Memilih Hosting WordPress

Image: pixabay.com

5 Hal Yang Perlu Kamu Pertimbangkan Saat Memilih Hosting WordPress

Kalau aku sebelumnya pernah membahas mengenai domain, kesempatan ini akau akan membahas perihal pertimbangan apa saja saat kita memilih hosting WordPress. Karena hal ini sangat penting bagi kelancaran akses blog kita.

Kita tidak boleh sembarangan saat memilih hosting WordPress. Kenapa? Biasanya kalau trafik pengunjung masih sedikit, apapun hostingnya masih lancar. Namun saat pengunjung mulai banyak, baru bisa kita ketahui bahwa hosting memiliki peran penting terhadap kesuksesan blog kita.

Seperti yang udah aku jelaskan diatas, pada kesempatan ini aku akan share sedikit pengalamanku. Beberapa poin yang aku jelaskan nanti merupakan hal pokok yang biasa aku lakukan. Dan Kamu bisa mengikutinya jika Mau. Nih berikut 5 hal yang perlu Kamu pertimbangkan saat memilih hosting WordPress.

1. Temukan Penyedia Hosting Terpercaya

Memilih penyedia hosting gampang-gampang susah. Banyak diluaran sana hosting bertebaran, maka dari itu kita harus cermat dimana data kita akan taruh. Untuk mengetahui mana yang terpercaya maka ada usaha lebih untuk melakukannya.

Baca Juga :  Menyelesaikan Permasalahan Plugin Yoast SEO agar dapat [SEO: Good]

Aku biasanya mencari dulu di Google berbagai penyedia hosting. Kamudian aku cari testimonis yang pernah menggunakan. Biasanya banyak tuh di kaskus atau di web lain. Cara ini biasanya efektif kalau buat aku.

2. Harga

Biasanya penyedia hosting menawarkan produk mereka dengan harga tertentu. Ada paket 1, paket 2, paket 3 dan seterusnya. Kalau aku biasanya lihat harganya dulu kira-kira masuk dikantong nggak nih harga paket-paketannya. Kalau misal kemahalan ya cari tempat lain. kalau harga masih masuk di kantong, kemudian dilanjutkan dengan cara 3.

3. Spesifikasi Hosting

Masing-masing paket yang ditawarkan penyedia hosting biasanya memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Yang menjadi pertimbangan biasanya mengenai CPU (Core), RAM (MB)dan Space. Karena hal ini nantinya berpengaruh jika trafik pengunjung blog banyak dan juga terhadap jumlah data kita.

Baca Juga :  Auto Ads: Cara Ampuh Meningkatkan Pendapatan Adsense Di WordPress

Namun beberapa penyedia hosting ada yang tidak menampilkan spesifikasi ini. Umumnya yang menampilkan spesifikasi ini yang sudah menerapkan sistem cloud atau menggunakan SSD. Kalau saat ini aku pasti nyari yang detail spesifikasinya ditampilkan.

4. Fitur Yang Ditawarkan

Selanjutnya kau biasanya melihat fitur-fitur tambahan yang ditawarkan, seperti CloudFlare. Karena menurutku CloudFlare ini penting terutama yang menggunakan shared hosting. Besok deh kapan-kapan aku akan bahas mengenai CloudFlare.

Selain itu juga fitur seperti Lets Encrypt Free SSL dan fitur keamanan lainnya. Karena pastinya kita ingin data yang kita simpan aman. Maka fitur-fitur semacam ini perlu ada. Kamu boleh nih pertimbangkan hal ini.

5. Siklus Pemakaian Hosting

Jadi biasanya kau jarang pesan hosting dalam waktu jangka lama, misal 1 tahun. Kenapa? Hal ini untuk mengantisipasi jika ada masalah pada hosting. Jika kita merasa kecewa, maka kita bisa pindah hosting dengan mudah dan nggak rugi-rugi banget. Selain itu juga kalau beli bulanan atau dalam beberapa bulan, uang yang kita keluarkan tidak terlalu banyak hehe.

Baca Juga :  Kenapa Kamu Harus Punya Blog? Nih 5 Alasannya!

Kalau Kamu mau ikut caraku, pertimbangkan juga untuk mengecek apakah penyedia hosting penyediakan opsi bayar bulanan atau beberapa bulan. Kalau semua cara hal ini sudah Kamu lakukan dan cocok, boleh deh langsung pesan hosting sesuai dengan yang kamu inginkan.

Jika memilih hosting WordPress yang pas sudah dilakukan, maka sebaiknya segera eksekusi ketahap selanjutnya. Jika Kamu masih kesulitan dalam memahami WordPress, Kamu bisa mengikuti tata cara membuat blog di WordPress di websitenya hostinger. Semua cara-caranya lengkap banget dan pastinya bisa membantu Kamu mengenal lebih jauh mengenai WordPress. Ya itu ajaih yang bisa aku share kali ini, semoga bermanfaat ya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *