Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

Image: stuvia.nl

6 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Melalui Blog

Mendapatkan penghasilan tambahan dari hobi yang kita tekuni memang menyenangkan. Salah satunya yang menarik adalah menjadi seorang blogger. Jadi blogger bisa menghasilkan uang? Bisa dong. Banyak cara mendapatkan uang dari internet lewat hobi ngeblog.

Bagi kalangan orang menjadi blogger mungkin ada yang menjadi pekerjaan sambilan atau malah menjadi pekerjaan utama. Semuanya apapun yang dilakukan dengan tekun akan mendapatkan hasil yang menguntungkan. Termasuk kegiatan ngeblog, Kamu bisa mendapatkan penghasilan bisa berupa uang atau lainnya.

Dari mana sih penghasilan blogger didapat? Mungkin banyak orang yang bertanya, dapat uang dari mana? beberapa blog atau website memang tidak kelihatan cara mendapatkan uang dari internet, namun semua itu bisa menghasilkan. Mau tau? Sabar, beberapa cara mendapatkan uang dari internet lewat blog melalui blog akan dijelaskan dibawah.

Platform blog sendiri banyak banget ya ada bloggernya google yaitu blogspot, ada blog wordpress ada macam-macam lagi. Kesemuanya bisa untuk mendapatkan penghasilan sesuai dengan kemampuan pengelolaan blognya sendiri aja. Nggak harus yang ini atau yang itu, yang penting itu bisa menghasilkan.

Berikut 6 cara mendapatkan uang dari internet melalui blog

1. Iklan

Ya kita tau penghasilan terbesar dari sebuah website biasanya dari iklan. Baik iklan yang berupa banner atau iklan yang model dinamis. Website apapun itu biasanya iklan menjadi tujuan pendapatan utama termasuk blog.

Seperti yang sebelumnya disebutkan, iklan ini modelnya macam-macam. Ada iklan model banner, ada yang model dinamain dimana iklan akan berubah-ubah sesuai dengan kondisi pengunjung dengan memamfaatkan cache browser dan model lainnya. Semuanya memiliki tujuan yang sama yaitu mendapatkan penghasilan.

Jika Kamu ingin mendapatkan penghasilan dari hobi ngeblog, iklan bisa menjadi salah satu yang Kamu manfaatkan. Banyak vendor-vendor iklan yang menawarkan penghasilan berupa kerjasama iklan untuk website atau blog. Kamu bisa memanfaatkan itu semua dengan aturan-aturan yang berlaku tentunya. Salah satunya yang banyak digunakan pada blog adalah google adsense.

Baca Juga :  Langkah 5: Konten Blog Baru WordPress [Khusus Untuk Pemula]

2. Affiliate

Affiliate atau afiliasi ini merupakan cara mendapatkan penghasilan yang cukup menarik dilakukan. Afiliasi itu apa? Afiliasi itu bahasa kasarnya sebagai calo atau marketingnya. Misalnya Kamu beli barang di e-commerce nih dan kamu bisa beli barang tersebut dari link yang ada diwebsite orang maka orang pemilik website akan mendapatkan komisis dari penjualan. Ya bahasa enaknya mendapatkan komisi penjualan dari barang yang kita tawarkan.

Sama seperti didunia nyata, didunia maya juga ada model yang beginian. Memberi komisis ke yang menjualkan sudah menjadi lumrah didunia online. La caranya? Biasanya blogger membuat sebuah artikel yang membahas topik tertentu dan nantinya blogger akan merekomendasikan Kamu untuk beli barang di suatu e-commerce yang linknya sudah diberikan. Dibalik link tersebut sudah ada link afiliasinya.

Bagi beberapa blogger yang berpengaruh, model pendapatan ini mudah untuk dilakukan. Namun nggak oarang terkadang setelah klik linknya langsung beli ya kan? Ya namanya usaha mencari nafkah, kadang susah ya kadang bisa datang sendirinya. Tertarik?

3. Job Review

Job review jadi salah satu cara cara mendapatkan uang dari internet lewat blog. Job review itu apa sih? Job review itu kita menuliskan sebuah ulasan tentang sesuatu bisa bentuknya produk atau berbentuk jasa. Semuanya dibuat ulasan sesuai dengan permintaan dan bahasa sendiri dari si empunya blog.

Hitungan pendapatan dari job review ini biasanya per artikel. Kisarannya bermacam-macam ada yang mulai dari puluhan ribu, ratusan sampai dengan jutaan tergantung penawaran. Semakin tingginya rating sebuah web pastinya berpengaruh terhadap harga sebua review.

Baca Juga :  Ada Twenty Seventeen, Twenty Eleven Di Blog Ini Akan Tergantikan?

Bagi yang suka nulis, cara ini cocok buat Kamu itung-itung mendapatkan penghasilan tambahan. Syarat yang diberikan biasanya nggak banyak ya sesuai standar yang ada. Misalnya artikel harus original dan jumlah kata minimal 350. Nggak susah kan ya? Kalau udah biasanya nulis, 1000 kata pasti gampang dibuatnya.

4. Content Placement

Kalau yang ini cocok bagi yang susah atau malas nulis. Content placement ini lebih enak sih dari job review? Apa itu content placement? Content placement itu menitipkan sebuat content yang misalnya berbentuk artikel diblog. Jadi siempunya blog tinggal posting aja diblognya.

Untuk harga biasanya sama dengan job review tergantung dengan penawaran yang ada. Kadang bisa lebih mahal dari job review atau malah lebih murah. Kelemahannya ya yang pasti artikelnya bukan tulisan kita sendiri. Bisa berbeda bahasa penulisannya dengan si penulis asli blog.

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, cara ini cocok bagi yang males nulis. Tinggal posting langsung dapat duit. Dapat duitnya juga kadang nggak langsung ya, hari ini posting hari ini langsung dapat duit. Tergantung kebijakan pemberi job, transferannya sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

5. Lomba Blog

Kalau cara yang ini ada persaingan dan kesempatannya juga kecil. Lomba blog bisa jadi penghasilan yang menggiurkan. Biasanya hadiah yang diberikan lumayan nih buat beli permen atau beli nasi padang. Cocok bagi Kamu yang pinter nulis.

Kenapa lomba blog tam masukin jadi salah satu cara mendapatkan uang dari internet lewat blog? Ya karena lomba blog ini syarat ikutnya ya harus punya blog to ya? Jadi tak masukin aja hehe. Kan intinya bisa mendapatkan penghasilan sama seperti yang berikutnya.

Baca Juga :  7 Kesalahan Blogger Pemula Yang Biasa Dilakukan, Kamu Harus Tau!

6. Acara Offline

Selain dari yang online, offline dari blogger juga kadang menghasilkan. Yaang namanya penghasilan kan gak harus benwujud barang ya? Jadi seperti acara-acara gathering dari vendor-vendor tertentu. Kalau Kamu beruntung bisa dapat door prizes dari acara-acara tersebut. Sebenarnya yang penting bukan itunya ya, tapi kumpul-kumpulnya.

Acara gathering ini biasanya mengasikkan. Bisa ketemu dengan blogger-blogger lain sekaligus nambah teman. Ya biasanya kalau nggak dapat door prizes paling nggak kan dapat makan gratis. Oh iya yang ini bukan penghasilan dari internet tapi bisa dibilang dari internet karena bisa ikutan acarani ya karena punya blog hehe.

Itu tadi 6 cara mendapatkan uang dari internet melalui blog. Semua cara tersebut bisa dilakukan Kamu-kamu semua. Ngeblog itu nggak susah tapi juga nggak gampang. Butuh niatan khusus untuk menjalaninya. Biasanya butuh beberpa bulan untuk Kamu bisa mendapatkan penghasilan. Nggak langsung buat langsung menghasilkan ya.

Semuanya butuh proses dan kesabaran. Yang perlu Kamu lalukan, jangan pikir uangnya dulu. Pikirkan apakah yang akan Kamu lakukan dengan blogmu nantinya. Mau yang seperti apa dan bagaimananya dipikirkan matang-matang. Nggak asal buat nantinya nggak menghasilkan juga Kamu yang rugi.

Mendapatkan penghasilan dari internet khususnya blog butuh kesabaran dan keuletan. Kamu harus berusaha dan banyak-banyak berdoa. Ngga maunya yang gampang-gampang tapi hasilnya gede seperti orang-orang sekarang. Pingingnnya kerja yang mudah-mudah dengan penghasilan yang gede. Siapa yang nggak mau? Aku juga mau kali haha.

Ngomong-ngomong soal tadi yakni job review dan content placement, blog saya ini juga menerima job review yang sedemikian itu. Kalau dari Kamu ada yang pingin saya mereview produk atau apapun itu di blog ini, bisa hubungi melalui kontak yang tersedia ya. Terima Kasih.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *