Tidak Bisa Mengakses FTP WinSCP

Image: canva.com

Tidak Bisa Mengakses FTP WinSCP, Pakai SFTP Aja Nih Langkahnya

Beberapa waktu lalu aku mengalami kesulitan tidak bisa mengakses FTP WinSCP. Nggak tau kenapa, padahal sebelum-sebelumnya bisa dan lancar. Dan beberapa hostingku juga tidak bisa diakses menggunakan FTP. Pesan yang muncul seperti dibawah ini:

Timeout detected. (control connection)
Could not retrieve directory listing
Error listing directory ‘/public_html’.

Kemudian aku konsultasi sama pihak penyedia hosting. Agak lama sampai munculah solusi. Solusi ini berguna jika FTP di WinSCP atai software lainnya tidak bisa diakses. Atau juga mendapati pesan muncul seperti diatas tadi.

Caranya bagaimana? Mudah pakai saja SFTP? Apa itu FSTP? FSTP merupakan singkatan dari Secure File Transfer Protocol. SFTP ini protokol internet untuk proses upload dan download file web kita. Sebenarnya sala seperti FTP(File Transfer Protocol).

Baca Juga :  LightShot: Aplikasi ScreenShot Terbaik Untuk Komputer Atau PC

Apa bedanya FTP dengan SFTP? Secara fungsi sih keduanya samaa, yang membedakan SFTP memiliki sistem keamanan yang dapat mengenkripsi data transfer. Secara pemakaian juga sama, jadi yang secara umum yang membedakan hanya pengaturan diawal.

Kalau penggunakan FTP pernah aku bahas disini. Untuk SFTP caranya hampir sama dengan FTP hanya ada pengaturanya sedikit berbeda. Langsung saja berikut langkah-langkah yang perlu Kamu lakukan.

Langkah pertama buka aplikas WinsSCP Kamu. Kemudian klik tombol new site dan fokus pada bagian Session. Pada pilihan File Protocol pilih SFTP.

Kemudian pada bagian Host name, jika blogmu tidak menggunakan https atau masih http maka kamu hanya perlu memasukkan nama domainmu seperti domainblogmu.com. Jika blogmu sudah menggunakan https, maka Kamu perlu memasukkan IP Address servermu.

Baca Juga :  XAMPP: Software Untuk Membuat Server Web Lokal Untuk WordPress

Untuk Port number defaultnya adalah 22. Kalau aku menggunakan 64000 atau disesuaikan saja dengan informasi dari pihak hostingmu. Bisa saja berbeda dan bisa Kamu coba dari mulai port 22 dan 64000.

Kemudian masukkan user name cpanelmu dan password. Kalau sudah tinggal klik tombol Login. Untuk memudahkanmu jika pingin masuk lagi, data yang sudah kamu isikan tadi bisa di simpan dengan klik tombol Save. Contoh pengisiannya bisa Kamu lihat seperti pada gambar dibawah ini.

Tidak Bisa Mengakses FTP WinSCP

edisusilo.com

Selebihnya penggunakan SFTP ini sama dengan FTP. Untuk cara penggunaanya bisa Kamu baca selengkapnya disini. Dengan cara ini semoga masalah tidak bisa mengakses FTP WinSCP bisa terlesaikan. Dan semoga artikel kali ini bermanfaat dan jangan lupa kunjungi blog ini untuk mendapatkan tutorial-tutorial tentang blog lainnya.




About Edi Susilo

Aku Edi Susilo, Blogger & Fotografer Foto 360 Derajat yang saat ini tinggal di Riau. Suka ngeblog mulai tahun 2010 dan keterusan sampai sekarang dan mencoba peruntungan menjadi fotografer foto 360 derajat sejak tahun 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *