Tips Memilih Hosting Agar Optimal Dan Hemat Biaya

Image: canva.com

10 Tips Memilih Hosting Agar Optimal Dan Hemat Biaya

Memilih hosting gampang-gampang susah. Kalau hanya untuk menampilkan awalnya website saja sebenarnya gak ada masalah. Akan jadi masalah jika pengunjung mulai banyak. Pada kesempatan kali ini aku akan memberikan tips memilih hosting agar optimal dan hemat biaya.

Aku beberapa kali menemukan keluhan dari teman saat beli hosting. Biayanya mahal dan sebagaimanya. Sebenarnya murah bagi yang sudah biasa. Ya baru buat blog tapi beli hosting yang 500 setahun, ta pasti mahal. Langsung saja berikut panduan tips memilih hosting buat Kamu.

1. Cari Hosting Yang Pakai SSD

Sekarang sudah jamannya SSD. Maka dari itu, cari hosting yang infratruktur penyimpanannya sudah SSD. Biasanya kalau sudah SSD itu ditulis kok di websitenya.

2. Ada Informasi Seputar Detail Paket Hostingnya

Paket hosting yang ditawarkan sebisa mungkin ditampilkan detailnya. Seperti CPU dan RAM minimal sih kalau aku. Informasi ini untuk membandingan dari satu penyedia hosting dengan penyedia hosting lainnya. Kalu bisa cari yang Bandwidth tanpa batas.

Baca Juga :  Hostinger: Web Hosting Indonesia Terbaik Yang Pas Buat Blogger Pemula

3. Cari Yang Sudah Punya Nama

Mempercayakan data kita ke perusahaan hosting haruslah benar-benar terpercaya. Cari penyedia hosting yang sudah punya nama. Jangan pertaruhkan data hanya karena tergiur tawaran paket yang lumayan bagus.

4. Cari Yang Service Bagus

Cari yang servicenya bagus. Karena kita tidak akan lepas dari yang namanya komplain jika ada masalah dengan blog kita. Ciri-ciri yang bagus biasanya menyediakan fitur chat dan membalasnya tidak lama.

5. Metode Pembayarannya Mudah

Penyedia hosting yang bagus biasanya memiliki metode pembayaran yang komplit. Pastikan metode yang akan Kamu gunakan ada disitu. Ya minimal bisa transfer sesama rekenening bank.

6. Cari Hosting Yang Bisa Layanan Cloudflare

Cari penyedia hosting yang ada layanan Cloudflare. Ya walaupun hampir semua hosting ada. Pastikan penyedia hotsing yang Kamu pilih menyediakan layanan ini. Nanti deh suatu saat aku bahas mengenai Cloudflare ini.

Baca Juga :  7 Tips Memilih Hosting Terbaik Untuk Wordpress Yang Tepat

7. Beli Paket Hosting Yang Paling Murah

Jika blogmu masih baru, jangan terlalu memikirkan spesifikasi hostingmu yang harus gahar. Beli aja yang paling murah dulu. Karena blog baru belum punya pengunjung yang banyak. Sayang uangnya, kan bisa hemat dulu.

8. Beli Paket Hosting Per 1 Bulan Atau 3 Bulan Saja

Gak pelru beli langsung 1 tahun. Beli perbulan atau 3 bulan dulu. Selain lebih murah, biasanya 1 bulan hanya 10 ribu atau per 3 bulan gak sampai 30 ribu. Selain murah, ini juga untuk coba hosting dulu, apakah bagus atau tidak. Kalau nggak bagus ya tinggal pindah hosting aja.

9. Perpanjang Atau Naikkan Paket Hosting Jika Sudah Perlu

Baca Juga :  Langkah 2: Membuat Blog Baru WordPress [Khusus Untuk Pemula]

Jika pengunjung sudah mulai banyak, baru mulai upgrade paket 1 tingkat diatas yang paling murah. Begitu seterusnya menyesuaikan dengan banyaknya pengunjung. Dan perpanjang jika memang hostingnya tidak banyak masalah berarti.

10.Space Data Jadi Faktor Terakhir

Space data atau kapasistas penyimpanan itu jadikan faktor terakhir jika blogmu hanya berisi tulisan dan gambar. Biasanya untuk blog baru WordPress hanya butuh 60 Mb saja. Dan paket hosting paling murha biasanya ada yang dikasih space 300 Mb.

itu aja sih 10 tips memilih hosting agar optimal dan hemat biaya. Kalau tips ini Kamu terapkan, pembelian hostingan awal blog paling hanya 20 ribuan saja. Murah bukan?

Kalau mau ada paket hosting yang cukup bagus dan aku pakai, Kamu bisa ikuti atau baca panduan hostingnya disini. Semoga artikel ini bermanfaat ya Buat Kamu. Semoga sukses ngeblognya.




About Edi Susilo

Aku Edi Susilo, Blogger & Fotografer Foto 360 Derajat yang saat ini tinggal di Riau. Suka ngeblog mulai tahun 2010 dan keterusan sampai sekarang dan mencoba peruntungan menjadi fotografer foto 360 derajat sejak tahun 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *