Tips Memilih Theme Wordpress

Image: canva.com

Tips Memilih Theme WordPress Yang Tepat Dan Bagus Untuk SEO

Kamu tau kenapa theme blog aku ini sangat sederhana? Theme ini merupakan hasil pertimbangan dari beberapa aspek dalam memilih theme. Pada kesempatan kali ini aku akan membagikan tips memilih theme WordPress yang tepat dan juga bagus untuk SEO.

Memilih theme untuk blog gak boleh sembarangan. Kenapa? Walaupun bukan sebagai faktor utama dalam mendatangkan pengunjung, theme memiliki andil untuk pengunjung mau balik lagi. Sebagus apapun kontenmu, jika tampilan blogmu kacau maka pengunjung akan mudah pergi.

Jadi Kamu harus bijak dalam memilih theme mana yang tepat untuk blog. Jangan asal pakai kalau pingin optimal. Tanpa banyak basa-basi, berikut tips memilih theme WordPress buat Kamu.

1. Pilih Yang Gratis Jika Tidak Sanggup Beli Yang Premium

Secara umum theme WordPress itu terbagi 2, yaitu gratis dan premium. Mana yang bagus? Ya kalau Kamu punya dana lebih, bagusan yang premium. Tapi jika tidak sanggup beli, jangan paksakan harus pakai yang premium. Salah satu cara yang sering dipakai dengan mendownload theme yang ilegal.

Baca Juga :  Menampilkan Hanya Kategori Tertentu Di Halaman Depan WordPress Nih!

Kalau aku, lebih baik pakai yang gratis. Theme resmi bawaan WordPress sudah cukup bagus dalam segi apapun. Contohnya blog ini menggunakan theme twenty eleven sebagai theme dasarnya. Kemudian aku modifikasi dengan menambahkan theme child. Kamu juga bisa memodifikasi theme bawaan, hasilnya bagus kok.

2. Harus Responsive Bisa Untuk Desktop Dan Mobile

Pastikan theme yang digunakan harus responsive, bida dibuka di desktop maupun mobile. Karena pengunjung bisa datang dari pengguna desktop maupun mobile. Banyak kok theme yang sudah responsive. Dan hampir semua theme sudah responsive sih, tinggal kita aja yang milih mana yang tepat.

3. Prioritaskan Untuk Mobile

Percaya atau tidak, pengunjung blog atau website 80% lebih berasal dari mobile. Sisanya dari desktop dan tablet. Mau tidak mau suka tidak suka, prioritas utama blog saat ini adalah pengguna mobile. Jadi pastikan theme yang akan kita gunakan, jika dibuka melalui perangkat mobile itu mudah dan bagus.

Baca Juga :  Twenty Eleven: Theme Terbaik Untuk Blog Berbasis Wordpress

4. Simpel Dan Jelas

Pengunjung datang ke blog kita gak untuk melihat theme kita. Mereka datang untuk membaca konten yang Kamu tulis. Jadi pilih theme yang simpel dan jelas saja. Pastika siapapun yang mengakses blogmu mudah dan informasi yang ditampilkan jelas.

Kerapian tata letak blog juga perlu jadi perhatian. Pengunjung blogmu adalah manusia. Mereka punya rasa dan punya hati. Kalau theme blogmu semrawut gak jelas, dengan mudahnya bakal ditinggalkan.

5. Theme Ringan

Theme ringan juga salah satu faktor penting. Umumnya dari banyak penelitian, pengunjung tidak akan mau menunggu lama hanya untuk membuka website. Website yang lama dibuka akan mudah ditinggal. Jadi pastikan theme blogmu ringan ya.

Baca Juga :  Cara Memasang Komentar Facebook Di Wordpress Dan Manfaatnya

Cara mengecek ringan dan tidaknya bisa Kamu baca di artikel ini : Langkah 4: Perlengkapan Blog. Blog ringan juga jadi salah satu nilai tambah untuk SEO lho. Jadi benar-benar jadi pertimbangan.

6. Fitur Secukupnya

Theme untuk blog gak perlu memiliki fitur aneh-aneh. Cukup mencari theme yang fiturnya yang benar-benar Kamu gunakan. Banyak fitur yang tidak terpakai bisa membebani blog.

7. Desainnya Menarik

Terakhir selain blog ringan, simpel, gratisn dan lainnya, desain theme juga harus menarik. Gak perlu berwarna-warni, tapi cukuplah jika dilihat itu enak dimata. Biasanya desain ini disesuaikan dengan kepribadian pemilik blog.

Dengan adanya tips memilih theme WordPress ini maka Kamu sudah tau dong kenapa blog ini themenya simpel? Dan perlu menerapkan tips ini pada saat memilih theme untuk blogmu. Semoga postingan kali ini bermanfaat ya, dan semoga sukses dengan blognya.




About Edi Susilo

Aku Edi Susilo, Blogger & Fotografer Foto 360 Derajat yang saat ini tinggal di Riau. Suka ngeblog mulai tahun 2010 dan keterusan sampai sekarang dan mencoba peruntungan menjadi fotografer foto 360 derajat sejak tahun 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *