Cara Agar Blog Banyak Pengunjung

Image: canva.com

Cara Agar Blog Banyak Pengunjung Yang Datang, Ada 7 Nih

Kamu udah buat blog? Tapi nggak ada pengunjungnya? Ada tapi ya hanya hitungan jari? Masalahmu bukan di Kamu saja. Semua blogger pasti mengalami fase dimana saat awal-awal buat blog tapi belum ada pengunjungnya. Namun bagaimana kalau udah lama buat tetap saja pengunjungnya sedikit? Pada kesempatan ini kita akan bahas mengenai cara agar blog banyak pengunjung.

Tujuan membuat blog ternya tulisan yang kita buat agar dibaca orang. Beda mungkin kalau buat blog hanya sebagai arsip tulisan. Tapi dihati kecil pasti pinginnya ya banyak yang datang dan baca. Syukur kalau mau sering-sering mampir.

Masalahnya adalah nggak segampang itu mendatangkan banyak orang untuk mau membaca tulisan kita. Apalagi bagi yang baru mulai ngeblog. Butuh perjuangan lebih dan nggak sebentar.

Mungkin ada yang udah buat lama tapi masih juga belum ada pengunjungnya. Kalau yang ini berarti ada yang salah diawal nih. Untuk membantu Kamu, kali ini akau akan memberikan tips mengenai cara agar blog banyak pengunjung yang datang ke blog kita. Langsung saja berikut cara-caranya.

Baca Juga :  Apa itu SEO? Kenapa Blog Membutuhkan SEO? Jawabnya SEO Adalah ...

1. Gunakan Blog Berbasis WordPress Self Hosting

Secara umum ada 2 platform blog, yaitu Blogger (blogspot) dan WordPress. Saranku pakai yang WordPress aja ya. WordPress sendiri terbagi lagi 2, yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Pilih yang WordPress.org aja menggunakan hosting sendiri atau istilahnya WordPress Self Hosting.

Penggunaan WordPress Self Hosting akan memudahkanmu dalam manajemen konten dan juga dengan mudah melakukan apapun pada blogmu nanti. Bukanya platform Blogger nggak bagus, tapi kalau mau serius ya pakai WordPress Self Hosting aja. Seperti blogku ini.

WordPress Self Hosting buatnya susah? Nggak kok gampang banget. Semua tutorialnya lengkap sudah aku buat. Kamu bisa baca selengkapnya di artikel ini: Cara Membuat Blog WordPress Dari Nol Sampai Menghasilkan Uang. Pelajari dan ikuti tutorialnya, nanti pasti jadi.

2. Pilih Theme Yang Seringan Mungkin

Lupakan penggunaan theme blog yang aneh-aneh (ribet). Cara theme yang seringan mungkin. Kenapa? Pengunjung nggak bakal betah berlama-lama di blogmu jika dibuka aja lama. Jadi saranku cari theme yang ringan dan simpel aja.

Saat ini blog arahnya lebih difokuskan pada pengguna mobile. Jadi pastikan theme bisa dibuka melalui smartphone ya. Terus gimana tau theme itu ringan atau nggak? Caranya udah pernah aku ulas disini : https://www.edisusilo.com/langkah-4-perlengkapan-blog/.Dibaca baik-baik disitu udah ada semua.

Baca Juga :  Pengaruh Page Speed Pada SEO Dan Cara Mengeceknya

3. Gunakan Plugins Yang Bermanfaat Saja

Dilink no 2 tadi udah juga aku ulas plugins apa aja yang perlu Kamu pasang. Jangan semua plugins Kamu pasangin. Pilih yang benar-benar bermanfaat aja. Yang nggak penting tinggalkan, karena bisa mengganggu kinerja blog.

4. Buat Konten Berkualitas

Utamanya cara agar blog banyak pengunjung ya ini, buat konteng berkualitas. Instilahnya Content Is King kalau nggak salah ya hehe. Kontenlah yang akan membawa pengunjungmu datang. Fokuskan dirimu pada konten secara maksimal.

Konten yang berkualitas itu yang seperti apa? Konten yang dibutuhkan oleh pembaca dan pembaca mendapatkan solusi yang mereka cari. Caranya riset atau mencari kira-kira artikel apa yang banyak dicari.

Setelah itu buat artikel sesuai dengan kaidah perseoan (susah bahasanya ya hehe). Kamu bisa baca di langkah 5. Sapmai skor SEO jadi Good. Jadi Kamu harus bisa nulis ya (kalau nggak sanggup bisa beli).

Baca Juga :  Menyelesaikan Permasalahan Plugin Yoast SEO Agar Dapat [SEO: Good]

5. Rajin Ngepost Konten

Posting konten secara konsisten dan rutin. Jangan semau Kamu kalau pingin pengunjungnya ramai. Misal kalau bisa ya minimal sehari 1 artikel. Kalau nggak ya misal seminggu tiga kali. Kalau misal nggak bisa juga, berarti Kamu nggak niat pingin punya blog yang ramai hehe.

6. Share Konten

Artikel yang sudah publish jangan dibiarkan. Share konten ke temenmu. Bisa melalui WhatsApp, facebook, twitter, dan lainnya. Kalau perlu di DM langsung aja hehe. Ya intinya Kamu perlu promosilah.

7. Banyak-banyak Berdoa

Jangan lupa kalau sudah Kamu lakukan, jangan lupa banyak berdoa. InsyaAllah bakal mulai ada pengunjunganya. Ikhlas menjalaninya dan penting ya sabar. Kalau mau cepat ya pasang iklan di facebook ads dan Google Adword. Kalau nggak mampu ya sabar ya.

Dengan melakukan cara agar blog banyak pengunjung ini, seharusnya pengunjung sudah mulai berdatangan. Kalau nggak juga ada pengjungnya berarti Kamu harus lebih rajin lagi untuk postingan konten. Sementara sampai sini dulu ya, semoga bermanfaat dan sukses blognya.




About Edi Susilo

Aku Edi Susilo, Blogger & Fotografer Foto 360 Derajat yang saat ini tinggal di Riau. Suka ngeblog mulai tahun 2010 dan keterusan sampai sekarang dan mencoba peruntungan menjadi fotografer foto 360 derajat sejak tahun 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *