Cara Buat Sticky Post Pada Kategori Di WordPress

Image: [Edi Susilo] canva.com

Cara Buat Sticky Post Pada Kategori Di WordPress

Halo semua, kembali lagi dengan artikel baru. Pada kesempatan kali ini aku akan share gimana cara buat sticky post pada kategori di WordPress. Mungkin Kamu pernah dengar apa itu sticky post? Yuk kita bahas selengkapnya.

Sticky post atau kalau diterjemahin di Google translete itu “posting tempel” atau posting lengket. Maksudnya disini adalah postingnya yang kita tandai dan akan tampil diawal. Umumnya akan tampil dihalaman depan beranda atau home.

Caranya gimana? mudah banget. Kamu tinggal klik link Edit pada bagian Visibility: Public dibagian kanan atas. atau tepatnya di atas tombol publish jika Kamu sedang membuat artikel baru. Pada bagian pilih public silahkan klik centang di “Stick this post to the front page”. Dan sudah pasti klik tombol Publish untuk tahap selanjutnya.

Baca Juga :  Menyelesaikan Permasalahan Plugin Yoast SEO agar dapat [SEO: Good]

Sesuai dengan centang diatas dan penjelasan yang sudah ada, postingan yang ditandai akan tampil dihalaman depan. Tapi ini hanya bisa berlaku untuk 1 postingan saja. Biasanya digunakan untuk menandai postingan yang dirasa penting.

Kalau itu kan untuk postinga seca menyeluruh. Bagaimana kalau posting yang di sticky post ini tampil untuk tiap kateori? dalam artian ada 1 artikel yang di beri tanda sticky post untuk tampilam kategori.

Contohnya seperti di beberapa bagian panduan di blog ini. Akan ada postingan yang diberi garis hitam. Yang ditampilkan adalah artikel berupa langkah membuat blog. Masing-masing kategori ada post yang dilengketkan. Caranya gimana? Pada kesempatan ini sebenarnya hanya membahas cara buat sticky post pada kategori di WordPress. Namun perlu rasanya untuk membuat bahasan secara umum.

Baca Juga :  10 Plugin Yang Diperlukan Untuk CMS WordPress

Cara termudah dan yang aku pakai, yaitu menggunakan plugins. Nama pluginsnya Category Sticky Post By Tom McFarlin. Plugins ini sangat berguna banget untuk aku. Aku bisa menampilkan artikel utama setiap kategori. jadi pembaca tidak akan selalu melihat artikel yang kita sematkan.

Langsung saja cari Category Sticky Post ini dan download. Kamu bisa langsung mendownload di menu Plugins > Add New. Atau kalau masih bingung baca tutorial cara pasang plugins disini.

Sama seperti sticky post yang bawaan WordPress, untuk Category Sticky Post ini hanya 1 artikel saja yang bisa ditampilkan untuk per kategorinya. Untuk caranya menerapkannya mudah banget, Kamu tinggal pilih kategori mana artikel yang akan Kamu tempelkan. Pengaturan ini dibagian Categori Sticky di form pembuatan artikel. Atau caranya hampir mirip dengan memilih kategori untuk artikel.

Baca Juga :  Cara Memasang Komentar Facebook Di Wordpress Dan Manfaatnya

Akan ada border hitam di artikel yang kita tampilkan. Kalau pingin menghilangkan tanda tersebut, klik centang pada “Hide Sticky Post Border?”. Kalau aku sih senang yang ada tandanya. Akan lebih terlihat pada di pembaca.

Sepertinya sudah di penghujung mengenai panduan cara buat sticky post pada kategori di WordPress. Mudah-mudahan cara ini bermanfaat buat Kamu. Selamat mencoba dan semoga sukses dengan blognya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *