Memasang Komentar Facebook

Image: pixabay.com

Cara Memasang Komentar Facebook Di WordPress Dan Manfaatnya

Belum lama ini aku merubah form komentar pada blogku ini dengan kolom komentar facebook. Sebenarnya udah kepingin lama mau ngganti dengan komentar facebook ini, namun kemarin-kemarin ada sedikit kendala yang memaksa untuk menunda melakukannya. Dan sekarang kolom komentar setiap postingan pada blog ini udah berganti dengan kolom komentar facebook. Mau tau gimana cara memasang komentar facebook di WordPress dan apasih manfaatnya? Jangan bosan dan baca terus sampai habis ya.

Kolom komentar facebook yang aku buat ini tanpa plugin. Proses pemasangannya pun sangat mudah. Tinggal utak-atik sedikit di script theme dan langsung muncul deh kolom komentarnya. Sebelum lebih jauh bagai sih cara pasangnya, tentu akan kita bahas dulu kenapa kok dirubah jadi kolom komentar facebook.

Berikut alasan kenapa aku menggunakan kolom komentar facebook:

1. Facebook Merupakan Media Sosial Terbesar

Udah kita ketahui bersama bahwa facebook merupakan media sosial terbesar. Banyak orang yang menggunakan media sosial ini. Mungkin hampir semua pengguna internet punya akun facebook, baik itu digunakan secara aktif atau tidak. Dan bisa dipastikan bahwa biasanya orang yang searching di internet biasanya membukaa akun facebook mereka. Dan ini bisa jadi keuntungan dong buat kita.

2. Bebas Komentar Spam

Bukan rahasia lagi bahwa banyak orang yang memanfaatkan kolom komentar untuk menyebarkan spam. Biasanya buat dapatin backlink gratis. Sebenanya kalau komentarnya biasa aja atau normalnya berkomentar sih nggak masalah ya. Yang bikin males itu komentarnya terkesan maksa dan bahkan komentar yang tulis juga nggak jelas banyak link-linknya juga.

Baca Juga :  Langkah 3: Pengaturan Blog Baru WordPress [Khusus Untuk Pemula]

Dengan menggunakan kolom komentar facebook, tentunya hal ini bisa dihindari. Misal kalau mau komentar ya monggo kan pakai akun facebook. Dan juga bisa memperingan kerja website sendiri. Kalau sebelumnya kita pakai plugin untuk mengatasi spam, maka sekarang nggak perlu lagi.

3. Memudahkan Pengunjung Untuk Share Postingan Kita

Kolom komentar facebook ini ada manfaat lainnya, yaitu komentar pengunjung bisa otomatis di share ke akun facebook mereka. Caranya dengan mengklik centang pada Kirim juga ke Facebook. Kalau udah dishare ke akun facebook tentu bisa mendatangkan pengunjung lain yang tertarik untuk membaca postingan kita.

4. Lebih Simpel

Bagi Kamu yang biasanya akun facebooknya udah login otomatis, maka memberikan komentar pada kolom komentar mudah banget. Tanpa riber memasukkan nama, email, dan website. Kamu bisa langsung memasukkan komentar dan langsung klik kirim. Secara proses tentu lebih simpe dari kolom komentar bawaan.

Itu aja sih alasan kenapa aku menggunakan kolom komentar facebook. Jika Kamu tertarik juga memasang komentar facebook di WordPress, Kamu bisa ikutin cara yang bakalan aku share disini. Sebenarnya menggunakan plugin bisa aja dan banyak juga pluginnya. Namun aku sendiri agak menghindari banyak menginstall plugin supaya blogku ini nggak berat.

Baca Juga :  Pixabay: Penyedia Gambar Gratis Untuk Blog Yang Lengkap Banget!

Berikut cara memasang komentar facebook di WordPress:

1. Masuk Ke Website Facebook For Developers

Cara pertama Kamu bisa langsung mengunjungi website Facebook For Developer disini. Disitu banyak plugin facebook yang bisa Kamu pasang di blog basis WordPress. Namun karena fokusnya pada komentar facebook, maka kita langsung masuk saja ke plugin komentar.

2. Isi Form Pada Generator Kode Plugin Komentar

Pada Generator Kode Plugin Komentar ada 3 form isian, yaitu: URL untuk mengomentari, Lebar dan Jumlah Kiriman. Untuk URL untuk mengomentari Kamu biarkan saja karena nanti akan kita ganti saat sudah ada kodenya. Untuk lebar Kamu bebas nentui sesuai yang Kamu mau. Kamu juga bisa abaikan saja jika ingin lebarnya menyesuaikan dengan blogmu. Untuk Jumlah Kiriman ini merukana jumlah komentar yang ditampilkan sekaligus. Kamu bisa isi bebas sesuka hatimu. Setelah itu klik tombol dibaawah Dapatkan Kode.

3. Copy Kode Pada Step 2 Dan Step 3 Di Notepad

Setelah di klik tombol Dapatkan Kode maka akan tertampil kode yang bisa kita pasang ke blog. Namun sebelum kita pasang langsung, copy kode pada step 2 dan step 3 ke notepad terlebih dahulu. Kita ada mengganti sedikit kode asli pada step 3 yang ada didalamnya agar sesuai dengan setiap postingan.

Baca Juga :  Langkah 1: Memulai Blog Baru WordPress [Khusus Untuk Pemula]

Kode Asli Step 3:

<div class=”fb-comments” data-href=”https://www.edisusilo.com/” data-numposts=”5″></div>

Pada url yang bercetak tebal diatas kemudian diganti dengan <?php the_permalink();?> agar setiap postingan isi komentarnya tidak samaan.

Kode setalah uralnya diganti:

<div class=”fb-comments” data-href=”<?php the_permalink();?>” data-numposts=”5″></div>

4. Langsung Masukkan Pada Theme

Kamu masuk ke Appearance > Editor > content-single.php. Cari kode </article>> dan letakkan kode pada step 2 dan step 3 yang sudah kita ganti urlnya diatas kode </article>>. Jangan lupa klik tombol Update File atau Save. Kolom komentar facebookmu sudah tertampil dipostingan.

5. Hapus ini file dari comments.php

Setelah kolom tampil masih ada masalah lagi yaitu kolom komentar bawaan masih tanpil juga yang berarti ada du kolom komentar. Untuk menghilangkan kolom komentar bawaan Kamu bisa menonaktifkan di masing-masing postingan. Tapi kalau nggak mau ribet lagi, Kamu tinggal hapus isi file dari comments.php. Dan kolom komentar facebook akan tampil sendiri dan sudah siap digunakan.

Itu ajasih cara memasang komentar facebook di WordPress. Gampangkan? Kamu sekarang udah punya kolom komentar dari facebook. Ok itu aja postingan kali ini dan semoga informasinya bermanfaat buat Kamu. Tunggu tutorial blog berikutnya ya dan jangan lupa komentar dibawah kalau ada pertanyaan atau mungkin ada saran.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *