Alasan Menggunakan HTTPS

Image: pixabay.com

5 Alasan Menggunakan HTTPS Di Blog Kesayanganmu

Libur lebaran telah usai, ya kembali ke aktifitas biasanya lagi nih. Udah lama juga nggak nulis diblog. Maklumlah ada sedikit kegiatan yang menyita waktu, sehingga kesempatan menulis diblog jadi terganggu hehe. Untuk artikel pertama setelah lebaran ini aku akan membahas mengenai alasan menggunakan HTTPS diblog khususnya untukku ya. Kamu boleh ikutin alasan berikut agar blogmu jadi migrasi ke HTTPS. Langsung saja baca lengkap alasan menggunakan HTTPS dibawah ini.

1. Membuat Web Lebih Terpercaya

Awalnya blog ini dibangun tanpa HTTPS alias masih HTTP. Baru setahun belakangan ini aku migrasi dari HTTP ke HTTPS. Langkahnya bisa Kamu ikuti disini migrasi dari HTTP ke HTTPS. Alasan awal kenapa akhirnya migrasi ke HTTPS adalah agar web lebih terpercaya.

Beda aja rasanya jika melihat web atau blog yang masih pakai HTTP dibandingna dengan yang menggunakan HTTPS. Lebih merasa aman jika menggunakan HTTPS sih kalau aku. Mungkin ini sugesti aja kali ya.

Baca Juga :  Langkah 3: Pengaturan Blog Baru WordPress [Khusus Untuk Pemula]

Alasan diatas juga masuk akan, karena HTTPS ini tanda bahwa sebuah web sudah memiliki sertifikat keamanan data atau data yang dikirimkan sudah di enkripsi. Jadi secara tidak langsung lebih aman dibanding belum menggunakan HTTPS. Kamu boleh lihat web-web e-commerce, bank dan payment lainnya.

2. SEO Jadi Lebih Baik

Alasan berikutnya ini juga menjadi bahan pertimbanganku. Katanya Google sudah mulai melirik HTTPS menjadi salah satu faktor SEO. Aku juga belum tau seberapa besar pengaruhnya dengan SEO, yang pasti katanya ada pengaruhnya walau sedikit.

Mungkin khususnya untuk web ini ada pengaruhnya juga. Pengunjungnya jadi agak naik walaupun gak signifikan. Ya pasti ada manfaatnya buat SEO walaupun sedikit.

3. Memberikan Rasa Aman Pada Pengunjung

Setelah migrasi dari HTTP ke HTTPS akan muncul tanda lain di url browser. Akan ada tulisan “Aman” yang disertai ikon gembok. Hal ini secara nggak langsung bisa memberikan rasa aman pada pengunjung blog kita. Khusus bagi toko online atau web yang berkecimpung didunia keuangan, HTTPS ini perlu digunakan. Dengan ada nya HTTPS, otomatis pengunjung lebih merasa aman.

Baca Juga :  Akhirnya Blog Ini Migrasi Dari HTTP Ke HTTPS, Mau Tau Caranya?

4. Menjadi Standar Dimasa Depan

Beberapa tahun bekalangan ini, migrasi ke HTTPS menjadi salah satu topik hangat yang dibicarakan banyak kalangan penggiat web. Nggak terkecuali aku yang mempunyai blog ini. Desas desus yang beredar, HTTPS ini bisa jadi akan menjadi standar wajib website dimasa depan.

Secara nggak langsung, mulai dari sekarang harus dipersiapkan dong. Pertama aku berpikir bahwa mumpung blognya belum terlalu besa, jadi proses migrasi belum sulit. Kalau nanti menunda-nunda dan sudah besar, bakalan ribet nih proses migrasinya. Alasan itulah aku secepatnya melakukan migrasi ke HTTPS.

Sebenarnya nggak susah kok, asal bener dalam prosesnya semua akan jadi lancar. Momok yang muncul itu takut pengunjunganya anjlok karena xml jelas akan di index ulang oleh google. Tapi ternyata, aman-aman aja prosesnya dan nggak dampak sama sekali malahan. Jadi tunggu apalagi, migrasi gih ke HTTPS.

Baca Juga :  Apakah SSL Gratis Dan SSL Berbayar Mempengaruhi Hasil Adsense?

5. Blog Jadi Lebih Keren

Kalau blog menggunakan HTTPS itu menurutku kesannya jadi lebih keren aja. Bisa dibilang kebih profesional hehe. Tapi itu sah-sah aja, soalnya jika dibuka melalui browser akan muncul tanda hijau di depan URLnya. Kalau nggak percaya lihat aja diblog ini. Kesannya jadi tambah keren hehe.

Untuk sementara sih 5 Alasan Menggunakan HTTPS ini yang menjadi dasar aku mrigrasikan ke HTTPS. Percayalah banyak manfaat yang didapat jika menggunakan HTTPS. Efek yang paling terasa paling tagihan tahunan sertifikat SSL jadi ada yang sebelumnya nggak ada. Tapi bisa diakali menggunakan SSL gratis.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *