Foto 360

Image: facebook.com

Sekilas Tentang Foto 360 Derajat Di Facebook Dan Caranya

Belum lama ini raksasa media social yakni Facebook mengeluarkan fitur terbarunya yakni foto 360 derajat. Apa itu Foto 360 derajat? Foto 360 derajat penamaan yang diberikan Facebook untuk fitur barunya. Fitur ini selayaknya Google street view atau virtual reality photography yang pernah sudah aku bahas beberapa waktu lalu.

Fitur baru yang dinamakan foto 360 derajat ini bisa langsung dilihat dihalaman Facebook. Kalau dulu kita menggunakan beberapa aplikasi khusus, sekarang dengan mudahnya kita bisa menempatkan foto panorama ini dihalaman Facebook kita. Jadi siapapun dalam melihat foto 360 yang kita unggah di Facebook.

Cara bagaimana membuat, mengunggah dan melihat foto 360 ini sebenarnya sudah di berikan facebook. Namun penjelasan yang ada masih minim dan disini akan saya jelaskan kembali agar Kamu semua bisa menggunakan fitur ini lebih baik.

Cara membuat foto 360?

Dari penjelasan Facebook sendiri ada beberapa cara untuk membuat foto panorama tersebut diantaranya sebagai berikut:

1. Menggunakan Kamera khusus untuk virtual reality photography

Ada beberapa perangkat kamera khusus untuk foto maupun video 360. Semuanya mudah digunakan tanpa perlu keahlian khusus. Perangkat terebut diantaranya : Ricoh Theta S, Giroptic 360 Cam, Samsung Gear 360, LG 360 Cam, IC Realtech ALLie, 360Fly dan Panono.

Baca Juga :  Sekilas Tentang Fotografer Terpercaya Google Street View

Kalau Kamu ingin memilikinya bisa tapi kebanyakan harus import karena banyak yang masih belum dijual di Indonesia. Untuk harganya sendiri cukup tinggi bisa melebihi harga Kamera DSLR. Kalau nggak salah, dengan menggunakan perangkat kamera khusus ini Kamu bisa langsung upload di Facebook.

2. Menggunakan peragkat Gadget

Dari penjelasan yang ada di Facebook, foto panorama 360 derajat ini dapat juga dibuat langsung menggunakan aplikasi Facebook. Namun demikian tidak semua perangkat mobile yang ada sudah mendukung untuk fitur ini. Apakah perangkat Kamu sudah mendukung fitur ini?

Dari penjelasan yang ada dan telah diuji coba, hanya beberapa perangkat berikut yang bisa: minimal iPhone 4S atau yang lebih baru, minimal iPad mini 2 atau yang lebih baru, iPad Air dan iPad Air 2 serta iPad Pro.Sedangkan lainnya untuk perangkat Samsung minimal Samsung Galaxy S5 atau yang lebih baru dan Note 3 atau yang lebih baru. Cara menggunakannya menggunakan mode Surround Shot atau Panorama. Selain itu Kamu juga juga bisa mengunakan perangkat lain seperti menggunakan Street View, Google Camera dan Cardboard Camera.

Baca Juga :  9 Tempat Wisata Di Bukit Tinggi Yang Terkenal Dan Populer

3. Menggunakan Software Untuk Membuat Virtual Reality Photography

Selain menggunakan perangkat kamera khusus, foto panorama yang ada di Facebook juga mendukung foto dari software yang digunakan untuk membuat virtual reality photography sepeti PTGui. Setelah itu Kamu bisa langsung upload foto panoramamu di Facebook.

Cara mengunggah foto 360?

Banyak pertanyaan yang muncul mungkin bagaimana sih caranya nampilin foto panoramanya yang bisa digerakkan ke atas, ke bawah, ke samping dan keatas? Caranya sebenarnya sama dengan mengupload foto seperti biasnyanya namun ada syarat yang harus dipenuhi untuk menampilkannya agar masuh kategori foto panorama 360 derajat.

Masih menurut Facebook, syarat minimum foto yang diupload adalah foto panorama yang lebarnya lebih dari 100 derajat. Masksutnya dari sisi yang ditangkap pada gambar ya. Sesuai dengan pengalamanku, untuk mendapatkan foto yang memang benar-benar 360 derajat baik atas bawah atau kesamping itu rentang foto harus 360° x 180° tau rasionya antara 2:1.

Baca Juga :  Taman Tebing Breksi: Tempat Wisata Bekas Tambang Batu Di Yogyakarta

Saat kamu upload file fotonya akan otomatis Facebook mendeteksi bahwasanyya fotonya berbentuk panorama 360 derajat. Kamu tinggal tunggu saja sampai proses upload selesai. Kamu juga bisa tag temen Kamu dan memberikan informasi lokasi dimana tempat foto diambil. Namun untuk tag foto di dalam virtual realitynya belum bisa untuk saat ini.

Cara melihat foto 360 di VR?

Cara melihat foto jenis ini sama dengan foto yang ada diweb aku. Kamu tinggal klik lagu geser-geser kemanapun Kamu mau. Namun bagi Kamu pengguna Samsung Galaxy dan memiliki Samsung Gear VR, kamu bisa melihat foto ini di Kabar Berita foto 360 dengan mengklik Lihat di VR. Atau lebih jelasnya Kamu bisa gabung dengan grup FB yang membahas tenang ini.

Jika anda tertarik untuk membuat Virtual Reality Photography pada bisnis anda, bisa menghubungi saya melalui kontak yang tersedia.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *