Berapa Lama Blog Bisa Menghasilkan Uang

Image: canva.com

Berapa Lama Blog Bisa Menghasilkan Uang? $100 Pertama Adsense

Nggak dipungkiri bahsa saat ini orang ingin mendapatkan uang dengan cara mudah. Salah satunya yang dianggap mudah adalah mencari penghasilan dari ngeblog. Benarkah mudah? Untuk mengetahui seberapa mudahnya, Kamu perlu tau berapa lama blog bisa menghasilkan uang.

Kalau ditanya berapa lama blog menghasilkan uang, sudah pasti jawabannya tak pasti. Tergantung, mau melalui cara apa. Ada yang caranya menggunakan adsense atau mengandalkan job review atau content placement. Akan kita bahas secara lengkap untuk menjawab pertanyaan diatas.

Jika Fokus Pada Job Review Atau Content Placement

Pendapatan dari ngeblog itu ada yang dari job review atau content placement. Apa itu job review? Job review ini tawaran dari klien berupa mengulas sesuatu, bisa produk atau jasa dan dipublis diblog kita. Sedangkan content placement itu apa? Klien menawarkan untuk menempatkan artikel mereka dan dipublis diblog kita. Job review atau content placement hanya beda siapa yang menulis saja dan keduanya sama-sama akan memberikan link keluar menuju website klien.

Syarat utama mendapatkan job review atau content placement ini biasanya berdasarkan DA dan PA blog kita. Apa itu DA dan PA? bisa Kamu baca lengkap pada artikel “Apa Itu DA Dan PA?“. Makin tinggi DA dan PA maka makin tinggi penawaran yang didapat. Biasanya untuk mendapatkan job review atau content placement minimal DA 15 dan PA 15. Saran sih ya diatas 20.

Baca Juga :  Cara Verifikasi Adsense Lewat KTP [PIN Google Adsense Tidak Datang]

Jika Kamu memulai dari 0 (Nol), maka paling nggak butuh minimal paling cepat 6 bulan bisa mendapatkan diatas DA 15. Ini tergantung bagaimana Kamu mengoptimalkan blogmu. Dan tentunya sebisa mungkin ada artikel yang dipublish setiap hari.

Pengalamanku berapa lama blog bisa menghasilkan uang? Untuk mendapatkan job review atau content placement butuh 1 tahun dari 0 (Nol) ya. Dan kalau untuk mendapatkan sampai $100 pertama ya butuh waktu 6 bulan setelah itu (Kondisi Ngeblob Santai). Karena dulu 1 artikel itu kadang dihargai 50-100 ribu. Bahkan ada yang 25 ribu saja.

Paling tidak Kamu butuh minimal 1 tahun paling cepat untuk mendapatkan $100 dari job review atau content placement jika ngeblognya serius. Kalau ngeblognya santai seperti aku ya bisa lebih lama lagi. Tergantung kerja kerasmu seperti apa.

Gimana cara mendapatkan job review atau content placement? Ya langkah pertama membuat halaman penawaran. Kedua, Kamu bisa ikut mendaftar ke digital agency yang menampung job-job untuk blogger. Selengkapnya bisa Kamu baca di sini : Langkah 7: Monetize Blog Baru

Baca Juga :  SSL Gratis Dan SSL Berbayar Mempengaruhi Hasil Adsense?

Jika Fokus Pada Adsense

Kalau tadi fokus pada job review atau content placement paling cepat 1 tahun untuk mendapatkan $100 pertama. Bagaimana jika fokus dengan Adsense? Kita ambil contoh jika dari 0 (Nol) ya.

Syarat blog bisa didaftarkan adsense itu berumur minimal 6 bulan. Rekomendasiku untuk bisa mendapatkan pendapatan dari adsen yang ideal, minimal pengunjung sudah diatas 1000 per hari. Anggap saja dalam 6 bulan jika dari 0 (Nol) bisa mendapatkan pengunjung 1000 perhari.

Kemudian jika sudah 6 bulan, Kamu mendaftar adsense dan langsung diterima. Kamu pasang iklan diposisi startegis. Jika sudah mendapatkan $10 maka akan ada pemberitahuan mendapatkan pin. Anggap saja pin juga sudah terkirim dirumah, jika pin bermasalah Kamu bisa baca artikel berikut “Cara Verifikasi Adsense Lewat KTP” untuk solusinya.

Dari pengalamanmu saat ini, paling cepat untuk mendapatkan $100 pertama itu butuh 6 bulan. Karena dari yang aku lihat, dari awal memang iklan adsense seperti nggak bisa langsung dapat $100 dalam sebulan. Tapi nggak tau juga, mungkin ada yang penglaman langsung $100 dalam bulan pertama bisa komentar dibawah. Dalam kasus ini anggap saja 6 bulan ya untuk $100 pertama.

Baca Juga :  Auto Ads: Cara Ampuh Meningkatkan Pendapatan Adsense Di WordPress

Jika dihitung dari 0 sampai mendapatkan $100 butuh waktu 1 tahun. Itu udah paling cepat sepertinya. Dengan catatan, akun adsense langsung diterima. Karena realitanya dilapangan, nggak sedikit yang ditolak. Aku butuh waktu 2 tahun bisa diterima akun adsensenya. Berapa kali penolakan? Udah nggak terhitung hehe.

Berapa lama blog bisa menghasilkan uang? Jika mengandalkan job review atau content placement atau mengandalkan adsense, ya sama-sama membutuhkan waktu 1 tahun. Mungkin Kamu bisa lebih cepat lagi kalau punya tim. Kalau sendiri ya gambarannya seperti itu. Lama ya? Ya jelas lama banget kalau Kamu fokusnya memang untuk dapat uang.

Untuk bisa mendapatkan uang $100 pertama butuh 1 tahun juga Kamu nggak santai lho. Kamu perlu mempublish artikel paling nggak sehari 1. Kalau nggak biasa udah pasti berat. Aku aja sampai sekarang belum bisa konsisten menulis 1 artikel sehari.

Saran sih, jika memang ngeblog untuk fokus cari duit ya lupakan. Fokus pada membuat konten dan pengoptimalan blog saja dulu, lupakan dulu berapa lama blog bisa menghasilkan uang. Nanti uang bisa datang dengan sendirinya. Dan isi artikel ini bisa beda-beda setiap orang ya. Semoga bermanfaat ya, dan sukses dengan blognya.




About Edi Susilo

Aku Edi Susilo, Blogger & Fotografer Foto 360 Derajat yang saat ini tinggal di Riau. Suka ngeblog mulai tahun 2010 dan keterusan sampai sekarang dan mencoba peruntungan menjadi fotografer foto 360 derajat sejak tahun 2013.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *