buat email

Image: yahoo.com

Cara Buat Email Baru di Google dan Yahoo Yang Bisa Kamu Lakukan

Buat email baru untuk sebagian orang mungkin sangat mudah. Proses pembuatannya juga realif sebentar, bisa selesai kurang dari 10 menit. Namun kenyataannya pada saat ini masih banyak yang belum bisa buat email baru sendiri. Beberapa teman yang saya termui dengan background non IT, bisanya email mereka dibuatkan oleh temannya. Apakah dibuatkan menjadi masalah? Tentu tidak, tetapi jika terjadi lupa password dan sebagainya tentu akan kerepotan sendiri. Kalau hanya digunakan untuk mengirim-ngirim email biasa saya kira tidak terlalu masalah, namun jika email digunakan untuk akun media sosial atau untuk email smartphone seperti icloud kalau sampai lupa passwordnya kan bakal masalah.

Email gratisan sekarang sudah banyak macamnya, seperti: Gmail punya Google, Email Yahoo, Outlook punya Microsoft dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak email gratis, yang banyak dikenal masyarakat adalah Gmail nya Google dan email Yahoo. Saya akan membantu bagi Kamu yang kesulitan buat email sendiri. Caranya mudah dan waktu yang Kamu butuhkan tidak sampai 10 menit. Kamu bisa pilih salah satu email yang ingin Kamu buat, bisa Gmail Google atau Email Yahoo.

Berikut cara buat email baru yang bisa Kamu lakukan di Google dan Yahoo

Cara buat email baru Google

1. Persiapan

Langkap pertama untuk buat email baru Google adalah menyiapkan No Ponsel atau Hp yang aktif. No Ponsel digunakan untuk verifikasi akun email baru Kamu nantinya.

2. Daftar

Langkah kedua klik SignUp untuk masuk ke halaman “Buat Akun Google Kamu”. Dihalaman tersebut terdapat form pendaftaran yang nantinya digunakan untuk mendaftar email baru.

3. Isi Form Pendaftaran

Langkah ketiga untuk buat email baru Google Kamu diharuskan mengisis form yang ada di halaman “Buat Akun Google Anda”.

  • Masukkan “Nama” Kamu terdiri dari Nama Depan dan Nama Belakang.
  • Masukkan alamat email yang Kamu inginkan pada form “Pilih Nama Pengguna Anda”. Beberapa email mungkin telah dimiliki seseorang. Jika tidak ingin repot, Kamu bisa langsung memilih salah satu alamat email yang disarakan dibawah form atau mengisi ulang nama yang kira-kira belum ada.
  • Masukkan password atau sandi untuk email baru Kamu. Password harus terdiri dari minimal 8 karakter. Kemudian masukkan kembali password yang sama pada form “Konfirmasi Sandi Anda”
  • Masukkan tanggal lahir Kamu yang terdiri dari tahun, bulan dan tanggal.
  • Pilih Gender Kamu sesuai dengan kondisi Kamu. Disitu terdapat 3 pilihan Pria, Wanita dan Lainnya
  • Masukkan no ponsel atau hp Kamu yang aktif. Sebisa mungkin no yang Kamu gunakan sehari-hari. Tujuannya, jika terjadi lupa password atau sandi, Kamu bisa dengan mudah mendapatkan password baru lagi dengan no hp Kamu.
  • Masukkan email Kamu saat ini? Kamu bisa mengabaikan form ini atau tidak perlu diisi. Namun jika Kamu ingin mengisinya untuk keamanan, Kamu bisa mengisikan email orang-orang terdekat, sepeti pacar, sahabat dekat, keluarga atau lainnya.
  • Pada “Buktikan bahwa Anda bukan robot” Kamu centang “Lewati verifikasi ini(Mungkin dibutuhkan verifikasi telepon)
  • Pilih lokasi Negara Kamu.

Setelah semua form terisi, klik tombol warna biru “langkah Berikutnya“.

4. Verifikasi akun Kamu

Langkah selanjutnya buat email baru Google adalah Kamu akan memverifikasi akaun yang barusan Kamu buat. Disitu tertera no ponsel yang Kamu masukkan tadi. Kamu akan dikirimi kode verifikasi. Kamu bisa memilih menggunakan Pesan Teks(SMS) atau Panggilan Suara untuk mendapatkan kode tersebut. Lalu kemudian klik tombol “Lanjutkan“. Tunggu beberapa saat Kamu akan mendapatkan SMS atau Panggilan berisis kode verifikasi tergantung cara mana yang Kamu pilih. Masukan kode tersebut dan Klik Lanjutkan.

5. Email Baru

Langkah ke lima pada buat email baru Google ialah finishing atau penyelesaian tahapan terakhir seperti memasukkan Foto Profil. Setelah itu, Kamu akan mendapatkan email baru yang baru saja Kamu buat sendiri. Mudan dan cepat bukan?

Cara buat email baru Yahoo

1. Persiapan

Langkap pertama untuk buat email baru Yahoo adalah menyiapkan No Ponsel atau Hp yang aktif. No Ponsel digunakan untuk verifikasi akun email baru Kamu nantinya.

2. Daftar

Langkah kedua untuk buat email baru Yahoo klik Registration untuk masuk ke halaman pendaftaran email. Sama dengan di Google, dihalaman tersebut terdapat form pendaftaran yang nantinya digunakan untuk mendaftar email baru.

3. Isi Form Pendaftaran

Langkah ketiga untuk buat email baru Yahoo Kamu diharuskan mengisis form yang ada di halaman Resgistrasi.

  • Pada pojok kanan atas form perndaftaran terdapat pilihan bahasa. Kamu bisa menggantinya jika menginginkan. Pilihan bahasa akan berpengaruh terhadap kode no ponsel/hp yang akan kita isikan nantinya.
  • Masukkan nama Kamu terdiri dari Nama Depan dan Nama Belakang.
  • Masukkan nama pengguna Yahoo atau alamat email yang Kamu inginkan. Jika Kamu mendapati pesan “Nama pengguna itu tidak tersedia.” berarti alamat yang Kamu inginkan sudah dimiliki orang lain. Jika ingin cepat Kamu bisa memilih salah satu alamat yang ada di dalam form masukan. Jika tidak Kamu bisa memasukkan alamat berulang kali untuk mendapatkan yang Kamu inginkan.
  • Pilih domain untuk email Kamu yang ada disamping masukan nama pengguna tadai. Ada dua pilihan “@yahoo.com” dan “@yahoo.co.id”.
  • Masukkan password atau sandi untuk email baru Kamu. Pastikan password yang Kamu masukkan kuat. Password sebaiknya terdiri dari minimal 8 karakter.
  • Masukkan no ponsel Kamu yang aktif untuk verifikasi. Pastikan kode negaranya +62 atau ada gambar bendera Indonesia. Jika tidak, Kamu bisa menggantinya.
  • Masukkan tanggal lahir Kamu yang terdiri dari tanggal, bulan dan tahun.
  • Pilih jenis kelamin sesuai dengan kondisi Kamu. Terdapat 2 pilihan, Laki-laki dan Perempuan.
  • Masukkan nomor pemulihan ini opsional, bisa Kamu masukkan bisa tidak. Namun jika Kamu ingin mengisinya untuk keamanan, Kamu bisa mengisikan no ponsel orang-orang terdekat, sepeti pacar, sahabat dekat, keluarga atau lainnya. Setelah itu isikan hubungan Kamu dengan pemilik nomor tersebut.

Setelah semua form terisi, klik tombol warna ungu “Buat Account“.

4.Verifikasi

Langkah ke empat untuk buat email baru Yahoo adalah Kamu diperintahkan mengetik ulang kode yang ada, kemudian klik tombol “Kirim Kode”. Setelah itu, akan ada pesan bahwa Yahoo akan mengirim kode verifikasi ke nomor ini atau no yang Kamu masukkan tadi saat pendaftaran, lalu klik tombol “Kirim Pesan”. Kamu akan mendapatkan kode verivikasi dari yahoo melalui SMS. Masukkan kode tersebut di form yang terdesia dibawah no ponsel Kamu lalu klik “Kirim Kode”.

5. Email Baru

Selamat akun email Yahoo Kamu berhasil dibuat. Kamu telah mendapatkan email baru yang Kamu buat sendiri. Mudan dan cepat bukan?

Proses buat email baru gratis sekrang sangat dimudahkan. Verifikasi bisa dilakukan dengan no ponsel saja. Diharapkan dengan adanya tutorial ini, Kamu bisa buat email baru sendiri. Kalau buat email sudah bisa, buat facebook, twitter dan lainnya pasti akan mudah saja Kamu lakukan. Semoga tutorial ini berguna. Terima Kasih.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *