Memasang Tombol Share

Image: edisusilo.com

Cara Memasang Tombol Share Di Blog WordPress Tanpa Plugin

Salah satu cara untuk menaikkan skor DA dan PA adalah dengan share apa yang kita tulis di media sosial. Dan bagaimana agar orang yang datang mau menshare artikel yang mereka baca? Salah satu cara awal yaitu dengan memasang tombol share di blog.

Memasang tombol share button di blog khususnya wordpress itu ada 2 cara. Pertama Kamu bisa memanfaatkan plugin dan yang kedula Kamu bisa membuatnya tanpa plugin. Yang pakai plugin jelas cara ini mudah, sedangkan yang tanpa plugin Kamu harus sedikit mengutak-atik theme blog.

Pada tutorial kali ini aku akan membagikan cara memasang tombol share tanpa plugin. Kenapa? Jadi katanya semakin banyak plugin yang terpasang bisa menyebabkan beban server makin berat. Selain itu beberapa plugin terkadang programnya bisa membebani load blog. Jadi blog bakal lebih lambat saat dibuka.

Untuk membuat tombol ini walaupun tanpa plugin tapi caranya mudah. Kamu hanya tinggal copy paste saja kode nanti ke theme blog. Tetapi langkah pertama sebelum memasang tombol ini, pastikan kamu sudah membuat child theme diblogmu. Kalau belum buat, Kamu bisa ikuti cara disini.

Baca Juga :  7 Kesalahan Blogger Pemula Yang Biasa Dilakukan, Kamu Harus Tau!

Kenapa perlu membuat child theme terlebih dahulu? cara ini kita tempuh agar apa yang sudah Kamu buat tidak akan hilang saat ada pembaruan theme. Tapi Kamu merasa itu bukan masalah, maka langsung saja ikuti langkah ini tanpa membuat child theme.

Seperti apa tombol share yang akan kita buat? Contohnya seperti yang ada pada blog ini. Terdapat 3 tombol, yaitu tombol share Facebook, Twitter, dan Google+. Kenapa hanya ini saja? Karena umumnya pengunjung menshare tulisan ke 3 media sosial tersebut. Atau Kamu juga bisa menambahkan tombol lainnya sendiri.

Langsung saja tanpa berlama-lama, Kamu bisa ikuti cara memasang tombol share di blog WordPress tanpa plugin berikut:

Baca Juga :  Memilih Platform Blog Yang Tepat, Blogger Vs WordPress!

1. Buka editor theme dengan masuk ke menu Appearance > editor.
2. Copy paste file content-single.php di theme utama ke child theme yang sudah Kamu buat atau diupload pada hostingmu di /public_html/wp-content/themes/nama-theme. Atau kalau Kamu tidak menggunakan child theme, langsung saja buka file content-single.php diposisi sebelah kadan pada editor.

3. Silahkan cari kode </div><!– .entry-content –> atau <footer class=”entry-meta”> file content-single.php dan copy paste kode dibawah ini.

<div class=”social”>
<a class=”facebook” href=”http://www.facebook.com/sharer.php?u=&t=” title=”Share this post on Facebook” onclick=”window.open(this.href); return false;”>Share on Facebook</a>
<a class=”twitter” href=”http://twitter.com/home?status= ” title=”Share this post on Twitter” target=”_blank”>Share on Twitter</a>
<a class=”google-plus” target=”_blank” href=”https://plus.google.com/share?url=” title=”Share this post on Google+“>Share on Google+</a>
</div>

Untuk huruf yang bercetak tebal bisa Kamu ganti sesuai selera. Jangan lupa di klik tombol Update File. Jika kode ini bermasalah saat dipasang di theme Kamu, maka coba ganti tanpa petik dua [“] dengan yang baru.

4. Kemudian Kamu buka file style.css lalu copy paste kode berikut di bagian paling bawah file style.css.

/*social sharing buttons*/
.social a{
display:block;
margin:5px 0px 5px 0;
padding:10px 15px;
color:#fff;
font-size:15px;
font-weight:bold;
text-align:center;
text-decoration:none;
width: auto;
}

/*Twitter*/
.twitter{
background:#1b8be0;
}

/*Facebook*/
.facebook{
background:#3B5998;
}

/*Google Plus*/
.google-plus{
background:#D34836;
}

Jika sudah maka jangan lupa di klik tombol Update File. Dan sekarang tombol share di blog mu sudah jadi. Mudah bukan cara memasang tombol share di blog WordPress tanpa plugin? Jika tutorial ini bermanfaat maka silahkan share ke media sosial Kamu ya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *