Perlengkapan Ngeblog

Image: pixabay.com

Pingin Jadi Blogger? Kamu Butuh Perlengkapan Ngeblog Seperti Berikut

Makin kesini, mulai ramai yang menggeluti profesi sebagai blogger. Selain bisa mengekspresikan diri, kini ngeblog juga bisa dapat pengahasilan. Lumayan juga penghasilan yang bisa didapatkan dari ngeblog. Dan untuk menjadi blogger pastinya membutuhkan perlengkapan ngeblog.

Apapun profesinya pastilah membutuhkan yang namanya perlengkapan. Termasuk juga jadi blogger, Kamu butuh ini dan itu. Sebenarnya ini bisa disiasati dengan meminjam kepada teman atau siapapun. Tapi masak yo minjam terus, ya malu dong ya.

Untuk menjadi blogger nggak banyak perlengkapan yang dibutuhkan. Beberapa perlengkapan pastinya sudah dimiliki sebagian dari Kamu. Nih berikut perlengkapan ngeblog yang bakalan Kamu butuhkan untuk jadi blogger:

1. Komputer Atau Laptop

Yang pertama ini sudah pasti Kamu harus punya salah satunya. Tapi kalau aku sih mending punya laptop. Kenapa? Kelebihan laptop mudah dibawa kemana-mana. Jadi Kamu bisa ngeblog dimana saja tanpa batasan tempat.

Bosan juga kadangkan kalau dirumah aja, bolehlah sekali-kalai pergi ke suatu tempat yang ada wifinya buat ngeblog. Selain itu juga, terkadang ada temu kangen sesama blogger misalnya. Kalau ada laptop bisa kita bawa, mana tau nanti ada mastah yang bisa memberikikan sedikit ilmunya.

Baca Juga :  Kenapa Kamu Harus Punya Blog? Nih 5 Alasannya!

Bagi Kamu yang belum punya laptop, ngeblog nggak perlu laptop yang spesifikasinya gahar. Ya kalau kau secukupnya saja sih ya. Yang terpenting nyaman untuk digunakan dan gak lemot. Kamu bisa cek spesifikasi laptop online di tokopedia.

2. Smartphone

Smartphone kalau aku butuh, karena alat yang satu ini lebih mudah dibawa dari pada laptop. Untuk apa aja smartphone ini? Smartphone bisa untuk email, biasanya klien menghubungi melalui email jadi kita bakal lebih mudah berkomunikasinya. Selain itu kita bisa pantau blog melalui smartphone, seperti: analytics, adsense dan nulis dari smartphone jika lagi senggang.

Untuk spesifikasi smartphone kalau menurut aku ya mulai menengah keatas. Susah juga kalau pakai smartphone yang spesifikasinya rendah sering lemot. Yang belum punya, Kamu bisa beli handphone dengan harga terbaik di tokopedia.

Baca Juga :  Apa itu SEO? Kenapa Blog Membutuhkan SEO? Jawabnya SEO Adalah ...

3. Kamera

Blogger butuh gambar, jadi Kamu butuh alat yang bisa mengabadikan suatu gambar dong. Bisa juga Kamu memanfaatkan kamera dari smartphone. Yang pasti smartphone yang memiliki kualitas yang bagus. Kalau bawa smartphone biasa lebih ringkes jika dibawa kemana-mana.

Selain gambar, kalau Kamu bisa juga buat video dengan kamera. Bagus kalau misal artikel tentang tutorial dilengkapi dengan video. Pengunjung pasti bakal lebih suka karena lebih lengkap informasinya.

4. Akses Internet

Manjadi blogger itu butuh internet. Apapun caranya yang penting bisa akses internet. Kamu bisa memanfaatkan wifi atau thetering hotspot dari smartphone. Kalau aku pakai keduanya, kadang pakai wifi kadang juga pakai thetering hotspot.

5. Software Editor Gambar

Kembali ke point yang ke 3 diatas, karena ada gambar pasti juga butuh software editor. Software yang paling mudah dan aku pakai yaitu pixlr. Selain gratis software ini juga praktis.

Pixlr kalau menurut aku sudah cukup untuk blogger. Biasanya cuma untuk mengubah ukuran, motong dan edit style dikit. Kamu bisa langsung download aja di website pixlr.

Baca Juga :  Langkah 3: Pengaturan Blog Baru WordPress [Khusus Untuk Pemula]

6. Biaya Untuk Domain Dan Hosting

Selain peralatan Kamu juga butuh biaya tambahan. Untuk apa? untuk beli domain das hosting. Kamu juga bisa hemat biasa dengan membeli domain saja tapi dengan memanfaatkan platform blogger. Tapi kalau menjadi blogger bakalan serius, saran aku mending pakai wordpress dengan konsekuensi harus ada biaya tambahan membeli hosting.

Harga domain dan hosting tergantung yang Kamu butuhkan. Domain mulai 10 ribu sampai dengan ratusan ribu pertahun. Untuk hosting ada yang mulai ribuan sampai dengan jutaan untuk perbulannnya. Kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhkanmu seperti apa.

Itu aja sih ya 6 perlengkapan ngeblog yang bakalan Kamu butuhkan untuk jadi blogger. Mungkin setiap blogger bakalan berbeda-beda. Sesuikan aja dengan kebutuhkanmu seperti apa. Kalau mau lebih mudah tanpa keluar biaya banyak, Kamu pergi ke warnet hehe. Udah siap jadi blogger?



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *