Gambar Gratis

Image: edisusilo.com

Pixabay: Penyedia Gambar Gratis Untuk Blog Yang Lengkap Banget!

Membuat postingan blog yang SEO friendly haruslah menyisipkan minimal sebuah gambar. Darimana gambar tersebut? Bebas saja, Kamu bisa buat sendiri seperti pada blog aku ini. Atau Kamu juga bisa mencari di penyedia gambar gratis. Untuk lebih jelasnya mengenai menambahkan gambar pada postingan, Kamu bisa baca pada Langkah 5: Konten Blog.

Salah satu penyedia gambar gratis yang biasa aku nyari gambar disana adalah Pixabay. Pixabay memiliki koleksi gambar yang banyak banget, lebih dari 1 juta gambar. Gambar dengan tema apa aja bisa Kamu cari disana.

Gambar yang ada di Pixabay semua gratis, namun ada beberapa gambar yang serupa lisensinya berbayar. Tapi yang bayar nanti ngarahnya ke shutterstock. Jadi khusus yanga da di pixabay semuanya gratis.

Baca Juga :  Apa Itu Domain TLD? Kenapa Harus Menggunakan Domain TLD?

Gambar yang di Pixabay semua menggunakan lisensi CC0 Creative Commons. Gambar bebas untuk penggunaan komersial dan tidak perlu atribusi. Walaupun gratis, ya sebaiknya sumber gambar tetap perlu Kamu cantumin jika diupload diblogmu.

Untuk cara mendapatkan gambar gratis, Kamu bisa langsung datang ke websitenya, yaitu: pixabay.com. Nanti Kamu bisa langsung mengisi kolom pencarian gambar apa yang Kamu ingin cari. Dan tunggu sampai pixabay menampilkam gambar yang Kamu cari.

Gambar Gratis

pixabay.com

Setelah ditampilkan semua gambar sesuai apa yang Kamu cari. Klik salah satu gambar yang Kamu butuhkan. Kemudian untuk mendownloadnya, Kamu hanya perlu klik tombol Free Download sebelah kanan gambar. Kemudian akan muncul piihan ukuran. Kamu tinggal pilih salah satu ukuran dan klik tombol Download.

Gambar Gratis Download

pixabay.com

Untuk ukuran pilih yang yang kecil aja. Kenapa? Ukuran kecil akan lebih ringan dimuat diblog. Dan Kamu juga bisa hemat space hosting. Kalau mau hemat space hosting lagi, Kamu bisa lakukan cara berikut:

Baca Juga :  Langkah 7: Monetize Blog Baru WordPress [Khusus Untuk Pemula]

Klik kanan pada gambar yang sudah dibuka pada pixelbay tadi. Kemudian klik pilihan Salin alamat Gambar. Langsung saja pada postingan atau pages pilih menu Add Media. Lalu pilih menu Insert form URL. Kamu tinggal paste aja url yang Kamu salin tadi. Dan jangan lupa klik tomol Insert into post.

Cara ini lebih menghemat space hosting. Kenapa? Karena gambar berada dihosting Pixabay. Cara ini juga bisa Kamu terapin di penyedia gambar gratis lainnya.

Sebenarnya masih banyak lagi penyedia gambar gratis yang ada. Namun menurutku yang paling pas dan lengkap ya Pixabay ini. Aku biasanya cari gambar yang diperlukan untuk blog disini. Dan langkah selanjutnya kalau sudah didownload biasanya aku edit terlebih dahulu. Editnya yang mudah pakai apa? Kamu bisa baca pada postingan Pixlr: Software Editing Gambar.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *