Aplikasi Untuk Membuat Foto 360 Derajat

Image: edisusilo.com

PTGui: Aplikasi Untuk Membuat Foto 360 Derajat Seperti Di Blog Ini

Pernahkah Kamu melihat foto 360 derajat yang menampilkan foto ke selaga arah? Ada yang menyebutnya dengan virtual reality photography. Kalau Google menyebutnya dengan nama street view. Nih contohnya seperti dibawah ini yang berasal dari aplikasi untuk membuat foto 360 derajat.

Penasaran nggak bikinnya gimana? Sabar kali ini aku akan memberi tahu resep kenapa fotonya bisa jadi seperti itu. Foto diatas dibuat menggunakan aplikasi yang namanya PTGui. PTGui merupakan singkatan dari Panorama Tools Graphical User Interface.

PTGui ini merupakan aplikasi untuk membuat foto 360 derajat secara khusus. Dan aplikasi ini sudah teruji dan banyak digunakan oleh fotografer foto 360 derajat didunia. Termasuk aku juga menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi PTGui ini aplikasi premium, jadi untuk menggunakannya membutuhkan lisensi. Untuk kategori personal, aplikasi ini menawarkan 2 pilihan, yaitu PTGui personal license, dan PTGui Pro personal license. PTGui Pro personal license memiliki keunggulan lebih lengkap. Untuk mendapatkan aplikasi ini, Kamu perlu merogoh kocek sebesar € 99 atau kalau dirupiahkan 1,7 jutaan untuk PTGui personal license dan € 199 atau atau kalau dirupiahkan 3,4 jutaan untuk PTGui Pro personal license.

Baca Juga :  4 Software Gratis Pengolah Gambar

Harganya lumayan untuk aplikasi editing gambar. Kalau aku dulu saat beli lisensi aplikasi ini, harganya belum setinggi ini. Dulu masih 149 € atau 2,2 jutaan. Beruntung sudah memiliki aplikasi ini sejak dulu hehe. Langsung saja apa kemampuan yang menarik sehingga layak dibeli?

1. Proses Editing Cepat

PTGui memberikan pengalaman editing yang cepat. Jika foto yang kita ambil bagus, hanya dengan 10 menit kita sudah bisa mendapatkan Foto 360 yang bagus. Berbagai yang dimiliki membantu dalam proses editing.

2. Menggabungkan Banyak Foto

Aplikasi PTGui ini mampu menggabungkan banyak foto sekaligus menjadi Foto 360 Derajat. Awal-awal aku membuat foto jenis ini, aku bisa menggabungkan lebih dari 30 foto sekaligus. Dan aplikasi ini mampu melakukan penggabungan dengan mudah.

Aplikasi Untuk Membuat Foto 360 Derajat Load

edisusilo.com

3. Otomatis Exposure

Baca Juga :  Cara Melihat Foto 360 Derajat Agar Lebih Asik Dan Menyenangkan

Jika foto yang kita ambil memiliki pencahayaan yang berbeda-beda, seperti ada yang gelap dan terang, ada yang terlalu teran dan lainnya. Untuk mendapatkan foto yang bagus tentunya gabungan semua foto haruslah memilihi exposure yang sama. Aplikasi PTGui ini memiliki kekampuan menyesuaikan exposure masing-masing foto secara otomatis. Sehingga antar foto tidak terlihat belang.

Aplikasi Untuk Membuat Foto 360 Derajat Exposure

edisusilo.com

4. File Format Keluaran Bermacam-macam

PTGui mendukung banyak file format untuk keluarannya. Ada JPEG (.jpg), TIFF (.tif), Photoshop (.psd), Photoshop large (.psb), dan QuickTime VR(.mov). Jadi Kamu bisa leluasa menetukan mana file keluaran yang akan Kamu pilih. Dan yang pasti bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita.

Aplikasi Untuk Membuat Foto 360 Derajat File Format

edisusilo.com

Perlu Kamu tau, bahwa PTGui ini merupakan aplikasi untuk membuat foto 360 derajat saja dan belum bisa ditampilkan seperti di atas tadi. Masih ada satu lagi aplikasi yang digunakan untuk menghasilkan foto yang bisa diupload diwebsite seperti diatas, yaitu Krpano.

Baca Juga :  Sekilas Tentang Foto 360 Derajat Di Facebook Dan Caranya

Jadi itu ajasih ya gambaran sedikit mengenai aplikasi PTGui ini. Kalau mau lebih jelasnya, Kamu bisa nyobain versi trial nya. Kamu bisa mendapatkannya disini. Kalau mau lebi lengkapnya, beli yang full versi ya. Semoga bermanfaat.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *