Cara Upload WordPress Ke Hosting

Image: canva.com

Cara Upload WordPress Ke Hosting Lengkap Sampai Bisa Di Akses

Beberapa waktu lalu aku udah pernah menuliskan tentang cara install WordPress di localhost. Bagi Kamu yang sudah mengikuti dan mempersiapkan blogmu secara offline, sudah tiba saatnya diupload di hosting. Untuk memudahkanmu, pada kali ini aku akan memberikan panduan mengenai cara upload WordPress ke hosting.

Untuk mengupload dan melakukan pengaturan di hosting sangat mudah. Nggak ribet asal mau mengikuti panduan. Tanpa banyak basa-basi, berikut panduan cara upload WordPress ke hosting lengkap sampai bisa di akses.

1. Pastikan Kamu Sudah Melakukan Sewa Hosting

Cara sewa hosting pernah aku bahas pada langkah 2. Khusus pada poin 3, aplikasi web jangan di centang di Intallasi Otomatis (Web Apps). Kenapa jangan di centang? Centang disitu berguna untuk hosting langsung menginstall WordPress didalamnya. Sedangkan saat ini kita sduah punya file WordPress offline, jadi tidak perlu di install lagi.

2. Backup Database Dahulu

Cara backup database mudah sekali. Pertama buka browser lalu ketikkan http://localhost/phpmyadmin/ atau http://127.0.1.1/phpmyadmin/. Jika sudah maka akan muncul halaman phpMyAdmin. Kemudian pilih database blog WordPress mu di pilihan sebelah kiri.

Jika database sudah dipilih akan muncul tampilan 12 tabel atau bisa lebih. Pada bagian atas, klik tombol Export. Cari bagian format, lalu pilih SQL dan kemudian klik tombol Go. Simpan database Kamu bebas diaman aja asal ingat, dan pastikan formatnya *.sql.

Baca Juga :  10 Tips Memilih Hosting Agar Optimal Dan Hemat Biaya
Cara Upload WordPress Ke Hosting

edisusilo.com

3. Backup Data Blog Dan Dibuat Ke Format ZIP

Silahkan masuk ke folder htdocs dimana data blog Kamu, tempatnya di C:\xampp\htdocs\folder_blogmu. Setelah itu, blok semua file dengan mouse atau dengan keyboard. Mudahnya klik tombol Ctrl + A, nanti semua akan terpilih. Kemudian buat ke format ZIP. ZIP nya bebas pakai Winrar atau 7-Zip. Sekarang filemu sudah siap di upload.

4. Buat Nama Database Di Hosting

Langkah ke 3 adalah masuk ke hosting dan buat nama database. Untuk cara masuk ke hosting atau cpanel, ada artikel langkah 2 pada poin 1 diatas. Langsung saja, cara menu MySQL® Databases dan klik linknya. Buat database lebih dulu dibagian Create New Database seperti dibawah ini.

Cara Upload WordPress Ke Hosting

edisusilo.com

Masukkan nama database dan jangan lupa klik tombol Create Database. Nanti database akan dibuat secara otomatis. Kemudian buat user di bagian MySQL Users. Form nya seperti dibawah ini.

Cara Upload WordPress Ke Hosting

edisusilo.com

Masukkan Username (isi bebas), Masukkan Password dan PassWord (Again) lalu kemudian klik tombol Create User. Untuk Password harap diingat, karena nanti akan berguna lagi. Kita sambungkan database dengan user yang sudah dibuat tadi. Cari form seperti dibawah ini.

Cara Upload WordPress Ke Hosting

edisusilo.com

Pada bagian User, pilih user yang kita buat tadi. Pada bagian Database, pilih juga database yang kita buat tadi. Kemudian klik tombol Add. Akan muncul halaman yang banyak centang-centangnya. kamu hanya perlu mencentang pada ALL PRIVILEGES dibagaian atas. Kemudian klil tombol Make Changes dibawah.

Baca Juga :  5 Hal Yang Perlu Kamu Pertimbangkan Saat Memilih Hosting WordPress

Sekarang proses pembuatan database sudah selesai. Jangan lupa catas nama database, nama user dan password. Ini begruna untuk pengaturan lanjutan nanti. Dan jangan diberitahu ke orang lain.

5. Upload Database Kamu Tadi

Kalau Tadi pilih MySQL® Databases, kalu sekarag masuk ke phpMyAdmin. Caranya mirip poin 2 diatas, kalau sekarang pilih Import. Kemudian pilih file database yang sudah kamu simpan tadi dan klil tombol Go.

Setelah itu buka tabel option di database mu. Klik edit pada baris siteurl, lalu pada form option_value ganti http://localhost/wordpress/ menjadi domainmu yang sudah terkoneksi di hosting, contonya “https://www.edisusilo.com”. Lalu klik tombol Go dibawah. Lakukan hal yang sama pada baris home.

Baca Juga :  Langkah 2: Membuat Blog Baru WordPress [Khusus Untuk Pemula]

6. Upload File Blog Ke Hosting

Kembali ke beranda Cpanel. Carai yang namanya File Manager dan di klik. Silahkan Upload file yang sudah di buat ZIP tadi. Dan di Extract. Pastikan diupload dalam folder public_html. Cara ini mudah banget kok gak susah.

7. Setting Konfigurasi WordPress

Jika sudah Kamu Upload dan Extract maka akan muncul file yang sama persis di localhost tadi. Sekarang cari file wp-config.php dan klik kanan pad file tersebut lalu pilih Edit. Cari kode berikut ini dan ubah sesuai dengan data dari pembuat database tadi. Setelah itu klik tombol Save Changes.

define(‘DB_NAME’, ‘isi_nama_database_yang_dibuat_tadi‘);

/** MySQL database username */
define(‘DB_USER’, ‘isi_nama_user_yang_dibuat_tadi‘);

/** MySQL database password */
define(‘DB_PASSWORD’, ‘isi_password_user_yang_dibuat_tadi‘);

Sampai sini seharusnya blogmu sudah bisa dibuka. Cukup panjang juga ya panduan cara upload WordPress ke hosting kali ini. Tapi sebenarnya gak lama prosesnya. Setelah ini kamu sudah bisa login ke blogmu, caranya disini.

Jika sampai cara ini selesai nggak berhasil, silahkan komentar dibawah. InsyaAllah bisa kita bantu nanti. Cukup sekian ya cara upload WordPress ke hosting kali ini. Semoga berhasil dan tunggu artikel-artikel berikutnya.




About Edi Susilo

Aku Edi Susilo, Blogger & Fotografer Foto 360 Derajat yang saat ini tinggal di Riau. Suka ngeblog mulai tahun 2010 dan keterusan sampai sekarang dan mencoba peruntungan menjadi fotografer foto 360 derajat sejak tahun 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *