmebuat pembaca meninggalkan blog kita? Bisa iya dan bisa tidak. Nanti kita bahas ya.

Pengaruh outbound links pada SEO ini sangat penting kalau menurut Yoast SEO. Bahkan dia merekomendasikan ke kita untuk menambahkan link keluar. Yang pasti ini akan memberikan efek positif dari artikel kita ke mesin pencari, bahwa artikel kita ada nih referensinya. Ya sepemahanku seperti itu.

Baca Juga :  Apa itu SEO? Kenapa Blog Membutuhkan SEO? Jawabnya SEO Adalah ...

Namun masih banyak yang beranggapab bahwa link keluar berarti memberikan backlink nih ke web lain. Tapi tunggu dulu, backlink seperti apa? Kalau link keluar ke blog atau wesbsite yang peringkat atau reputasu lebih rendah dari blog kita ya sudah pasti ada keuntungan jadi backlink. Namun bagaimana jika link keluar kita ke website yang besar dan terpercaya.

Selama ini aku pasti memberikan link keluar setiap artikelku terutama setelah kebijakan dari Yoast SEO ini diadakan. Kemana outbound link ini pergi? jawabannya tergantung permintaan. Kadang ada yang meminta untuk link kesini nih. Tapi kalau gak ada yang minta, aku biasanya arahin ke website besar, seperti Google, Wikipedia dan WordPress.

Baca Juga :  Menyelesaikan Permasalahan Plugin Yoast SEO agar dapat [SEO: Good]

Agar outbound link kita tidak merugikan dibuat seperti apa? Aku biasanya mengatur link tersebut dengan membuat target blank dan rel menjadi nofollow. Contohnya seperti dibawah ini.

<a href=”https://yoast.com/outbound-links/” rel=”nofollow” target=”_blank“>outbound link</a>

Jadi seperti itu biasanya aku buat diartikelku. Kamu juga bisa mengikuti cara ini. Nggak ada salahnya mengoptimalkan smeua notifikasi yang ada di Yoast SEO jadi hijau semua. Sudah pasti ada manfaatnya dan juga ada hasilnya.

Semoga bahasan kali ini bermanfaat buat kamu. Tunggu artikel berikutnya ya. Dan selamat mencoba mengeksplor lebih dalam mengenai pengaruh outbound links pada SEO. Terima kasih



Pada kategori 06 SEO & Promosi |

About Edi Susilo

Aku Edi Susilo, aku Blogger Tekno dan Fotografer Foto 360 Derajat yang tinggal Yogyakarta. Berkecimpung sebagai Blogger mulai tahun 2010 dan Fotografer Foto 360 Derajat tahun 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *