Cara Menonaktifkan Block Editor Gutenberg

Image: canva.com

Cara Menonaktifkan Block Editor Gutenberg Menjadi Classic Editor (Lama)

Bagi Kamu penggemar atau pengguna WordPress, bulan ini mungkin merasa ada keanehan pada editor artikel Kamu. Ada perubahan dari classic editor menjadi gutenberg (Editor Block). Dan ini kalau nggak salah berlaku pada WordPress versi 5. Menurutku agak menyusahkan karena sudah terbiasa menggunakan classic editor. Pada kesempatan kali ini aku akan memberikan informasi mengenai cara menonaktifkan block editor gutenberg.

cara menonaktifkan block editor gutenberg menjadi kembali ke classic editor cukup mudah. Kamu hanya tinggal menginstal plugin Classic Editor. Kamu bisa download plugin ini disini. Atau langsung saja ke menu Plugins > Add New dan cari plugin yang namanya Classic Editor. Install dan aktifkan ya.

Jika sudah mengintal plugin ini, ada pengaturan tambahan lagi. Kamu sekarang masuk ke menu Settings > Writing. Cari pada bagian Default editor for all users. Disitu ada 2 pilihan Classic Editor dan Block Editor. Pastikan pilih yang Classic Editor dan klik tombol save changes.

Cara Menonaktifkan Block Editor Gutenberg

edisusilo.com

Dengan cara ini Kamu sudah menonaktifkan block editor gutenberg classic editor yang lama. Kalau aku pribadi masih merasa nyaman menggunakan classic editor. Dan secara penulisan masih mudah yang editor lama sih.

Baca Juga :  Cara Memasang Tombol Share Di Blog WordPress Tanpa Plugin

Sebenarnya block editor gutenberg ini memiliki kelebihan. Kamu bisa leluasa membuat tampilan postinganmu menjadi lebih menarik. Khusunya Kamu yang menggunakan WordPress ini untuk web perusahaan atau instansi. Namun kalau menurutku, untuk blog pribadi yang theme nya masih standar lebih cocok pakai yang classic.

Classic editor ini masih di support hingga setidaknya tahun 2022. Jadi ya masih ada waktu mala untuk belajar menggunakan block editor gutenberg ini. Mungkin saja akan ada perpanjangan waktu jika masih banyak pengguna yang menggunakan classic editor.

Sebenarnya apasih itu block editor gutenberg? Kalau dari tadi kan kita banyak membahas mengenai perpindahan ke classic editor. Block editor gutenberg ini adalah editor default atau bawaan WordPress yang baru. Sebenarnya editor ini sudah ada sejak versi akhir-akhair dari 4 an. Namun statusnya masih berupa plugins. Di WordPress versi 5, block editor gutenberg ini dijadikan default dan classic editor dijadikan plugins.

Baca Juga :  Cara Membuat Pagination Di Wordpress Pakai Angka Tanpa Plugin

Secara fungsi dan hasil, block editor gutenberg seperti plugins premium yang digunakan untuk membuat tampilan artikel jadi lebih cantik. Namun dari segi penggunaannya, agak sulit dan aneh jika jarang menggunakannya. Butuh waktu sih kalau menurutku untuk mempelajari ini.

Editor baru ini pas banget jika dipadukan dengan theme terbaru dari WordPress, yaitu: Twenty Nineteen. Yang 18 gak tau kemana hehe. Ada sih muncul pertanyaan dibenakku, untuk optimasi SEO artikel ngaruh nggak ya? Coba kita lihat dulu beberapa bulan kedepan. Apakah ada keluhan dari sisi SEO tidak dari para blogger.

Untuk artikel pada kali ini cukup ya. Cara menonaktifkan block editor gutenberg menjadi classic editor udah kita bahas diatas. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan selamat mengeblog ria.




About Edi Susilo

Aku Edi Susilo, Blogger & Fotografer Foto 360 Derajat yang saat ini tinggal di Riau. Suka ngeblog mulai tahun 2010 dan keterusan sampai sekarang dan mencoba peruntungan menjadi fotografer foto 360 derajat sejak tahun 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *