Buat Blog Di Wordpress Self Hosting

Image: wordpress.org

Kenapa Aku Buat Blog Di WordPress Self Hosting? Nih 7 Alasannya!

Secara umum platform blog itu ada dua yang paling banyak dikenal, yaitu wordpress dan blogger. Keduanya tentu memiliki kelebihan masing-masing. Untuk blog ini aku sendiri menggunakan wordpress. Kenapa aku buat blog di wordpress self hosting? Jawaban paling utama adalah aku suka sistem yang dimiliki wordpress.

Oh iya sebelumnya aku akan berikan sedikit penjelasan. Jadi secara umum blog wordpress dan blogger itu Non Hosted atau tidak menggunakan hosting sendiri. Hosting dan domain sudah disediakan tentunya dengan keterbatasan dan terdapat embel-embel wordpress dan blogspot kalau diblogger.

Yang istimewanya wordpress memiliki kelebihan yaitu menyediakan CMS (Content Management System) yang bisa digunakan dengan hosting sendiri atau self hosting. Pada blog saya ini edisusilo.com menggunakan wordpress self hosting sesuai judulnya.

Berikut 7 alasan kenapa aku buat blog di wordpress self hosting:

1. Gratis

Pertama dan utama kenapa menggunakan wordpress adalah gratis. Tapi hosting dan domain bayar? Maksudnya disini adalah CMS wordpressnya yang gratis. Sesuai apa yang ada diwebsitenya wordpress “We like to say that WordPress is both free and priceless at the same time”.

Aku sendiri nggak perlu biaya lagi untuk mendapatkan CMS yang powerfull ini. Nggak perlu beli atau mungkin dibuatkan programmer. Walaupun beberapa kelengkapannya seperti plugin dan themes ada yang bayar, tetapi masih banyak yang gratisnya.

Karena gratisnya ini jadi banyak yang pakai mulai dari blog personal sampai corporate bahkan web berita juga pakai nih CMS. Alasannya ya gratis pasti ada, karena biaya pengembangan sebuah web itu nggak murah dan butuh waktu. Ole karena itu wordpress memberikan sesuatu yang sangat bermanfaat.

2. Bebas Custome

Antara blog wordpress self hosting dan non hosted tentu beda ya. Kalau kita ibaratkan seperti antara tinggal dirumah sendiri dengan tinggal dikos-kosan. Kalau dirumah sendiri bebas rumahnya mau diapain aja sedangkan kalau dikos banyak batasannya.

Baca Juga :  Ada Twenty Seventeen, Twenty Eleven Di Blog Ini Akan Tergantikan?

WordPress self hosting ini kita bebas mau ngapain aja diblog kita. Mulai dari databasenya, program webnya dan apapun itu bisa diubah sesuai hati pemilik. Kalau wordpress non hosted beda, dia ada batasan seperti nggak bisa edit source code themes, edit source code plugin, edit source code sistem, edit database dan batasan-batasan lainnya. Batasan itu tentu wajar dong, udah dikasih rumah gratis + hosting gratis masih minta kebebasan ya kok enak tenan.

Buat Kamu yang mungkin dapat proyek bikin web atau buat blog untuk sendiri, bisa memanfaatkan CMS wordpress ini. Udah tau dongnya dapatkannya dimana> kalau wordpress.com untuk blog non hosted sedangkan wordpress.org untuk download CMS wordpress dan perlengkapannya. Kalau pingin tahu cara buat pas awalnya mungkin suatu saat nanti aku share, tapi nggak janji ya hehe.

3. Banyak Plugin

WordPress self hosting memiliki banyak plugin yang bida digunakan untuk keperluan-keperluan. Bahkan Kamu bisa buat sendiri pluginnya. Sepertinya plugin apa aja ada, seperti plugin untuk ecommerce, SEO, Statistics dan lain-lain.

Seperti yang aku bilang diatas tadi, wordpress self hosting banyak menawarkan kebebasan buat penggunanya. Kita butuh web untuk blog personal, toko online, portfolio dan company profile tinggak install plugin yang diperlukan untuk mendukung tujuan kita. Semua serba ada di wordpress gratis ini.

4. Theme Bebas

Sama seperti plugin, kita bebas install theme sesuai yang kita mau. Bahkan kita bisa buat theme sendiri. Misalnya blog ini, theme nya aku buat sendiri tapi theme ini merupakan theme child yang berinduk pada theme bawaan wordpress yaitu twenty eleven. Jadi kita bisa install 2 theme sekaligus seperti diblog ini, satu theme induk dan satu lagi theme anak.

Baca Juga :  Twenty Eleven: Theme Terbaik Untuk Blog Berbasis Wordpress

Kalau di non hosted kita tidak bisa buat theme sendiri. Kita hanya bisa menggunakan theme yang sudah disediakan secara gratis atau bisa menggunakan yang berbayar. Selain itu juga ngedit source codenya kalau nggak salah juga nggak bisa. So, masih enakan buat blog di wordpress self hosting kemana-mana.

5. Domain Dan Hosting Sesuka Kita

Buat blog non hosted baik itu di wordpress dan blogger itu untuk urusan domain dan hosting tentu memiliki keterbatasan. Emangsih kita masih bisa menggunakan custome domain untuk domain yang ada embel-embelnya wordpress.com dan blogspot.com. Tapi masih ada beberapa batasanyya.

Soal hosting sudah pasti, self hosting bebas mau menempatkan data blognya dimanapun. Kamu juga bisa utak-atik sesukamu. Tambah file, misal file portfolio seperti yang aku punya udah pasti bisa. So, buat blog di wordpress self hosting banyak keuntungannya.

6. Bagus Untuk SEO

Bagi yang peduli tentang SEO pada blognya tentu wordpress ini memiliki banyak keunggulan. Banyak plugin-plugin yang membantu kita untuk mengotimalkan SEO blog kita. Sederhana saja misalnya, untuk menuliskan artikel ini, aku butuh plugin yang namanya Yoast SEO.

Menggunakan Plugin Yoast SEO kita bisa menulis artikel berdasarkan rekomendasi SEO yang ada. Misalnya saat menulis, keywordnya sudah berapa, sudah ada link keluarnya tidak, judulnya sudah sesuai belum dan sebagainya. Ada nilai yang bisa dicapai untuk mengoptimalkan SEO blog salah satunya dengan memanfaatkan plugin-plugin ini.

Masih banyak lagi plugin-plugin yang Kamu bisa gunakan untuk mengotimalkan SEO blog di search engine. Di blogger fitur semacam ini nggak ada. Kamu harus menulis dan mengeceknya secara manual untuk mengoptimalkan SEOnya. Bagi Kamu yang ingin mengoptimalkan SEO dari blog, buat blog di wordpress bisa jadi solusinya.

7. Terlihat Lebih Profesional

Kenapa bisa terlihat profesional? jika kita buat blog di wordpress self hosting, kita bisa menghilangkan embel-embel blogger misalnya wordpress.com blogger.com bagian manapun, khususnya untuk tampilan depan webnya. Untuk yang non hosted itu sudah pasti embel-embel atau cirikan blog gratisnnya masih kelihatan.

Baca Juga :  4 Langkah Mudah Membuat Child Theme WordPres, Penting Nih!

Selain itu kita juga bisa membuat permalink artikel dan post sesuai yang kita mau. Desainnya juga bisa kita buat sebagus mungkin. Atau dengan kata lain, wordpress self hosting ini bisa terlihat lebih rapi. Nggak acak acakan atau embel-embel apalah itu yang nggak penting.

Mungkin itu ajasih 7 alasan kenapa aku buat blog di wordpress self hosting. Mungkin Kamu punya asalasan tersendiri kenama memilih menggunakan wordpress bisa di taruh dikolom komentar dibawah ya. Dan tentu ada kelebihan yang didapatkan pastilah membutuhkan pengorbanan lebih. WordPress self hosting memerlukan biaya lebih untuk perawatannya.

Berbeda dengan blog non hosted yang hanya bermodal beli domain aja, di self hosting Kamu harus mengeluarkan biaya hostingnya. Biayanya tentu tergantung dengan spesifikasi blog yang Kamu butuhkan. Semakin banyak pengunjung bakalan semakin banyak biasanya. Oleh sebab mengapa monetize blog perlu dilakukan.

Monetize blog bukan mengindikasikan blogger matre atau apalah itu. Semua kembali kebutuhan blog itu sendiri dan kebutuhan penulisnya juga. Seperti yang pernah aku tuliskan juga diblog ini bahwa nggak ada yang lebih menyenangkan dari hobi yang dibayar. Kamu nulis artikel diblogmu dan Kamu malah dibayar pasti seneng dong.

Jadi kembali keblog tadi, jika Kamu menginginkan semua kelebihan ini maka Kamu harus mengorbankan sedikit dari apa yang Kamu punya. Nggak banyak sih, ya minimal untuk beli domain dan hostingnya. Lain lagi kalau Kamu memang memiliki banyak penulis. Sudah pasti bakalan lebih banyak pengeluaran. Ok itu aja, semoga informasi ini bermanfaat buat Kamu.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *