Cara Memblokir Backlink Spam Atau Negatif Dengan Disavow Links

Image: canva.com

Cara Memblokir Backlink Spam Atau Negatif Dengan Disavow Links

Kalau mendengar kata backlink, bagi para blogger pasti sudah tau. Backlink merupakan link yang diberikan atau dipasang di sebuah web yang mengarah ke web kita. Aku udah pernah juga menulisakan ini pada artikel Pengaruh Outbound Links Pada SEO Dan Apakah Jadi Backlink Gratis?. Tapi tidak semua backlink itu bagus, maka pada artikel ini aku akan memberikan panduan cara memblokir backlink spam atau negatif.

Nggak semua backlink yang mengarah ke blog kita akan berdampak positig terhadap SEO web kita. Ada backlink yang masuk kategori spam atau negatif yang bisa mempengaruhi blog kita. Hal ini bisa mengganggu penilaian positif blog kita dimata search engine.

Seperti apa backlink yang negatif itu? Backlink yang diberikan dari website yang memiliki tingkat spam score tinggi. Jadi ya mau nggak mau kita harus memblokir backlink tersebut untuk diabaikan pada penilaian peringkat di search engine.

Baca Juga :  Menyelesaikan Permasalahan Plugin Yoast SEO Agar Dapat [SEO: Good]

Cara mengecek spam scoro backlink pada blog kita, mudah sekali. Kamu hanya perlu mengunjungi link berikut ini dan masukkan alamat blog Kamu. Nanti dibawah akan ada info website yang memberikan backlink dan informasi spam score website tersebut.

Spam score yang masih dibolehkan kalau aku 10%, bisa maksimal 20% jika memang DA website tersebut tinggi. Apa itu DA? Kamu bisa baca pada artikel ini Apa Itu DA Dan PA?. Disitu udah aku bahas lengkap. Lalu bagaimana cara memblokir backlink spam atau negatif?

1. Buat Daftar Backlink Di Blokir

Pertama yang harus Kamu siapkan adalah buka aplikasi Notepad yang ada dikomputermu. Kemudian masukkan daftar domain (tanpa www) yang akan Kamu blokir yang didapat di website Moz tadi pada NotePad, seperti dibawah ini.

Baca Juga :  Pengaruh Outbound Links Pada SEO Dan Apakah Jadi Backlink Gratis?

# ask for link removal but got no response
domain:namadomain1.com
domain:namadomain2.net
domain:namadomain3.info
domain:namadomain4.xyz
domain:namadomain5.org

Jumlah domain bebas terserah Kamu. Pastikan domain yang mau diblokir benar-benar yang negatif. Jangan sampai salah memblokir backlink yang berkualitas. Bisa mempengaruhi SEO nantinya. Jika sudah lalu simpan dengan format txt, contohnya: “file-hapus-edisusilocom.txt“.

2. Masuk Ke Disavow links

Untuk memblokir backlink, Kamu perlu masuk ke klik link ini. Kemudian pilih website yang akan diblokir backlinknya. Lalu klik tombol Disavow Link.

Cara Memblokir Backlink Spam Atau Negatif

google.com

Kemudian akan muncul tampilan yang memberikan informasi seperti dibawah ini, kemudian klik tombol Disavow Links yang ada dibawahnya.

Baca Juga :  Pengaruh Page Speed Pada SEO Dan Cara Mengeceknya

Disavow Links

This is an advanced feature …………….. If used incorrectly, ………………. We recommend …………………… issues for you.

3. Upload File Daftar Backlink

Pada langkah 1 kita tadi sudah menyiapkan file daftar backlink yang akan di blokir. Sekarang Kamu tinggal upload file tersebut. Klik tombolĀ Chooce File kemudian cara file yang diawal tadi.

Cara Memblokir Backlink Spam Atau Negatif

google.com

Setelah file diupload sekarang Kamu hanya perlu mengklik tombolĀ Submit. Dan selesailan tahapan cara memblokir backlink spam atau negatif. Semoga bermanfaat dan bisa menikatkan SEO ya.




About Edi Susilo

Aku Edi Susilo, Blogger & Fotografer Foto 360 Derajat yang saat ini tinggal di Riau. Suka ngeblog mulai tahun 2010 dan keterusan sampai sekarang dan mencoba peruntungan menjadi fotografer foto 360 derajat sejak tahun 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *