cara-membuat-gambar-untuk-blog

Image: [Edi Susilo] canva.com

Cara Membuat Gambar Untuk Blog Menggunakan Canva, Gampang!

Dalam membuat postingan blog, agar mendapat penilaiau SEO bagus dan menarik tentunya butuh gambar. Gambar bisa berupa hasil jepretan atau dari sumber yang gratis, seperti pixabay. Tetapi gak semua gambar yang gratis sesuai dengan yang kita butuhkan. Solusinya dengan cara membuat gambar untuk blog sendiri.

Membuat gambar sendiri bisa dilakukan jika kita menguasai aplikasi desain grafis. Selain itu kita juga butuh aplikasi grafis tentunya. Gimana kalau membuat gambarnya yang gampang? Ada cara gampang membuat gambar untuk blog, yaitu menggunakan Canva.

Apa itu Canva? Canva merupakan tempat untuk editor gambar online. Dengan Canva kita bisa membuat gambar sendiri atau menggunakan hasil editan yang sudah ada. Nggak hanya sendiri, Kamu juga bisa bergabung dengan tim dalam membuat desain.

Baca Juga :  Apa Itu DA dan PA? Kenapa Blog Harus Punya Skor Tinggi?

Canva ini adalah solusi bagi Kamu yang mau membuat gambar untuk dipasang diblog yang gampang buatnya. Nggak perlu menguasai banget dasar-dasar pada aplikasi desain grafis. Tinggak klik-klik aja udah langsung jadi. Bagaimana cara membuat gambar untuk blog di Canva? Nih aku tunjukkan.

1. Daftar Sebagai Member

Sebelum Kamu bisa menggunakan fitur yang ada di Canva, Kamu terlebih dahulu harus mendaftar sebagai member. Cara daftarnya standar seperti daftar-daftar media sosial. Kamu bisa mendaftar sebagai personal, edukasi atau bisnis. Pilih salah satu yang sesuai aja ya. Untuk link daftarnya bisa Kamu klik disini.

2. Login Dulu

Kalau udah daftar secara lengkap dan verifikasi email, saatnya login. Jika sudah login, Kamu akan dibawa ketampilan dashboard. Disana Kamu bisa mulai membuat gambar yang Kamu mau. Bisa menggunakan desain yang sudah ada, atau membuat versimu sendiri.

Baca Juga :  Langkah 5: Konten Blog Baru WordPress [Khusus Untuk Pemula]

3. Buat Gambar Ukuran Sesuka Kita

Karena untuk bahan blog, ukuran yang ada di Canva nggak sesuai jika dipasang di blogku. Blogku ini standar gambarnya adalah 600×400. Jadi perlu membuat dengan dimensi sendiri. Di Canva bisa lho membuat dengan ukuran yang kita mau. Caranya pada bagian dashboard, klik tombol Dimensi Khusus. Disitu tinggal isi ukurang yang Kamu mau dan klik tombol Buat desain baru.

Tampilannya akan seperti gambar dibawah ini. Lengkap ada template yang bisa Kamu gunakan. Kamu juga bisa menambah gambar dan teks. Mudah banget kok caranya buatnya di Canva.

Cara Membuat Gambar Untuk Blog Canva

canva.com

4. Download Gambar Dari Canva

Hasil dari gambar yang kita buat di Canva bisa kita download untuk bahan blog. Caranya klik tombol Publikasikan > Unduh di pojok kanan atas. Kamu bisa memilih format gambar PNG atau JPG. Gambar akan terunduh dan tersimpan di komputermu.

Baca Juga :  6 Manfaat SEO Bagi Blog Yang Perlu Kamu Ketahui!

Menggunakan Canva ini gratis jika Kamu hanya menggunakan fitur-fitur biasa. Namun ada yang berbayar jika menggunakan fitur-fitur yang kerennya. Canva ini membantu banget mempermudah dalam membuat gambar untuk blog. Semoga cara membuat gambar untuk blog kali ini sedikit membantumu dalam membuat kontel blog. Selamat mencoba dan semoga sukses.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *