WinSCP

Image: winscp.net

WinSCP: Software Wajib Untuk Blogger [WordPress Self Hosting]

Hai semua, kali ini aku akan membahas sedikit mengenai aplikasi yang aku rekomandasikan buat Kamu Blogger khususnya yang menggunakan WordPress Self Hosting. Aplikasinya yaitu WinSCP. Mungkin sebagian Kamu sudah ada yang tau. Bagi yang belum tau, lanjut baca sampai habis ya.

WinSCP merupakan singkatan Windows Secure CoPy. WinSCP ini berguna untuk transfer file antara komputer lokal dan remote. Kalau dalam blog atau website, untuk mempermudah kita mentransfer dari komputer kita ke server hosting.
Tanpa buka Cpanel, kita bisa upload file yang kita butuhkan ke file manager pada hosting blog kita.

WinSCP ini dikembangkan oleh Martin Prikryl sekitar pada tahun 2000. Aplikasi ini bersifat open source alias gratis. Dan sesuai namanya, hanya diperuntukkan pada sistem operasi windows. Itu mengenai informasi singkatnya ya.

Baca Juga :  Kenapa Aku Buat Blog Di Wordpress Self Hosting? Nih 7 Alasannya!

Diluaran sana mungkin ada aplikasi sejenis, namun menurutku aplikasi yang satu ini cukup istimewa. Berikut beberapa kei istimewaan yang dimiliki aplikasi ini.

1. Desain Antarmukanya Mudah

Walapun gratis, aplikasi ini mudah digunakan. Untuk transfer kita hanya tinggal drag and drop saja. Layaknya didalam explorer, kita mudah mengatur file yang ada di file manager pada hosting blog kita. Bagi yang nggak mau ribet upload file, mending pakai aplikasi ini deh.

2. Bisa Edit File Langsung

Selain bisa untuk upload file dan download, aplikasi ini juga memengkinkan kita untuk mengedit file yang ada di hosting. Tinggal klik 2 kali pada file yang akan kita edit, menu editor akan keluar. Kita bisa leluasa mengedit file yang kita Mau. Cara ini bermanfaat banget saat aku akan mengedit file pada theme misalnya.

Baca Juga :  PTGui: Aplikasi Untuk Membuat Foto 360 Derajat Seperti Di Blog Ini

3. Bisa Buka Banyak Akun Sekaligus

Bagi Kamu yang memiliki banyak blog atau banyak mengelola blog, hal ini saat berguna banget. Kita bisa membuka banyak akun hosting sekaligus. Cara ini memudahkan kita jika ingin memindahkan file dari satu blog ke blog lain.

Masih banyak lagi keunggulan yang dimiliki aplikasi ini. Jujur ajam aku hanya menggunakan untuk upload, download dan edit file saja. Nggak terlalu menelusuri lebih jauh. Masih banyak lagi yang perlu dipelajari dari aplikasi ini.

Bagaimana mengaturnya agar akun hosting kita bisa dibuka pada WinSCP ini? Mudah saja, Kamu hanya mempersiapkan hosting yang akan dibuka melalui aplikasi ini. Untuk caranya akan kita bahas pada postingan berikutnya ya. Untuk mendapatkan aplikasi ini, Kamu hanya perlu mendownloadnya melalui tombol dibawah ini.

Baca Juga :  Langkah 5: Konten Blog Baru WordPress [Khusus Untuk Pemula]

Download WinSCP



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *