Biaya Membuat Blog

Image: edisusilo.com

Berapa Sih Biaya Membuat Blog WordPress Self Hosting? Nih Ulasannya!

Hai semuanya, aku udah banyak nulisin tutorial membuat blog menggunakan WordPress disini. Tapi tulisan yang satu ini belum pernah nih aku bahas. Sebenarnya berapa sih biaya membuat blog WordPress Self Hosting sendiri dan apa aja yang akan dibeli?

Tulisan kali ini aku akan membahas berapa pengeluaran yang perlu Kamu keluarkan saat pertama membuat blog menggunakan WordPress Self Hosting. Mungkin ini bisa berbeda-beda ya antara satu dengan lainnya. Yang aku bahas disini adalah versiku sendiri hehe. Yuk langsung aja kita mulai membahas biaya membuat blog berikut:

1. Beli Domain

Biaya pertama adalah biaya beli domain. Domain itu banyak banget macamnya. Tapi yang aku rekomendasikan ya antara .com, .net., dan .id. Kenapa? Padahal ada .my.id dan .web.id ya? Pemilihan antara .com, .net., dan .id karena umumnya yang banyak diketahui orang. Dan antara .com, .net., dan .id ini domain TLD. Apa itu domain TLD? Kamu bisa baca disini.

Langsung saja ya, soal harga domain ini aku berpedoman ke tempat biasanya aku beli domain. Untuk domain .com harganya Rp 114.900 , domain .net harganya Rp 129.900, dan domain .id harganya Rp 249.900. Untuk domain .id biaya ditahun pertama itu ada diskon dan harganya bisa jauh lebih murah. harga ini untuk 1 tahun ya.

Baca Juga :  7 Kesalahan Blogger Pemula Yang Biasa Dilakukan, Kamu Harus Tau!

Contoh kita akan buat blog dengan domain .com. Berarti tahun pertama untuk biaya domain kita mengeluarkan biaya Rp 114.900. Untuk tahun Kamu perlu banyar sejumlah uang yang sama atau bahkan naik. Kamu bisa membeli dalam rentang waktu sekian tahun sekaligus juga bisa. Tapi aku saranin 1 tahun terlebih dahulu. Berarti untuk biaya domain .com kita keluarkan sebesar Rp 114.900.

2. Biaya Hosting

Untuk hosting ini kita bisa memilih tempat penyedia yang murah namun tetap berkualitas. Kalau untuk awal-awal atau blog baru, kebutuhan hosting tidak terlalu besar. Aku saranin beli yang paling murah dan paling kecil aja kapasitasnya. Kenapa? Biasaya blog baru itu belum banyak pengunjungnya atau malah cuma kita saja yang mengunjunginya. Itu untuk poin pertama.

Poin kedua, menurut aku jangan beli hosting untuk 1 tahun sekaligus. Kenapa? sama seperti diatas, blog baru belum banyak pengunjungnya. Selain itu, untuk menghindari ketidak cocokan kita pada hosting tersebut. Saran sih beli 1 bulan atau per 3 bulan dulu. Kalau Kamu udah yakin, boleh deh beli 1 tahun sekaligus.

Baca Juga :  Kenapa Kamu Harus Punya Blog? Nih 5 Alasannya!

Poin ketiga, pilih penyedia yang terpercara. Banyak kok penyedia hosting yang bagus-bagus. Selain itu lihat spesifikasi dari hosting yang ditawarkan. Pilih yang menyediakan spesifikasi Cloud hosting SSD. Sesuai pengalaman, hosting jenis ini memiliki performa yang tidak mengecewakan.

Langsung saja kita lihat biaya hostingnya. Harga ini dari penyedia hosting yang aku pakai ya. Untuk yang termurah itu ada Rp 8.000 /bulan space 300 Mb, Rp 16.000 bulan Space 750 Mb, Rp 40.000 bulan space 2 Gb dan lebih mahal lagi. Ada juga penyedia jasa yang lebih murah dari ini banyak, tapi dari sekian banyak dan aku juga sering pindah-pindah, disini yang pas buat aku.

Aku saranin beli yang Rp 8.000 /bulan space 300 Mb terlebih dahulu. Beli yang 3 bulan aja, biar Kamu nggak ribet untuk bayar tiap bulan. Spacenya kecil memang 300 Mb, tapi yang perlu Kamu tau file keseluruhan blog WordPress itu sekitar 50an Mb saja. Jadi untuk segitu udah lebih dari cukup Jika kita total, jadinya untuk hosting kelur biaya Rp 8.000 x 3 bulan = Rp 24.000.

Baca Juga :  6 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Melalui Blog

Itu aja sih biaya membuat blog yang perlu Kamu keluarkan, yaitu untuk biaya domain dan hosting. Langsung kita jumlahkan biaya domain 1 tahun Rp 114.900 + hosting 3 bulan Rp 24.000 = Rp 168.900. Yup biaya yang Kamu keluarkan diawal untuk 3 bula pertama, yaitu Rp 168.900. Untuk biaya hosting setiap 3 bulan Kamu bayar Rp 24.000 dan domain setiap tahun Rp 114.900.

Ada biaya lain? ada jika blog yang Kamu buat menggunakan jasa pembuatan blog. Kalau Kamu nggak mau keluar biasa sendiri, aku udah jelasin semua diblog ini langkah-langkah membuat blog dari awal sampai akhir. Kamu bisa mulai langkahnya disini. Caranya mudah, untuk proses beli domain dan hosting juga ada. Sebisa mungkin ikutin dari langkah 1.

Terjangkau bukan yang dikeluarkan untuk biaya membuat blog. Yang susah itu biasanya konsisten untuk mengisi konten. Bagi Kamu yang memang pingin belajar membuat blog sendiri, di blog ini udah aku sediakan tutorial-tutorialnya. Semoga infromasi ini bermanfaat ya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *