Masjid Agung Madani

Image: edisusilo.com

Masjid Agung Madani: Menjadi Masjid Terbaik Di Indonesia

Libur lebaran sudah mulai usai, namun semangat liburan tetap membara. Kali ini liburanku diisi dengan wisata religi ke Masjid Agung Madani. Masjid Agung Madani ini merupakan Islamic Centernya Kabupaten Rokan Hulu.

Aku kesana pada hari rabu minggu lalu, tepatnya tanggal 28 juni 2017. Karena lagi mudik, jadi berangkatnya dari rumah. Berangkat dari rumah sekitar jam 7 an lebih dan sampai sana jam 10 an. Kurang lebih 3 jam an perjalanan darat, karena jarak dari rumah sekitar 157 km dari rumah.

Masjid Agung Madani ini terletak di Pasir Pengaraian, tepatnya di Desa Pematang Berangan, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau. Kalau dari Bangkinang Kota berjarak 123 km sedangkan dari kota pekanbaru berjarak 166 km. Jauh ya?

Di propinsi riau ini sebenarnya banyak tempat wisata yang bagus-bagus. Namun kekurangannya jarak yang berjauhan antara satu tempat ke tempat lain. Jadi waktu liburan kita bisa habis dijalan aja.

Baca Juga :  9 Tempat Wisata Di Bukit Tinggi Yang Terkenal Dan Populer

Lanjut lagi ke liburan kali ini, Masjid islamic center ini berada di komplek perkantoran Bupati Rokan Hulu. Karena saat pertama sampai sana, aku salah masuk ke pintu masuk kantor bupatinya hehe. Dan harus muter lagi untuk masuk ke area parkiran masjid.

Masjidnya bagus dan megah banget. Karena bertepatan dengan liburan lebaran, banyak banget orang yang datang untuk wisata religi kesana. Kebanyakan penasaran seperti apa masjid yang terpilih menjadi masjid terbaik di Indonesia tahun 2015.

Masjid ini didirikan mulai tahun 2008 dan baru diresmikan tahun 2010. Nggak tanggung-tanggung untuk membangun masjid yang luas bangunannya 15.800 meter ini menelan biaya 400 miliar dari anggaran APBD. Nggak heran jika masjid ini bisa menampung 15.000 sampai 20.000 jamaah.

Baca Juga :  Pantai Depok: Tempat Wisata Kuliner Di Jogja Khususnya Sea Food

Masjid Agung Madani memiliki 5 menara, yang terdiri dari 4 menara kecil di masing-masing sudut persegi masjid dan 1 menara utama yang ada didepan sebelah kanan. Yang menarik banyak wisatawan ya menara yang 1 ini karena pengunjung dapat naik ketas. Dan diatas kita dapat melihat pemandangan sekitarnya.

Sayangnya aku nggak sempat naik, selain malas antriannya panjang juga waktu sudah menunjukkan untuk pulang. Jadi ya kesempatan untuk melihat keindahan sekitar masjid jadi belum terlaksana. Walaupun nggak naik ke menara, cukup puas melihat keindahan masjid yang satu ini.

Masjid ini memiliki seperti taman didapannya yang dikelilingin dengan bangunan memutar. Disini ada pohon kurma dan kolam airnya kecil. Karena siang hari, maka bagian depannya ini panas. Mungkin kalau ada atap payung yang bisa buka tutup akan menambah kenyamanan.

Masuk ke bagian masjid, dalamnya mewah banget. Didalamnya terdiri dari 2 lantai yang lantai duanya hanya memutari arena lantai 1. Bagian tengah lantai duanya tidak ada, yang disini dengan tiang besar 4 buah ditengah.

Baca Juga :  Di Jogja Ada Hutan Mangrove Lho, Udah Pernah Kesana Belum?

Didalamnya nyaman banget dan salah satu jadi yang ternyaman yang pernah aku kunjungi. Yang paling buat nyaman itu karpetnya yang emput banget. Jadi nyaman kalau untuk sholat. Besok kalau Kamu kesana bisa coba sendiri deh.

Setelah puas menikmati keindahan masjid ini, selepas sholat zhuhur aku melanjutkan perjalanan pulang. Sampai rumah jam 8 malam karena beberapa kali mampir untuk isi bahan bakar dan makan. Dan full satu hari hanya ke tempat yang menakjubkan ini.

Kamu yang pingin kesini dan masih ragu dengan keindahan masjid ini, bisa lihat disini. Masjid ini benar-benar menakjubkan. Khususnya bagi Kamu yang tinggal di Propinsi Riau dan sekitarnya, coba deh datang kesini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *