Perbedaan Usability Dan User Experience

Image: canva.com

Perbedaan Usability Dan User Experience, Dimana Penarapannya?

Dalam merancang desain user interface (UI) aplikasi, tentunya Kamu harus paham mengenai usability dan user experience (UX). Dan aku udah pernah membahas pengertian dari keduanya. Yang masih menjadi pertanyaan adalah apa perbedaan usability dan user experience? Dimana penerapan usabiliy dan user experience?

Pada tulisan “Pengertian Usability” aku sudah menjelaskan, usability merupakan tingkatan kemampuan sebuah aplikasi yang dapat digunakan oleh pengguna secara mudah dan tujuan dalam penggunaan tercapai.

Pada tulisan “Pengertian User Experience” aku juga sudah menjelaskan user experience adalah pengalaman yang diberikan website atau software kepada penggunanya agar interaksi yang dilakukan menarik dan menyenangkan.

Dari pengertian antara usability dan user experience diatas, kita sudah bisa lihat bedanya. Usability ini hanya fokus sampai sebuah aplikasi mudah digunakan dan tujuan penggunaan atau fungsi aplikasi tercapai. Sedangkan user experience lebih dari sekedar usability, apliaksi harus menarik dan juga menyenangkan.

Baca Juga :  Cara Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) Pada Uji UX

Dulu aplikasi sudah memenuhi standar usability itu sudah cukup. Sekarang harus lebih dari itu, user experience perlu juga diterapkan. Dan pada user experience ini sudah dimasukkan bagian usabilitinya.

Jadi kalau ditanya apa perbedaan usability dan user experience?
Usability : Aplikasi harus mudah digunakan dan tujuan dalam penggunaan tercapai.
User experience : Usability + interaksi yang dilakukan menarik dan menyenangkan.

Dimana penerapan usabiliy dan user experience?

Walaupun saat ini aplikasi harus memiliki user experience yang bagus, namun tidak semua aplikasi memerlukan user expereince. Ada kalanya sebuah aplikasi hanya membutuhkan usability saja. Benarkah? Seperti apa contohnya penerapannya?

Aplikasi yang membutuhkan user experience itu aplikasi yang sering digunakan oleh pengguna umum. Contohnya seperti aplikasi chatting, media sosial, e-commerce, office, game dan aplikasi yang pengguna umum lainnya.

Baca Juga :  Pengertian User Experience (UX) Dan Mengapa User Experience Itu Penting?

Aplikasi yang hanya membutuhkan usability dan terlalu tidak memerlukan user experience seperti aplikasi yang penggunanya khusus. Contohnya aplikasi kasir, aplikasi bank, sistem informasi perpustakaan, dan aplikasi lainnya yang penggunanya khusus. Pengguna khusus ini maksudnya, tidak semua orang akan menggunakannya.

Bagi Kamu yang ingin menguji sebuah aplikasi, pastikan apakah aplikasi itu memerlukan uji user experience atau hanya cukup uji usability saja. Sampai sini sudah kelihatan ya perbedaan usability dan user experience? Semoga sudah paham ya. Semoga informasi kali ini bermanfaat buat Kamu.




About Edi Susilo

Aku Edi Susilo, Blogger & Fotografer Foto 360 Derajat yang saat ini tinggal di Riau. Suka ngeblog mulai tahun 2010 dan keterusan sampai sekarang dan mencoba peruntungan menjadi fotografer foto 360 derajat sejak tahun 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *