Perbedaan SSL Gratis dan SSL Berbayar

Image: [Edi Susilo] canva.com

Perbedaan SSL Gratis dan SSL Berbayar Menurut Kacamatku

Bagikamu yang pingin blognya migrasi dari HTTP ke HTTPS muskin masih bimbang, kali ini aku akan memberikan sedikit pengalaman mengenai SSL ini. Beberapa tahun terakhir ini ada yang namanya SSL gratis seperti Let’s Encrypt. Padahal dulunya itu berbayar seperti COMODO dan lainnya. Sebernarnya apa perbedaan SSL gratis dan SSL berbayar?

Aku saat ini menggunakan SSL berbayar dan juga SSL gratis, jadi sedikit merasakan efek keduanya. Namun sebelum membahas keduanya, kita perlu tau apa pentingnya SSL atau pindah ke HTTPS pada blog kita. Banyak manfaatnya setelah migrasi ke HTTPS.

Katanya blog yang menggunakan HTTPS ini akan lebih baik untuk optimasi SEO. Dan Google sangat menyarankan untuk migrasi ke HTTPS. Sudah jelah bahwa dari faktor keamaan, HTTPS menjamin itu. Kalu mau lebih jelasnya, Kamu bisa baca pada artikel sebelumnya disini ya.

Baca Juga :  Langkah 3: Pengaturan Blog Baru WordPress [Khusus Untuk Pemula]

Kembali ke perbedaan SSL gratis dan SSL berbayar. Kalau menurut beberapa sumber, berikut bedanya antara yang gratis dan berbayar.

SSL gratis

  • Tidak support browser lama dan browser tidak populer (Penting nih)
  • Masa berlaku hanya 90 hari (Ada opsi auto perpanjang)
  • Butuh waktu penerapan ke domain setelah di aktifkan
  • Tidak ada asuransi (ganti rugi) jika ada kebocoran data

SSL berbayar

  • Support segala browser (ya 99% lah)
  • Masa berlaku minimal 1 tahun (Bayar untuk perpanjang)
  • Langsung aktif saat penerapan ke domain setelah di aktifkan
  • Ada asuransi (ganti rugi) jika ada kebocoran data

Secara teknik bedanya seperti diatas. Kalau menurutku bedanya adalah ya gak ada bedanya. Rasanya sama saja dan yang paling mencolok bedanya yang 1 gratis dan yang 1 bayar. Selain itu sepertinya nggak ada beda.

Baca Juga :  Perbedaan Domain WWW Dan Tanpa WWW, Apa Pengaruhnya?

Ada sedikit kejanggalan sedikit sih, tetapi nggak tau juga ya. Masalahnya dari penghasilan adsense yang menggunakan SSL berbayar ini lebih besar namun trafik lebih sedikit jika dibandingan dengan yang pakai SSL gratis namun trafik lebih banyak. Mungkin butuh eksperimen lebih lanjut kenapa penghasilan adsense bisa begini. Apakah ada pengaruh dari SSL gratis dan berbayar atau nggak.

Saran sih, untuk sementara ini kalau blognya masih biasa-biasa aja mending pake yang gratis. Tapi kalai e-commerse ya harusnya sih yang berbayar. Akan lebih aman secara data transaksi dan lain-lainnya.

Kesimpulannya perbedaan SSL gratis dan SSL berbayar itu secara kasat mata dan yang dirasakan ya nggak ada bedanya. Jadi masih boleh pakai yang gratis dan boleh juga pakai yang bayar. Demikian artikel pada kesempatan ini. Tunggu artikel selanjutnya ya. Terima kasih.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *