Kamera Untuk Membuat Foto 360 Derajat

Image: canva.com

DSLR: Kamera Untuk Membuat Foto 360 Derajat Seperti Di Blog Ini

Kalau beberapa waktu lalu aku pernah memberikan informasi mengenai aplikasi yang digunakan untuk membuat foto 360 derajat, seperti krpano dan PTGui, sekarang ini salah satu alatnya. Alat utama yang digunakan membuat foto 360 ya kamera. Kamera untuk membuat foto 360 derajat yang aku sarankan dan aku pakai ya DSLR. Kenapa-kenapanya kita akan bahas selangkapnya pada artikel ini.

Apa itu DSLR? DSLR merupakan singkatan dari Digital Single Lens Reflex. Kamera digital yang masih menggunakan sistem cermin untuk meneruskan cahaya ke sensor. Bisa dikatakan semi analog kali ya. Kamera jenis ini bisa dikatakan jadul jika dibandingkan dengan kamera mirrorless.

Apa itu kamera kamera mirrorless? Kamera ini sejatinya hampir sama dengan DSLR, namun yang membedakan kamera mirrorless sudah tidak menggunakan sistem cermin untuk meneruskan cahaya ke sensor. Hasilnya sama saja dengan DSLR namun secara bentuk, enakan kamera mirrorless kalau dibawa.

Baca Juga :  Software Untuk Membuat Foto 360 Derajat Yang Perlu Kamu Tau!

Jika DSLR dengan kamera mirrorless dengan dibandingkan maka, lebih ke bentuk kamera saja sih sebenarnya. DSLR lebih besar dan berat jika dibandingkan kamera mirrorless. Kamera mirrorless lebih ringkas untuk dibawa kemana-mana.

Tapi jika kamera mirrorless lebih simpel, kenapa kamera untuk membuat foto 360 derajat menggunakan DSLR? Ada beberapa hal yang berikut menurut pendapatku kenapa lebih memilih DSLR. Berikut penjelasannya buat Kamu.

1. Selera Aja

Aku pengguna DSLR, dan pernah menggunakan kamera mirrorless. Secara selera sih lebih milih DSLR. Lebih puas aja dengan proses pengambilan gambarnya. Intinya kalau mau ambil gambar ya, lebih suka pakai DSLR aja.

2. Aksesoris Dan Perangkat Tambahannya Lebih Murahk

Baca Juga :  Krpano: Aplikasi Untuk Menampilkan Foto 360 Derajat Seperti Di Blog Ini

Untuk membuat foto 360 derajat secara maksimal, Kamu membutuhkan aksesoris dan perangkat tambahan pada kameramu. Untul Aksesoris dan perangkat tambahan di DSLR lebih murah. Misal untuk lensa khusus untuk foto 360 derajat, harganya bisa lebih murah dibandingkan dengan kamera mirrorless.

3. Aksesoris Dan Perangkat Tambahan Banyak Pilihan

Selain murah, aksesoris dan perangkat tambahan pada kamera DSLR lebih banyak. Ya ini wajar sih, karena DSLR lahir duluan. Untuk mendapatkan aksesoris dan perangkat tambahannya juga gampang. Ditoko kamera terdekat juga banyak.

4. DSLR Lebih Mudah Untuk Mengambil Foto Full Manual

Karena sudah terbiasa dengan DSLR, lebih memudahkan saat mengambil gambar full manual. Kenapa harus manual? Mengambil foto 360 derajat memerlukan detail pencahayaan yang sama dari setiap sisinya. Jadi cara terbaik adalah dengan melakukan pengaturan secara manual.

Baca Juga :  PTGui: Aplikasi Untuk Membuat Foto 360 Derajat Seperti Di Blog Ini

5. Tutorial Banyak Menggunakan DSLR

Proses pembuatan foto 360 tidak lepas dari yang namanya proses belajar terus menerus. Sampai saat ini, tutorial untuk membuat foto 360 semua menggunakan DSLR. Jadi akan memudahkanmu dalam mengikuti panduang-panduannya.

Kamu bebas menggunakan apasa saja kamera untuk membuat foto 360 derajat. Namun, saranku sih Kamu menggunakan DSLR saja. Kecuali kalau untuk foto-foto biasa, kamera mirrorless sepertinya lebih menarik dan mudah dibawa kemana-mana. Semoga informasi kali ini bermanfaat ya, tunggu artikel-artikel berikutnya.




About Edi Susilo

Aku Edi Susilo, Blogger & Fotografer Foto 360 Derajat yang saat ini tinggal di Riau. Suka ngeblog mulai tahun 2010 dan keterusan sampai sekarang dan mencoba peruntungan menjadi fotografer foto 360 derajat sejak tahun 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *