mengamankan akun

Image: techpros365.com

4 Langkah Mengamankan Akun Email Dan Media Social

Masalah mendasar saat teknologi semakin maju ialah soal keamanan. Banyak diantara kita yang mungkin sering lupa bahwa yang kita dimiliki didunia maya itu sama pentingnya dengan yang ada di dunia nyata. Masalah lupa password, akun di bajak dan lain-lainnya itu merupakan masalah klasik yang sampai saat ini sering terjadi. Kita harus mengamankan akun yang dimiliki.

Untuk sebagian orang mungkin akun media social seperti facebook, akun email pada gmail dan lain-lainnya mungkin tidak begitu penting. Namun buat sebagian orang lainnya mungkin sangat penting. Untuk itu, Kamu perlu tau dan mengamankan akunmu untuk menghindari tindakan yang tidak diinginkan.

Beberapa waktu lalu saya juga telah menuliskan cara Reset Password Facebook dan Reset Password Gmail. Namun alangkah baiknya lebih baik menghindari dari pada memperbaiki. Sebenarnya mengamankan akun itu gak susah kok. Hanya butuh waktu beberapa menit saja untuk menyelesaikannya.

Berikut 4 langkah mengamankan akun email dan media social:

1. Password

Kebanyakan dari kita mengabaikan pentingnya kerahasiaan password. Masih banyak password yang berdasarkan tanggal lahir, nama, urutan angka dan lainnya yang mudah ditebak orang lain. Hindari yang demikian itu.

Password merupakan kunci yang harus dijaga. Jangan membuat password yang mudah ditebak orang lain. Dan sebisa mungkin password satu akun dengan akun lainnya tidak sama. Tujuannya jika satu akun passwordnya diketahui orang maka akun lainnya masih aman.

Baca Juga :  Mesin Pembuat Mie Dapat Menghasilkan Mie yang Tidak Mudah Putus

Password yang baik adalah perpaduan dari karakter angka dan huruf. Huruf sendiri bisa dibagi 2 yakni huruf kapital atau huruf besar dan huruf kecil. Selain itu, beberapa sistem juga menerima password dengan model simbol seperti #,@ dan lain-lainnya. Manfaatkan semua yang ada di masing-masing sistem.

Panjang password juga berpengaruh untuk keamanan. Biasanya password minimal terdiri dari 8 karakter. Makin panjang makin bagus. Dan pastikan Kamu mengingatnya. Jangan lupa dari jumlah karakter tersebut kombinasikan antara angka dan huruf.

Yang biasanya terlupakan, jangan menyimpan password di handphone, di dompet dan ditempat-tempat yang umum. Sebisa mungkin hanya berada dikepala. Pastikan hanya Kamu dan tuhan yang tau. Ingat bahwa password itu penting apapun bentuknya.

2. Email

Email disini merupakan email recovery yakni email untuk perbaikan jika Kamu lupa password atau terjadi suatu hal di akun emailmu. Pastikan jika akun email itu adalah email pertamamu, usahakan masukan email recovery dari orang yang terpercaya. Boleh orang tua, kakak, adik, pacar dan lainnya yang bisa dipercaya.

Email recovery ini penting guys. Banyak yang bingung kalau lupa password karena email recoverynya juga lupa. Sebisa mungkin email recovery ini jangan sampai lupa dan tetap bisa dibuka. Menyusahkan nanti kalau lupa passwordnya.

Baca Juga :  Kamu Harus Tau Keunggulan Blender Philips Berikut

Jika emailmu emang email pertama, Kamu bisa buat email lagi kedua dengan email recovery yang email pertama. Nantinya email pertama diganti email recoverynya dengan yang pertama. Jadi antara email ke satu dan ke dua saling membutuhkan seperti lingkaran. Dan pastikan password dari kedua email tidak sama.

Email pertama dan kedua bisa Kamu buat dengan domain yang berbeda. Misalnya akun yang pertama pakai email Gmail dan yang kedua bisa pakai Yahoo. Ya pintar-pintar kita sebagai user. Kalau malas ribet bisa pakai email recovery orang lain. Mudah kan ya?

3. No Hp

Sekarang akun apapun baik email atau medsos semua bisa menyimpam no hp atau ponsel. Manfaatkan fitur tersebut untuk mengamankan akunmu. No hp di akun sama pentingnya dengan email recoverh. Kamu bisa mengembalikan akunmu lewat ponsel.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan pada akun, Kamu perlu untuk memasukkan no hpmu. Beberapa fitur keamanan lainnya beberapa membutuhkan no hp. Masukkan no hp yang aktifnya dan no utamamu. Jangan kawatir semua data aman kok.

Beberapa akun medsos seperti facebook malah bisa login dengan no hp. Semuanya sekarang sudah terintegrasi dengan baik. Jangan lupa ua pastikan no hpmu ada di akunmu demi keamanan dan kenyamanan.

Baca Juga :  Tips Membeli Kaset Video Game Berkualitas Buat Kamu Nih

4. Verifikasi 2 Langkah

Belum lama ini beberapa akun email dan media sosial mengeluarkan fitur keamanan verifikasi 2 langkah. Apa itu fitur keamanan verifikasi 2 langkah? Verifikasi 2 langkah adalah fitur dimana user diharuskan menjalani 2 proses login. Pertama user memasukkan username dan password kemudian akan ada kode kunci yang dikirim ke ponsel Kamu. Nantinya kode tersebut dimasukkan kelangkah selanjutnya. Setelah itu baru masuk ke akun email atau medsosmu.

Agak ribet memang tapi lebih aman. Dengan fitur ini, akun memastikan hanya Kamu yang bisa login di akumu itu. Ini ada hubungannya dengan memasukkan no hp di akun guys. Udah tau kan manfaat lain dari adanya no hp di akunmu?

Kalau nggak mau ribet, gunakan fitur ini untuk akun email kedua jika punya. Paling tidak dari 2 email, 1 email diamankan dengan baik. Apakah sampai segitunya? Ya harus. Keamanan jadi no 1 di dunia yang maya ini.

Itu tadi 4 langkah mengamankan akun email dan media social yang bisa Kamu lakukan. Pada dasarnya semua yang kita miliki harus memiliki keamanan dan privasi tersendiri. Jangan sampai akun yang kita miliki digunakan oleh orang yang tidak memiliki hak. Langkah yang aku share ini banyak yang melupakan. Yuk cek apakah akun-akun kita sudah aman atau belum.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *