Cara Copy File Besar Ke Flashdisk / Flashdisk Tidak Bisa Copy File Besar

Image: pixabay.com

Cara Copy File Besar Ke Flashdisk / Flashdisk Tidak Bisa Copy File Besar

Kamu sedang mengalami masalah ketika copy file ke flashdisk terutama untuk ukuran file yang besar? Jika iya maka Kamu sudah tepat membaca postingan kali ini. Pada kesempatan kali ini aku akan sedikit berbagi bagaimana cara copy file besar ke flashdisk atau cara mengatasi flasdisk tidak bisa copy file besar.

Format flashdisk pada dasarnya dalah FAT32. FAT32 singkatan dari File Allocation Table (FAT). Menurut wikipedia, Fat32 merupakan sistem berkas yang paling baru dari versi FAT. Umumnya jika kita membeli flashdisk, format defaulnya adalah FAT32.

Kekurangan FAT32 ini tidak bisa mengcopy ukuran file lebih dari 4Gb. Walaupun kapasaitas flashdisk dapat menampung lebih dari 4Gb, seperti 8 Gb, 16GB dan seterusnya. Tetap saja dengan format FAT32, maksimal transfer file hanya 4Gb atau dengan kata lain flasdisk tidak bisa copy file besar.

Baca Juga :  7 Cara Mengatasi Wifi Connect Tapi Tidak Bisa Internetan Di Chrome

Jadi bagaimana jika kita ingin mengcopy file besar melalui flashdisk? Ada caranya untuk memecahkan masalah flashdisk tidak bisa copy file besar, yaitu dengan mengganti formatnya. Format yang mendukung untuk flashdisk selain FAT32 adalah NTFS.

NTFS singkatan dari New Technology File System. Format ini yang sering kita jumpai pada hardisk ekternal. Format ini mampu melakukan apa yang FAT32 tidak bisa lakukan. NTFS bisa transfer file besar.

Agar flashdisk kita bisa mengcopy file besae atau lebih dari 4Gb, maka ganti format FAT32 je NTFS. Gimana caranya? Mudah saja, pada postingan kali ini akan kita kupas secara mendalam. Berikut cara copy file besar ke flashdisk agar bisa lebih dari 4Gb.

Baca Juga :  7 Cara Mengatasi Wifi Connect Tapi Tidak Bisa Internetan Di Chrome

1. Sambungkan Flashdisk Ke Komputer

Pertama pastikan flashdisk sudah terambung dengan benar ke komputer Kamu. Lihat apakah flashdisk sudah benar-benar muncul sempurna. Langjut ke langkh yang berikutnya.

2. Kosongkan Data Flashdisk

Untuk merubah format flashdiks, kita akan memformat ulang flashdisk kita. Otomatis data kita akan hilang. Agar tidak kehilangan data penting, pastikan copy file ke dalam komputer Kamu. Pastikan data Kamu aman terlebih dahulu.

3. Format Flashdisk

Selanjutnya klik kanan pada partisi flashdisk Kamu, kemudian klik pilihan Format. Disitu akan ada pilihan Capacity, File system dan Alocation unit size. Kamu hanya perlu fokus ke File system. Rubah file sistem yang sebelumnya FAT32 menjadi NTFS. Kemudian klik Start untuk memulai proses format. Tunggu sampai proses selesai.

Cara Copy File Besar Ke Flashdisk / Flashdisk Tidak Bisa Copy File Besar Format

edisusilo.com

Cara ini bisa Kamu gunakan juga jika ingin merubah format NFTS kembali menjadi FAT32. Setelah Kamu rubah ke NTFS, flashdisk Kamu sudah bisa mengcopy file besar atau lebih dari 4Gb. Mudah bukan caranya? Mungkin itu saja postingan mengenai cara copy file besar ke flashdisk atau cara mengatasi flasdisk tidak bisa copy file besar kali ini. Semoga bermanfaat dan dan selamat mencoba.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *