Menampilkan Hanya Kategori Tertentu Di Halaman Depan WordPress

Image: pixabay.com

Menampilkan Hanya Kategori Tertentu Di Halaman Depan WordPress Nih!

Menampilkan hanya kategori tertentu di halaman depan WordPress bisa dibilang hal penting juga bisa dibilang bukan hal penting. Kenapa penting? Sebenarnya cara kali ini aku terapin di blogku ini. Dulunya artikel yang aku posting macem-macem tanpa fokus satu niche, tapi sekarang aku hanya ingin fokus saja pada niche teknologi. Agar terlihat rapi, maka perlu adanya pengaturan untuk Menampilkan hanya kategori tertentu di halaman depan.

Cara ini bisa Kamu gunakan juga untuk diterapkan diblogmu. Agar hanya kategori yang kita tentukan saja yang ditampilkan dihalaman depan. Blog jadi terlihat rapi, walau kita sedang posting artikel yang diluat niche. Biasanya yang diluar niche ini bisa permintaan dari klien.

Susah nggak sih cara menampilkan kategori khusus di halaman depan? Nggak dong. Aku selalu berusaha memberikan tutorial yang mudah dilakukan oleh Kamu. Cukup dilakukan perubahan kecil akan berdampak besar pada blogmu hehe.
Langsung aja ya tanpa basa-basi, berikut tutorialnya.

Baca Juga :  Cara Membuat Related Post Di Tengah Postingan Secara Otomatis

1. Persiapkan Kategori Yang Dipilih.

Awal yang perlu Kamu lakukan adalah menentukan kategori mana yang akan Kamu tampilkan. Caranya buka menu pada bagaian Post > Categories pada Dasboard. Disitu akan jelas ditampilkan semua kategori yang ada diblogmu.

Klik kanan pada nama kategori yang Kamu pilih, kemudian klik salin alamat link atau copy url dari nama kategori. Paste hasil copy ke notepad atau word juga bisa. Hasilnya akan seperti ini.

https://www.edisusilo.com/wp-admin/term.php?taxonomy=category&tag_ID=322&post_type=post&wp_http_referer=%2Fwp-admin%2Fedit-tags.php%3Ftaxonomy%3Dcategory

Yang perlu diambil dari urlnya adalah kode tag_ID seperti yang bercetak tebal diatas. Simpan kode tersebut untuk digunakan pada pengaturan selanjutnya. Lakukan hal yang sama jika Kamu menginginkan menampilkan beberapa kategori. Jangan lupa kode tag_ID disimpan.

Baca Juga :  Cara Pasang Iklan Adsense Di WordPress Pakai Plugin Quick Adsense

2. Masuk Ke Editor

Cara selanjutnya masuk ke menu Appearance > Editor pada Dasboard. Kemudian cari file  index.php. Buka file tersebut dan akan muncul kode yang ada didalamnya. Carai kode seperti dibawah ini.

<div id=”content” role=”main”>

Copy paste kode dibawah ini persis dibawah kode diatas. Akan ada beberapa yang perlu Kammu rubah dari kode dibawah ini.

<?php query_posts(‘cat=322,339′ . ‘&showposts=5‘.’&paged=’.$paged); ?>

Angka 322,339 ganti dengan tag_ID yang sudah Kamu dapatkan dari cara diatas tadi. Boleh hanya satu tag_ID atau lebih. Pisahkan antara kode kategori dengan tanda koma (,). Sedangkan angka 5 itu jumlah post yang ditampilkan dihalaman depan. Kamu bebas mengeditnya mau isi berapa. Jangan lupa di klik tombol Upadate File.

Baca Juga :  Twenty Eleven: Theme Terbaik Untuk Blog Berbasis Wordpress

Sekarang hasilnya dari menampilkan hanya kategori tertentu di halaman depan WordPress sudah bisa Kamu nikmati. Post selain kategori yang Kamu tentukan akan hilang dari halaman depan, berganti dengan post pada kategori khusus. Mudah bukan caranya?

Cara menampilkan hanya kategori tertentu di halaman depan WordPress ini sangat berguna buatku. Karena mau fokus pada niche teknologi, dengan cara ini pada halaman depat hanya akan tampil postingan pada kategori teknologi saja. Tapi tenang, artikel selain kategori tersebut tetap bisa tampil tapi tidak dihalaman depan. Semoga tutorial kali ini bermanfaat, selamat mencoba dan semoga berhasil.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *