Pengertian User Interface (UI)

Image: canva.com

Pengertian User Interface (UI) Dan Mengapa User Interface Itu Penting?

Pernah dengan yang namanya UI? Bukan Universitas Indonesia ya, UI disini istilah dalam desain atau teknologi informasi. UI yang dimaksud adalah singkatan dari user interface. Kalau user interface mungkin udah banyak yang tau ya? Senarnya apa pengertian user interface? Akan kita bahas lengkap disini ya.

Pengertian User Interface (UI)

User Interface (UI) adalah bentuk visual atau tampilan pada website atau software yang ditujukan pada penggunanya agar ada interaksi didalamnya. Penamaan user interface ini juga berlaku pada software perangkat dekstop maupun mobile seperti smartphone. Tampilan menu-menu pada smartphone Kamu atau tampilan blog ini itu dinamakan user interface.

Mengapa User Interface Itu Penting?

Baca Juga :  Cara Menggunakan System Usability Scale (SUS) Pada Evaluasi Usability

1. Penghubung Langsung

User interface memiliki peran penting pada sebuah aplikasi. Karena user interface adalah penghubung langsung antara pengguna (kita) dengan sistem aplikasi itu sendiri. Yang membuat sebuah sistem bisa berjalan dan dikendalikan oleh pengguna ya karena adanya user interface.

2. Berdampak Pada Faktor Kesuksesan

Bagus tidaknya user interface pada sebuah aplikasi, bisa berdampak pada kesuksesan aplikasi tersebut. Jika user interfacenya mudah digunakan akan ada kemungkinan aplikasi banyak dan sering digunakan, jika sebaliknya user interfacenya menyulitkan maka besar kemungkinan aplikasi itu akan ditinggalkan.

3. Identitas Atau Ciri Khas

User interface bisa dijadikan sebagai identitas atau ciri khas dari sebuah produk. Jika Kamu pernah menggunakan smartphone android, IOS (Apple dan windows phone Kamu pasti tau bedanya. Ketiga sistem operasi tersebut memipiki ciri khas desain user interface masing-masing. Dan desain tersebut dibuat secara konsisten dari mulai versi lama sampai versi terbaru.

Baca Juga :  Cara Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) Pada Uji UX

4. Berpengaruh Pada SEO (Pada Website)

Tau nggak kalau user interface blog itu bisa berpengaruh pada seo? Benarkah? User interface tidak hanya membahas soal indah dan mudahnya digunakan sebuah aplikasi, pada website kecepatan juga masuk dalam bagian user interface. Kecepatan sebuah website saat dibuka akan berpengaruh pada pengunjung yang datang. Makin cepat dibuka makin besarn kemungkinan pengunjung sering datang, makin lama dibuka makin besar kemungkinan ditinggalkan.

5. Menarik Minat Pengguna

Dulu sebuah desain user interface haruslah mudah digunakan itu sudah cukup. Sekarang mudah digunakan saja tidaklah cukup, desain harus bisa menarik minat penggunanya. Menarik dalam artian tidak harus yang wah, namun cukup memberi kesan menyenangkan saat digunakan ke pengguna.

Baca Juga :  Pengertian User Experience (UX) Dan Mengapa User Experience Itu Penting?

Sampai disini sudah tau ya secara singkat pengertian user interface dan kenapa user interface itu penting. User interface merupakan hal pertama yang akan dilihat saat pengguna menggunakan sebuah aplikasi. Kesan pertama ini haruslah memberikan kesan yang menyenangkan. User interface harus mudah dan menarik untuk digunakan.




About Edi Susilo

Aku Edi Susilo, Blogger & Fotografer Foto 360 Derajat yang saat ini tinggal di Riau. Suka ngeblog mulai tahun 2010 dan keterusan sampai sekarang dan mencoba peruntungan menjadi fotografer foto 360 derajat sejak tahun 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *