Tips Memilih Hosting Terbaik Untuk Wordpress

Image: canva.com

7 Tips Memilih Hosting Terbaik Untuk WordPress Yang Tepat

Memilih hosting untuk web sudah pernah saya tuliskan di blog ini, bisa dibaca disini. Namun tidak semua paket hosting cocok untuk blog WordPress terutama jika memiliki banyak pengunjung. Oleh sebab itu perlu adanya pertimbangan dalam memilih hosting terbaik untuk WordPress.

Fokus pada website yang menggunakan CMS WordPress bukan lagi soal hak teknis pembuatan webnya, namun akan fokus pada konten. Konten yang bagus juga perlu didukung dengan fasilitas yang memadai, seperti hosting. Jangan sampai konten sudah bagus, pengunjung sudah banyak tapi blog sulit dan lama dibuka karena hosting yang kurang optimal.

Untuk membantu Kamu dalam memilih hosting terbaik untuk WordPress, maka kau akan bagikan pengalamanku salama ini. Berikut tips memilih hosting yang biasa jadi bahan pertimbanganku.

1. Hosting Sudah Pakai SSD

Hardware penyimpanan itu ada namanya HDD atau harddisk. Yang masih pakai piringan didalamnya dan kecepatannya terbatas. Sekarang ada namanya SSD (solid-state drive) yang punya kecepatan jauh diatas hardisk. Agar load data blog cepat, maka pertimbangan memilih media penyimpanannya. Yang aku sarankan, pilih hosting yang sudah pakai SSD.

Baca Juga :  Hostinger: Web Hosting Indonesia Terbaik Yang Pas Buat Blogger Pemula

2. Free SSL

Ada yang namanya HTTP dan HTTPS. Kalau dulu blog sudah cukup pakai HTTP saja, sekarang paling tidak harus menggunakan HTTPS. Agar bisa HTTPS perlu yang namanya sertifikat SSL. Sertifikat SSL ini ada yang berbayar dan ada yang gratis. Kalau belum mampu beli SSL yang berbayar, carai hosting yang sudah menyediakan SSL gratis.

3. Adanya WordPress Accelerator

Kecepatan load data blog itu sangat penting. Selain membuat nyaman pengunjung, juga berguna sebagai petimbangan SEO. Maka dari itu unsur pembantu dalam meningkatkan kecepatan blog perlu ada disebuah hosting. Yang umum digunakan adalah WordPress Accelerator. Sebisa mungkin hosting untuk blog WordPressmu sudah ada fitur ini.

Baca Juga :  Langkah 2: Membuat Blog Baru WordPress [Khusus Untuk Pemula]

4. Security Tingkat Tinggi

Kemanaan sebuah blog sangat penting. Jangan sampai blog yang sudah kita bangun susah payah tergantung masalah kemanan. Keamanan gak hanya di siste blognya saja, disisi server atau hosting juga perlu. Maka dari itu pertimbangan hosting yang mau anda sewa, apakah memiliki sistem keamanan yang baik atau tidak.

5. Backup Data

Data blog itu adalah harta kita. Terkadang ada saja gangguan pada diblog kita. Untuk mengamankan data blog selain malasah security, backup data juga diperlukan. Untuk mengantisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Cek penyedia hostingmu, apakah ada fitur backup data atau tidak. Kalau bisa backup harian.

6. Cloudflare

Cloudflare merupakan sebuah CDN (Content Delivery Network). Berguna untuk memfilter trafik ke blog kita. Ini berguna untuk mengatasi serangan DDoS. Ini sudah fitur wajib yang harus ada di hosting. Tapi rata-rata setiap hosting sudah memiliki fitur atau sduah bekerjasama dengan Cloudflare.

Baca Juga :  5 Hal Yang Perlu Kamu Pertimbangkan Saat Memilih Hosting WordPress

7. Brand Atau Nama Besar

Brand atau nama besar penyedia hosting juga jadi hal yang paling dipertimbangan. Karena menyangkut data kita yang disimpan di server mereka. Jadi pilih penyedia hosting yang benar-benar berpengalamand dan punya nama.

Ada satu penyedia hosting WordPress yang masuk kriteria diatas, yaitu Niagahoster. Mereka menyediakan paket khusus untuk blog wordpress hosting indonesia. Kamu bisa menggunakan jasa hosting dari Niagahoster ini.

7 tips memilih hosting terbaik untuk WordPress ini biasanya yang saya gunakan untuk memilih hosting.
Karena WordPress ini memang butuh hosting khusus. Tidak harus paket hosting khusus WordPress memang, namun biasanya akan lebih mahal. Jadi sebelum menyewa hosting, perhatikan tips-tips diatas ya.




About Edi Susilo

Aku Edi Susilo, Blogger & Fotografer Foto 360 Derajat yang saat ini tinggal di Riau. Suka ngeblog mulai tahun 2010 dan keterusan sampai sekarang dan mencoba peruntungan menjadi fotografer foto 360 derajat sejak tahun 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *